Sebutkan Bagian-Bagian Iklan Media Cetak? Ini 7 Bagiannya


Bagian-Bagian Iklan Media Cetak Adalah –¬†Dengan berkembangnya kegiatan perekonomian yang terjadi, tidak sedikit produk baru serta layanan jasa yang bermunculan di publik. Berbagai produk yang bermunculan itu, diiringi dengan iklan yang berusaha untuk menarik simpati dan mempengaruhi para konsumen. Di satu sisi, keuntungan yang didapatkan konsumen adalah banyaknya varian yang dapat menjadi pilihan yang mereka inginkan, namun disisi lain dengan bertaburannya iklan tentang produk tersebut juga membuat mereka bingung untuk produk yang mereka sukai.

Apalagi produk yang ada tersebut tidaklah jauh berbeda dengan produk yang lainnya. Selain itu, berbanding terbalik dengan para produsen. Dengan banyaknya produk baru, membuat persaingan mereka akan semakin ketat. Setiap produsen akan saling bertarung untuk mempengaruhi setiap masyarakat dengan berbagai pemasaran salah satunya media iklan. Tentu setiap produsen akan berpikir demikian dengan melakukan iklan sebagai bentuk pemasaran. Di sinilah iklan hadir dalam rangka memenangkan persaingan menghadapi dominasi pesaing dalam memperebutkan konsumen.

Perlu diketahui bersama bahwa sebenarnya dalam promosi tidaknya memakai iklan saja, ada banyak strategi pemasaran yang biasa dilakukan seperti sales promotion, personal selling, public relation dan direct marketing. Akan tetapi, ternyata dalam pemasaran produk, iklanlah yang paling banyak dipakai khusus untuk produksi konsumsi.

Walaupun dalam penggunaan iklan ini tidaklah secara langsung berdampak untuk memberikan keuntungan pada pembelian, akan tetapi dengan iklan merupakan sarana untuk membantu pemasaran yang boleh dikata sangatlah efektif. Maksud dari hal efektif disini adalah untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan konsumen untuk menghadapi persaingan.



Hal itu karena di dalam iklan terdapat bagian-bagian yang berisi informasi produk dan jasa dari produsen kepada konsumen. Informasi dalam produk sangatlah penting, hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Frank Jefkins. Iklan bertujuan untuk memperkenalkan produk adalah hal yang umum diketahui bersama. Sebab agar konsumen dapat membeli atau memesan adalah salah satunya pengenalan.



Melalui pengenalan tersebut termuat berbagai hal seperti fitur unggulan, membentuk selera akan produk, membujuk dan memperlihatkan estetika serta ciri khas dari produk atau perusahaan. Pada dasarnya, tujuan tersebut semata-mata berupaya untuk menghasilkan laba penjualan dalam jangka panjang.



Saat ini ada banyak bentuk-bentuk iklan yang bisa ditemukan disekitar kita, pertama adalah iklan elektronik yang memanfaatkan radio, televisi. Kedua adalah media internet yang dapat beriklan di social media, dan di berbagai situs berita serta ada banyak juga beriklan melalui pesan singkat. Yang ketiga adalah papan-papan iklan yang biasa ada disekitar jalan dan di bioskop sebelum dan sesudah film diputar. Yang keempat adalah iklan di media cetak seperti majalah atau surat kabar. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai iklan media cetak. Apasih yang dimaksud dengan iklan media cetak?

Iklan Media Cetak Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Iklan media cetak adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan pesan seperti surat kabar, tabloid dan majalah yang dapat berbentuk baris, display, sisipan pracetak, pengumuman publik, dan ruang media koran. Perlu diketahui bersama bahwa iklan media cetak ini dibatasi oleh kolom dan baris, selain itu biasanya ditulis dalam bahasa yang formal.

Karena itu, terkadang kalimat yang terdapat dalam iklan dapat panjang dan rinci sehingga indera penglihatan sangatlah penting untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam iklan. Tapi pada intinya terdapat hal-hal yang biasa terdapat dalam iklan media cetak yang pembahasan tersebut adalah bagian-bagian iklan media cetak seperti yang ditulis dibawah ini:

Bagian-Bagian Iklan Media Cetak Adalah?

Adapun bagian-bagian iklan media cetak terdiri atas 6 bagian yaitu nama produk, gambar menarik, kalimat iklan, keunggulan produk, harga produk, dan yang terakhir adalah alamat dan nomor telepon. Adapun penjelasan dari bagian-bagian iklan media cetak ini adalah:

    1. Nama Produk adalah bagian yang terdapat dalam iklan media cetak yang menuliskan tentang nama barang atau jasa sebagai brand utama.
    2. Gambar Menarik adalah bagian iklan yang penting sebab dengan gambar menarik ini maka dapat menarik mata pembaca untuk mencari tahu informasi iklan tersebut.
    3. Kalimat Iklan adalah bagian yang menjadi ruang bagi para produsen untuk mempengaruhi para konsumen agar tertarik. Disinilah produsen bermain kata, tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti.
    4. Keunggulan Produk adalah bagian yang menuliskan tentang apa yang menarik dan unik serta yang menjadi pembeda dengan produk yang lainnya sehingga apabila tidak disebut keunggulannya maka produk tersebut hanyalah ibarat pemberitahuan semata.
    5. Harga Produk ini adalah hal yang penting untuk memudahkan konsumen untuk membeli produk tersebut. Sebab jika tidak terdapat bagian ini, maka konsumen akan merasa hati-hati dan bertanya yang pada akhirnya akan membuat konsumen pergi.
    6. Alamat dan Nomor telepon adalah bagian yang merangkum seluruh bagian iklan media cetak untuk membuat konsumen dapat mengunjungi dan mengetahui keaslian dari informasi tersebut.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Bagian-Bagian Iklan Media Cetak? Ini 7 Bagiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *