Sebutkan Asas-Asas Demokrasi? Ini Arti & Jawabannya


Saat ini tak ada sistem bermasyarakat dan bernegara yang lebih baik dibandingkan dengan demokrasi. Hal itu dibuktikan dimana banyaknya negara yang terdapat di dunia ini yang menjadikan demokrasi sebagai asas fundamental dalam negaranya.

Demokrasi membuat masyarakat mempunyai peran penting yang tidak hanya jadi pelengkap tetapi juga turut aktif dalam menyelenggarakan negara sebagai organisasi tertinggi. Olehnya itu, agar peran tersebut termaksimalkan, maka dibutuhkan distribusi pengetahuan dan pemahaman yang benar kepada masyarakat. Sistem demokrasi diketahui sudah ada sejak zaman dahulu kala yakni Yunani Kuno yang capaiannya saat ini munculnya “negara kota (polis)”.

Polis adalah bentuk demokrasi pertama dan selanjutnya diketahui dalam Funeral Oration yang ditulis Pericles mengatakan bahwa Athena menjadi demokrasi karena administrasinya yang berada di tangan banyak pihak. Secara definisi dalam hal ini etimologi, Demokrasi berasal dari bahasa Latin yang terbagi atas 2 kata yakni “demos” (rakyat) dan “kratos” (pemerintahan).

Biasanya demokrasi didefinisikan sebagai “pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat”. Pada saat di Athena dulu, istilah “demokratia” lah yang dipakai pada abad ke-5 M. Setelah itu definisi demokrasi yang sangat memukau yang sampai sekarang masih populer adalah apa yang disampaikan oleh Abraham Lincoln (1808-1865) demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi juga bisa dibagi atas 2 yaitu demokrasi dalam arti formal dan demokrasi dalam arti material.



Untuk demokrasi dalam arti formal adalah sistem pemerintahan dimana kedaulatan rakyat tidak dilaksanakan sendiri oleh rakyat, tetapi lewat wakil yang dipilihnya di lembaga perwakilan. Sedangkan demokrasi dalam arti material adalah demokrasi sebagai asas, yang dipengaruhi oleh kultur, historis suatu bangsa,



Sehingga disebut demokrasi konstitusional, rakyat dan Pancasila. Saat ini semua orang sepakat bahwa hanya demokrasi yang memberikan sistem nilai kemanuaan yang paling menjanjikan masa depan umat manusia yang lebih baik dari saat ini.



Walaupun dengan sistem dianggap baik ini dan mampu menampung segala kepentingan yang ada, tetap saja tak sedikit juga penolakan akan demokrasi. Pemahaman mengenai demokrasi biasanya terjadi dalam 2 cara yakni ada yang dengan cara pemahaman secara normatif dan pemahaman secara empirik.

Dalam pemahaman secara normatif, demokrasi merupakan sesuatu yang secara ideal hendak dilakukan atau diselenggarakan oleh sebuah negara, contohnya dalam arti harfiah lewat ungkapan “pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.

Sedangkan apa yang dimaksud dengan demokrasi secara empirik adalah demokrasi yang terwujud dalam kehidupan politik praktis yang disebut juga dengan demokrasi prosedural (procedural democracy), melihat demokrasi senyatanya, yaitu bagaimana nilai-nilai ideal itu dijalankan. Tidak hanya itu, dalam demokrasi terdapat landasan bagaimana demokrasi itu berjalan. Adapun asas-asas demokrasi tersebut dapat dilihat dibawah ini:

Sebutkan Asas-Asas Demokrasi?

Diketahui berdasarkan dari informasi yang ditemukan bahwa asas demokrasi terbagi dua yaitu asas kerakyatan dan asas musyawarah. Hal itu karena apabila berbicara soal asas adalah acuan atau prinsip dasar saat mengambil keputusan yang dalam sistem demokrasi pun juga mempunyai landasan yang penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

1. Asas Kerakyatan

Asas kerakyatan adalah suatu kesadaran untuk cinta terhadap rakyat serta menyadari nasib dan cita-cita rakyat. Inti dari asas ini adalah bahwa demokrasi memiliki dasar rasa cinta serta padu dengan rakyat untuk memenuhi cita-citanya yang satu.

2. Asas Musyawarah

Asas Musyawarah adalah suatu bentuk perhatian terhadap aspirasi serta kehendak seluruh rakyat yang banyak. Kemudian, melalui forum permusyawaratan untuk menyatukan semua pendapat dan demi untuk mencapat kesepakatan bersama atas dasar kasih sayang dan pengorbanan demi kebahagiaan bersama. Di dalam asas ini memiliki dasar bahwa musyawarah menjadi media untuk mempersatukan pendapat di antara semua pihak.

Demikianlah informasi yang berjudul Sebutkan Asas-Asas Demokrasi? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *