Sebutkan Adab Berpakaian Bagi Laki-Laki & Perempuan Sesuai Islam


Dewasa ini, perkembangan dunia begitu pesat. Segala aspek kehidupan juga ikut berkembang baik dari segi ekonomi, politik, hukum, teknologi, budaya dan bahkan hal-hal paling spesifik yaitu fashion. Saat ini dunia fashion semakin beragam yang menampilkan banyak keindahan dan juga keunikan baik fashion untuk pria maupun juga untuk wanita atau perempuan. Memang hal itu dibarengi dengan perkembangan seni.

Tidak sedikit model-model pakaian tiap bulannya bermunculan, dan bahkan pementasan pakaian juga sering di peragakan oleh para model-model dunia saat ini. Memang di satu sisi hal tersebut akan menguntungkan dalam hal ekonomis, namun disisi lainnya juga membawa malapetaka.

Sebab tak jarang dalam kemunculan berbagai model pakaian atau celana tersebut tidak memperhatikan segala aspek khususnya aspek agama dan norma yang ada. Bayangkan saja banyak pakaian yang justru membuat setiap orang untuk merasa tidak terlihat indah dan menarik malah membuatnya semakin vulgar.

Tentu ini jauh dari apa yang dikatakan dengan adab berpakaian. Padahal adab berpakaian sudah sepantasnya diberlakukan dalam setiap model-model pakaian yang diciptakan. Apalagi yang mengenakan pakaian tersebut adalah kalangan umum dan khususnya bagi umat Islam.



Sebab dalam Islam, adab berpakaian sangatlah dipegang teguh dan menjadi perhatian khusus untuk dipatuhi oleh setiap orang baik pria dan wanita dalam berpakaian. Walaupun memang tidak dipungkiri bahwa dalam islam, tidak menentukan seperti apa bentuk atau desain dari sebuah pakaian tersebut, namun terdapat adab berpakaian yang terdiri atas point-point yang bisa menjadi landasan atau dasar untuk membuat pakaian.



Keutamaan adab berpakaian dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam surat al-A’raf ayat 26 yang memiliki arti, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.



Melihat dari ayat tersebut, bukanlah ayat yang diturunkan oleh Allah SWT tanpa sebuah alasan. Melainkan ayat ini turun untuk dipatuhi umatnya dan mengikuti adab berpakaian sebagaimana mestinya. Turunnya ayat ini juga adalah demi kebaikan umat Islam itu sendiri, sebab bayangkan saja apabila sembarang mengenakan pakaian maka akan membuat seseorang melakukan tindakan kejahatan.

Seperti apabila menggunakan pakaian yang tidak tertutup, maka dapat menarik perhaitan lawan jenis yang bukan muhrimnya dan apabila ia terhasut dengan dogaan tersebut maka akan melakukan beberapa kejahatan bisa saja itu pelecehan atau bahkan mengarah ke pemerkosaan.

Sebutkan Adab Berpakaian Bagi Laki-Laki dan Perempuan Sesuai Dengan Islam

Diketahui terdapat beberapa adab berpakaian dalam Islam yang mendasar dan mudah dilakukan bahkan adab berpakaian ini di beberapa negara merupakan budaya yang mesti dilakukan. Beberapa adab berpakaian dalam Islam yang terbagi atas dua yaitu adab berpakaian bagi laki-laki dan adab berpakaian bagi perempuan. Adapun point-point dari kedua bagian adab berpakaian tersebut adalah:

Adab Berpakaian Bagi Laki-Laki Adalah?

Adapun adab berpakaian bagi laki-laki terdiri atas 6 point yaitu:

    1. Menutup aurat diantara pusar dan lutut
    2. Bersih, wangi dan rapi serta tidak berpakaian mencolok atau berbeda dari orang sekitar
    3. Baiknya berwarna putih, karena Rasulullah menyukai pakaian berwarna putih
    4. Memakai tutup kepala,
    5. Pakaian yang menunjukan identitas keislaman, sehingga orang langsung tahu
    6. Tidak memakai sutra, emas serta warna yang mencolok, merah menyala, kuning atau orange.

Adab Berpakaian Perempuan Adalah?

Adapun adab berpakaian bagi perempuan terdiri atas 6 point yaitu:

    1. Menutup aurat seluruh tubuh minimal tidak terlihat wajah dan telapak tangan
    2. Bersih, rapi dan tidak menarik perhatian lawan jenis serta orang-orang disekitar.
    3. Baiknya memakai warna-warna gelap seperti hitam dll
    4. Tidak memakai make up yang terlalu tebal atau natural.
    5. Tidak memakai wangi-wangian
    6. Tidak memakai pakaian yang mirip laki-laki atau mirip orang-orang kafir

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Adab Berpakaian Bagi Laki-Laki & Perempuan Sesuai Dengan Islam?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *