Sebutkan 4 Gerak Dominan Senam Lantai Adalah? Ini Geraknya


4 Gerak Dominan Senam Lantai – Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Senam mempunyai seperangkat gerak dominan yang unik dan spesifik serta berbeda dengan olahraga yang lain.

Senam bertujuan memperkaya pengalaman gerak dan meningkatkan kesegaran jasmani para peserta didik melalui pembelajaran pola gerak dominan.

Pembelajaran senam diarahkan kepada pola gerak dominan yang terdiri atas statik, mendarat, meloncat/melompat, gerak berpindah, berputar dan mengayun.

Dengan mengetahui pola gerak dominan maka setiap orang dapat mengetahui dimana letak kekurangan mereka dalam bergerak. Selain itu, manfaat pola gerak dominan membuat keterampilan fisik dan intelektual terbentuk.



Gerak dominan merupakan dasar atau landasan untuk keterampilan dalam mengembangkan semua keterampilan senam. Itulah mengapa pentingnya dalam mempelajari gerak dominan karena menjadi dasar gerakan senam.



Dengan menguasai pola gerak dominan dalam senam membuat seseorang dapat mengembangkan senam yang sesungguhnya dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Pola gerak dominan mempunyai beberapa keuntungan seperti berkonsentrasi pada pola gerak kunci kegiatan.



Sebutkan 4 Gerak Dominan Senam Lantai Adalah

Selain itu, mempelajari pola gerak dominan bisa disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, tetapi tetap menantang dan menyenangkan.

Bahkan dalam pola gerak dominan menguntungkan karena membuat seseorang untuk terampil dan bisa diurutkan pada saat melakukan gerak dominan dari yang mudah ke yang sulit sejauh mana kemampuan dari seseorang tersebut.

Menurut Sayuti Syahara (2005:25) terdapat 6 pola gerak dominan dalam pembelajaran senam, yaitu: 1. Statik (static}, 2. Mendarat (landings), 3. Meloncat/melompat (springs), 4. Gerak berpindah (locomotion), 5. Berputar (rotation), 6 Mengayun (swings).

Pola Gerak Dominan Dalam Senam Lantai Adalah?

Yang dimaksud dengan pola gerak dominan adalah pola gerak yang mendasari terbentuknya suatu keterampilan sehingga perannya dianggap dominan. Sedangkan menurut Macam-macam pola gerak dominan itu adalah:

    1. Pendaratan adalah pola gerak dominan sebagai penghentian gerak yang terkontrol dari tubuh yang melayang pada saat turun.
    2. Posisi-posisi statis, statis berarti seimbang, jadi sedang dalam posisi seimbang.
    3. Gerak berpindah merupakan pola gerak dominan dimana berulang-ulang memindahkan tubuh atau gerak tubuh atau anggota tubuh yang menyebabkan tubuh berpindah tempat.
    4. Ayunan adalah pola gerak dominan berbagai macam pegangan dan posisi tubuh menggantung atau bertumpu, merupakan dasar utama dari pembentukan mengayun.
    5. Putaran merupakan pola gerak dominan yang berhubungan dengan gerak berputar yang berporos pada tubuh.
    6. Lompatan adalah pola gerak dominan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan yang menghasilkan perpindahan tubuh secara cepat.
    7. Layanan dan ketinggian adalah pola gerak dominan yang merupakan peristiwa tatkala tubuh sedang ada di udara, terbebas dari kontak dengan alat atau permukaan tanah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan 4 Gerak Dominan Senam Lantai Adalah? Ini Geraknya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *