Sebutkan 3 Tujuan Pengemasan Makanan? Ini Tujuan & Penjelasannya


Tujuan Pengemasan Makanan –  Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian kemasan yang diketahui berasal dari kata ‘Kemas’ adalah teratur atau terbungkus rapih dan bersih. Selain dari pengertian itu, kemasan juga bisa didefinisikan sebagai hasil mengemas atau bungkus pelindung dagang (niaga) atau juga sebagai wadah atau pembungkus, bagi produk pangan.

Saat ini tidak sedikit berbagai produk termasuk makanan menggunakan kemasan. Demikian ini dilakukan karena melihat tujuan dan manfaat kemasan yang berperan penting karena mampu mempertahankan mutu dan keamanan pangan serta meningkatkan daya tarik produk.

Agar produk makanan yang dikonsumsi itu dapat sampai kepada orang yang membutuhkan, maka dibutuhkan pengemasan yang tepat. Dalam hal ini, pengemasan dibutuhkan untuk melindungi makanan atau produk dari kerusakan baik itu fisik, kimia dan mekanis.

Pengemasan juga terkadang disebut dengan pembungkusan, pewadahan atau pengepakan, namun tujuan utama dari penamaan itu tetaplah sama. Bahkan dengan pengemasan itu agar dapat memperpanjang umur simpanan produk atau bahan. Disisi lain, tujuan pengemasan makanan untuk membuat suatu produk agar terlihat menarik,



Dengan tujuan pengemasan itu, maka produk atau makanan yang dibuat dapat dengan mudah laku di pasaran. Selain itu, perlu diketahui bersama bahwa kemasan tidak hanya dilakukan oleh Indonesia, melainkan alam juga melakukan kemasan.



Alam menyediakan kemasan untuk bahan makanan atau produk contohnya buah-buahan dengan kulitnya, jagung dengan kelopotnya, buah kelapa dengan kemasan sabut dan tempurung dan polong-polongan yang dikemas dengan kulit polong serta masih banyak lagi.



Tidak hanya yang berasal dari luar, pada diri manusia pun juga memakai kemasan, yang tujuannya beragam untuk pelindung tubuh dari cuaca. Selain itu, terkadang dikemasan itu juga bertujuan agar terlihat menarik dan anggun. Diera modern saat ini, terlihat ada banyak masalah soal kemasan yang menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, khususnya dalam hubungan dengan produk makanan. Itulah mengapa saat ini, pengemasan dalam makanan telah berkembang pesat, sejalan dengan kondisi zaman.

Selain itu, pembahasan soal pengemasan makanan juga semakin meluas, karena dari ruang lingkup pemasan saat ini, mulai dari bahan yang bermacam-macam sampai kepada model atau bentuk pengemasan semakin canggih dan menarik. Bahkan kemasan yang dipakai bervariasi ada yang berasal dari bahan kertas, plastik, logam, gelas, fiber sampai dengan bahan dilaminasi.

Akan tetapi, pemakaian bahan contohnya papan kayu, kulit kayu, karung goni, kain, daun-daunan dan pelepah sampai kepada barang-barang bekas seperti koran dan plastik bekas yang tidak etis dan hiegenis juga digunakan sebagai bahan pengemas produk pangan.

Bentuk dan teknologi kemasan juga bervariasi dari kemasan botol, kaleng, tetrapak, corrugated box, kemasan vakum, kemasan aseptik, kaleng bertekanan, kemasan tabung hingga kemasan aktif dan pintar (active and intelligent packaging) yang dapat menyesuaikan kondisi lingkungan di dalam kemasan dengan kebutuhan produk yang dikemas.

Sebutkan 3 Tujuan Pengemasan Makanan? Ini Tujuan & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan 3 Tujuan Pengemasan Makanan? Ini Tujuan & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Tujuan Pengemasan Makanan Adalah?

Pengemasan makanan mempunyai peran penting sebagaimana yang telah dijelaskan secara deskriptitf diatas. Melalui peran penting itu, maka tujuan pengemasan tersebut akan dapat tercapai dan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Sebagaimana informasi yang dihimpun dan dari kesimpulan penjelasan diatas, maka dapat dituliskan bahwa tujuan pengemasan makanan adalah:

    1. Mendukung perkembangan makanan siap saji
    2. Menambah estetika dan nilai jual produk
    3. Membuat umur simpan makanan menjadi panjang
    4. Menyelamatkan produksi makanan
    5. Mencegah rusaknya nutrisi/gizi makanan
    6. Menjaga dan menjamin tingkat kesehatan makanan
    7. Memudahkan distribusi/ pengangkutan produk
    8. Sebagai pembeda dengan produk lainnya karena terdapat suatu atribut

Mengapa Kemasan Memiliki peran Penting Dalam Pemasaran Suatu Produk? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa peran penting kemasan dalam pemasaran suatu produk karena kemasan mempengaruhi minat konsumen agar tertarik dan menjadi faktor penting bahwa produk tersebut hiegenis dan berkualitas baik dari segi bahan, proses dan legalitas dari pembuat produk tersebut. Itulah mengapa kemasan mempunyai peran penting dalam pemasaran suatu produk.

Demikianlah informasi mengenai Sebutkan 3 Tujuan Pengemasan Makanan? Ini Tujuan & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *