Sebutkan 3 Macam Gaya Lompat Jauh? Ini Arti & Penjelasannya


Gaya Lompat Jauh Adalah – Lompat jauh merupakan nomor olahraga atletik yang dilakukan dengan melompat kedepan sejauh mungkin dalam satu kali tolakan. Salah satu yang terkenal dalam olahraga lompat jauh adalah lompat jauh gaya jongkok, walaupun masih ada dua macam gaya lompat jauh yaitu gaya menggantung (gaya schnepper) dan gaya walking in the air (berjalan di udara).

Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dalam cabang olahraga atletik. Sebagai suatu gerakan melompat, melayang dan mendarat sejauh-jauhnya, gerakan dalam lompat jauh juga harus dilakukan dengan baik dan harmonis tidak diputus-putus pelaksanaannya agar diperoleh lompatan sejauh-jauhnya.

Lompat Jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melalui tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh. Prinsip dasar lompat jauh adalah meraih kecepatan awal yang setinggi-tingginya sambil tetap mampu melakukan tolakan yang kuat keatas dengan satu kaki untuk meraih ketinggian saat melayang yang memadai sehingga dapat menghasilkan jarak lompatan.

Dengan memaksimalkan hal itu, maka lompat jauh yang dilakukan akan membuahkan prestasi. Dalam hal ini prestasi adalah tujuan dari lompat jauh itu sendiri, yakni untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke pendaratan atau bak lompat. Ukuran Lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, lebar 30cm, bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter.



Melihat dari kunci utama dalam olahraga lompat jauh, sangatlah sederhana hal itu dibenarkan oleh Eddy Purnomo (2011:93) yang mengatakan bahwa lompat jauh adalah nomor yang sederhana dan paling sederhana dibandingkan nomor-nomor lapangan lainnya. Sebab, belum diberikan pembelajaran, setiap orang khususnya siswa sudah bisa melakukan gerak dasar lompat jauh.



Walaupun sepintas bisa dilakukan dengan mudah, tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjadi yang paling terdepan dalam gerak lompat jauh yakni gerakan dari perpaduan antara Kecepatan (speed), Kekuatan (stenght), Kelenturan (flexibility), Daya tahan (endurance), Ketepatan (acuration). Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat selain lompat jangkit, lompat tinggi galah dan lompat tinggi.



Selain itu, dalam melakukan lompat jauh terdapat dua teknik yang penting yaitu teknik menggantung dan teknik menendang. Tujuannya adalah untuk mencapai jarak yang lebih jauh. Teknik ini untuk menindak balas rotasi kedepan yang tidak diinginkan pada saat take off. Apabila teknik ini tidak dilakukan, maka orang yang melakukan lompat jauh akan menyentuh pasir lebih awal dan menghasilkan jarak yang lebih pendek.

Macam-Macam Gaya Lompat Jauh Adalah

Diketahui dalam macam-macam gaya lompat jauh terbagi tiga yaitu lompat jauh gaya jongkok, lompat jauh gaya menggantung, dan lompat jauh gaya berjalan di udara. Adapun penjelasan 3 macam gaya lompat jauh ini adalah:

A. Lompat Jauh Gaya Jongkok (Ortodok)

Tujuan utama gaya ini adalah lari secepatnya dengan jarak 40-45 m dilintasan dengan posisi badan atlet yang lebih tegap dan kedua tangan diangkat ke atas dimana saat pendaratan diawali dengan tumit kaki yang sedikit di tekuk. Tahap melakukan lompat jauh gaya jongkok adalah:

    1. Pertama, lari kecil lalu lari dalam kecepatan tinggi yang konsisten
    2. Setelah itu melakukan tumpuan dengan perpaduan gerakan lari dan melayang dengan tenaga tolakan yang maksimal dan kaki paling kuat jadi tumpuan dengan sudut tumpuan 50-60 derajat.
    3. Badan condong ke depan saat melakukan tumpuan dengan keadaan yang tegap.
    4. Setelah melakukan tolakan pada papan tumpuan, saatnya melayang dengan badan condong kedepan dan tangan terangkat ke atas.
    5. Kaki yang jadi tumpuan harus lurus dan rileks dengan gaya jongkok sambil kaki ke depan untuk membantu mengangkat berat tubuh.
    6. Untuk mendarat tangan diangkat ke atas dan saat mendarat lutut ditekuk dengan rileks.

B. Lompat Jauh Gaya Menggantung (Schnepper)

Jenis gaya lompat jauh yang tidak bisa mengubah kecepatan saat bertumpu pada papan tumpuan dengan kaki dan tangan di ayungkan dari belakang ke depan secara bersamaan dengan pendaratan memakai tumit terlebih dahulu dan kaki diluruskan. Adapun tahap-tahap dalam melakukan lompat jauh gaya menggantung adalah:

    1. Awalannya lari sprint dari jarak 35-45 meter.
    2. Tumpuannya dilakukan dengan memakai salah satu kaki yang paling kuat.
    3. Saat melayang, lengan terangkat ke atas dengan kaki di tekut sedikit agak kedepan mirip seseorang. tergantung pada tiang besi horizontal.
    4. Pendaratannya adalah menempatkan kedua kaki dan tangan berada di bagian depan tubuh.

C. Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking In the Air)

Jenis lompat jauh yang dimulai dengan awalan sepanjang 10 langkah lalu menambah kecepatan sebelum melakukan tolakan dan saat bertumpu posisi pinggang sedikit diturunkan, paha di ayungkan secara bebas dengan meluruskan lutut, mata kaki, dan pinggang. Adapun tahap-tahap dalam melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara adalah:

    1. Pertama memperkirakan jarak untuk awalan dan tumpuan dengan mempertimbangkan kecepatan, akselerasi, ketepatan waktu, dan energi disaat sebelum melakukan awalan tumpuan.
    2. Tumpuan dengan memakai salah satu kaki yang diinginkan.
    3. Saat melompat, badan lebih di condongkan ke depan dan kedua tangan berada disamping tubuh.
    4. Saat melayang, kedua kaki di ayungkan bergantian dalam waktu yang lama.
    5. Pendaratan gaya lompat jauh ini dengan menjuruskan kaki ke arah depan begitupula juga dengan kedua tangan.
    6. Lakukanlah pendaratan dengan menggunakan kedua kaki.
Sebutkan 3 Macam Gaya Lompat Jauh? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan 3 Macam Gaya Lompat Jauh? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan 3 Macam Gaya Lompat Jauh? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *