Sebutkan Apa Yang Dimaksud Dengan Ihsan? Berikut Pengertiannya


Ihsan – Apasih itu Ihsan? Ihsan adalah suatu sikap yang dimana setiap orang itu ikhlas beramal. Keikhlasan ini semata-mata untuk mendapatkan keridlaan Allah semata. Karena pada dasarnya orang yang pamer (riya) dalam beramal, sudah barang tentu telah menganiaya diri sendiri. Pasalnya, amal yang didapatkan itu diakhirat kelak akan menjadi sebuah dosa.

Maka dari seseorang yang menyakini Allah maka selalu melihat dan mengawasi dirinya. Dengan melakukan ini, maka akan memberika pengaruh dalam beribadah kepada Allah. Bahkan dalam beribadah seakan-akan melihat Allah.

Sehingga bagi setiap orang, perlu untuk menjaga kesopanan dalam berbagai aspek kehidupan dan perbuatan, serta ikhlas dalam beribadah kepada Allah sebab melalui kepadaNya mau itu sunyi ataupun ramai, mau saat suka atau duka, akan mendapatkan dua keuntungan kepada diri pribadi setiap orang yaitu kini dan nanti diakhirat.

Di antara tuntunan yang dipakai Allah dalam mengukur kualitas tiada lain adalah ihsan. Sebab ihsan menurut hadits dalam hal ini yang yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim menyatakan “ihsan adalah jika beribadah kepada Allah seolah-olah kamu melihatnya. Jika itu tidak dapat kamu rasakan, yakinilah bahwa Dia melihatmu”.

Sedangkan dalam Imam Ibn Katsir dalam Tafsir al- Qur’an al- Azim mengatakan, “Imam Sufyan bin Uyainah berkata, ihsan ialah keadaan dalam (yaitu, hati) adalah lebih baik daripada luarnya”.

Sedangkan apabila merujuk dalam kitab Dalilul Falihin dijelaskan bahwa “ihsan akan dihasilkan apabila pelaksanaan amal saleh dilakukan dengan memelihara cara-caranya seperti yang dituntut di samping memelihara hak-hak Allah dengan menghadirkan kebesaran dan keagungan nya di hati secara terus-terusan”.

Hal itulah mengapa terdapat kedudukan dan keutamaan ihsan yang strategis dalam Islam. Demikian ini, karena dalam agama Islam dibangun atas tiga perkara antara lain imam, islam dan ihsan. Ketiga hal ini disebutkan oleh Rasulullah kepada malahikat Jibril.

Rasulullah menyebut ketiga hal itu sebagai agama. Allah juga telah memerintahkan untuk berbuat ihsan pada banyak tempat dalam kitab Nya, salah satunya sebagaimana dalam surat al- Baqarah ayat 195 yang artinya

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”.

Sebutkan Apa Yang Dimaksud Dengan Ihsan? Berikut Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan Apa Yang Dimaksud Dengan Ihsan? Berikut Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Ihsan Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Ihsan adalah lawan dari isa’ah (berbuat kejelekan), yaitu seorang manusia mencurahkan kebaikan dan menahan diri untuk tidak mengganggu orang lain. Mencurahkan kebaikan kepada hamba-hamba Allah dengan harta, ilmu, kedudukan dan badannya.

Sedangkan secara etimologi, yang dimaksud dengan pengertian ihsan berarti: pertama, “ahsanahu” yang artinya: “berbuat baik”, “teliti”, “bergaul dengan perasaan baik”, atau “mengejar kesempurnaan”.

Sedangkan yang kedua, adalah “ahsana ilaih”. Maksud dari kata ini artinya adalah “memberi nikmat kepadanya” atau “melakukan kebaikan untuk yang lain”.

Penerapan Konsep Ihsan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan berbuat ihsan dalam seluruh ketaatan serta membuat semua amal itu ikhlas semata-mata karena Allah. Hal ini sangatlah sederhana. Walaupun teramat sederhana, namun tidak sedikit orang yang kesusahan dalam menjalankan dan menerapkan ihsan dalam kehidupan sehari-hari atau nyata.

Apalagi di era sekarang yang dimana perkembangan kemajuan teknologi sangat pesat. Tidak sedikit fenomena dimana setiap orang beramal bukan keikhlasan yang muncul,

Melainkan terdapat unsur pencitraan yang dimana setiap politisi tiba-tiba jadi banyak berbuat amal apalagi saat menjelang pemilu. Teknologi yang sejogyanya dipakai untuk memudahkan seseorang dalam membantu dirinya atau orang lain malah dipakai untuk memperbaiki citra mereka di mata publik.

Apalagi dengan beredarnya berbagai sosial media yang saat ini dipakai seperti  Facebook, Twitter atau media-media lain yang mulai merajalela di Indonesia. Sikap ini banyak ditemukan dan bahkan dianggap biasa-biasa saja.

Padahal sesungguhnya perasaan ihsan adalah laksana awan yang dipenuhi dengan air hujan. Apabila awan tersebut melingkupi penjuru bukit kalbu kita, maka ia akan segera menurunkan lathifah-lathifah Ilahiyah dengan derasnya.

Apabila hal ini terjadi, maka setiap manusia akan menemukan dirinya berada dalam lingkaran “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya.” (QS. Yunus [10]: 26).

Seseorang akan hidup dengan kenikmatan yang tiada tara dari Allah SWT, berbagai anugerah Ilahi akan terus mengalir dari mata air anugerah dan kelembutan Ilahi.

Keberkahan ini tentu akan melampau imajinasi setiap orang. Oleh karena itu marilah untuk menerapkan atau berbuat ihsan paling tidak disekitar kita. Adapun penerapan ihsan yang mudah dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Membantu orang lain dengan kedudukan yang dimilikinya,
  2. Beramr ma’ruf dan bernahi munkar
  3. Mengajarkan ilmu yang bermanfaat
  4. Memenuhi kebutuhan manusia
  5. Menghilangkan derita yang menimpa mereka, menjenguk orang yang sakit
  6. Mengiringi jenazah, membimbing orang yang tersesat
  7. Membantu orang yang mengerjakan sesuatu
  8. Mengajarkan keterampilan, dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai Sebutkan Apa Yang Dimaksud Dengan Ihsan? Berikut Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *