Sebutkan 5 Unsur Wiyata Mandala? Ini Jawabannya


Dewasa pendidikan sangatlah penting bagi setiap orang yang dapat ditempuh melalui jalur formal dan informal. Pada jalur formal, pendidikan dapat dengan mudah ditemukan dan didapatkan yakni di Sekolah. Pada jalur ini terdapat guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab kepada siswanya untuk memberikan pengajaran yang baik.

Baik itu jalur formal dan informal yang bisa ditemukan dimana saja, tetap pendidikan adalah sesuatu yang penting yang harus didapatkan oleh setiap orang dan menjadi terdidik. Pendidikan tidak hanya menyoal kepintaran dalam hal akademik, melainkan juga pola perilaku yang baik.

Sebab yang menjadi ciri orang tersebut terdidik adalah kepintaran dan perilakunya. Dalam pendidikan banyak dikenal istilah-istilah yang berguna dan mempunyai arti filosofis tersendiri seperti guru tanpa balas jasa, dan wiyata mandala, tutwuri handayani dll.

Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai Wiyata Mandala. Tahukah anda apasih yang dimaksud dengan Wijayata Mandala itu?

Apa itu Wiyata Mandala?

Secara etimologi, Wiyata berarti bahasa Jawa yang diartikan dengan pengajaran, pendidikan. Sedangkan yang dimaksud dengan mandala adalah bulatan, lingkungan atau daerah. Jadi apabila didefinisikan, maka Wiyata Mandala adalah lingkungan pendidikan tempat proses belajar mengajar.

Selain itu, Wiyata Mandala juga bisa diartikan bahwa suatu sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan atau cara memandang sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan pembelajaran.

Tempat yang tepat dalam menyebutkan objek dari definisi Wiyata Mandala adalah Sekolah. Sebab disekolah menjadi tempat pertemuan antara siswa dan guru serta terjadinya proses belajar mengajar yang membuat menjadi lingkungan pendidikan dan pembelajaran.

Dasar Hukum Wiyata Mandala Adalah?

Perlu diketahui bersama bahwa Wiyata Mandala mempunyai dasar hukum yang ditetapkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) nomor 13090/CI.84 tanggal 1 Oktober 1984 sebagai sarana ketahanan sekolah.

“Wawasan Wiyata Mandala merupakan konsepsi atau cara pandang; bahwa sekolah adalah lingkungan atau kawasan penyelenggaran pendidikan”

Tujuan Wiyata Mandala Adalah?

Wiyata Mandala ini hadir bukan tanpa tujuan, melainkan Wiyata Mandala hadir dengan tujuan dan peran tertentu yang menjadi faktor penting dalam pendidikan. Tujuan Wiyata mandala itu sendiri sebenarnya dikhususkan pada sekolah, yang adapun tujuannya adalah:

“Tujuan wiyata mandala adalah untuk sekolah dimana sekolah harus mengemban misi pendidikan sehingga tidak boleh dipakai untuk tujuan lain. Sekolah menjadi ciri khas atau lingkungan tempat belajar mengajar”

Itulah sedikit informasi mengenai seperti apa yang dimaksud dengan Wiyata Mandala. Selanjutnya adalah mengenai apa yang menjadi judul informasi ini yaitu Unsur-Unsur Wiyata Mandala. Adapun unsur-unsur wiyata mandala tersebut dapat dilihat dibawah ini:

Unsur-Unsur Wiyata Mandala Adalah?

Isi dari Wawasan Wiyata Mandala, yaitu:

    1. Sekolah merupakan wiyata mandala (lingkungan pendidikan),
    2. Wewenang dan tanggung jawab penuh ada di kepala sekolah,
    3. Kerja sama antara guru dan orang tua murid,
    4. Guru, di dalam maupun di luar sekolah harus mampu menjunjung tinggi martabat dan citra guru,
    5. Sekolah sebagai tempat untuk wiyata mandala harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya.

Demikianlah informasi yang berjudul Sebutkan 5 Unsur Wiyata Mandala? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *