Salah Satu Alasan Yang Mendorong Orang Untuk Berdebat Adalah?


Debat merupakan pengungkapan gagasan perseorangan terhadap permasalahan dan saling mempertahankan pendapatnya satu sama lain. Di dalam Debat terjadi pertentangan argumentasi yang terjadi satu dengan yang lainnya.

Menurut Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan arti debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan, bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Tentu saja dalam kehidupan sehari-hari saja, apabila terdapat suatu permasalahan tentu terdapat orang yang mendukung dan tidak mendukung. Begitupula tentang isu yang terdapat pro dan kontra. Dalam proses itu, maka debat menjadi tempat untuk mengeksplorasi alasan-alasan dalam setiap sudut pandang.

Itulah yang menjadi tujuan debat dilaksanakan, namun untuk membuat alasan itu dapat dimengerti secara persuasif maka dibutuhkan argumentasinya dengan kemampuan komunikasi yang baik.

Olehnya biasanya dalam sebuah debat itu dibutuhkan format khusus dimana setiap orang bisa secara tertip menyampaikan perihal isu tersebut jika telah masuk pada gilirannya. Tentu saja terdapat waktu dan kesempatan untuk membuktikan poin yang ingin disampaikan.

Sehingga setiap orang yang ingin menyampaikan pendapatnya secara adil dimana dimana sesuai dengan waktu yang diberikan dan dapat mendengarkan pendapat seseorang dari sisi yang lainnya.

Perlu diketahui bersama bahwa untuk membuat debat dengan baik terdapat format yang bisa diikuti diantaranya format Karl Popper, format British Parliamentary, format Australasian, format World Schools, dan lain‐lain.

Dari sekian banyak format yang ada, belum ada format khusus yang ditemukan sesuai dengan watak dan budaya Indoesia. Sehingga sekalipun debat kompetitief tetapi ciri khas Indonesia masih tetap ada.

Berbagai alasan yang mendorong orang untuk berdebat, antara lain meyakinkan orang lain bahwa opini dia lebih baik, mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu, menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah, dan lain‐lain.

Tujuan dari debat kompetitif adalah meyakinkan juri bahwa argumentasi‐argumentasi yang dibangun oleh suatu tim lebih kuat dibandingkan argumentasi lawannya. Atau bisa juga untuk berbicara secara meyakinkan dan juga mendengarkan pendapat-pendapat yang berbeda, dan di akhir debat dapat menghargai perbedaan tersebut.

Maka dari itu, seseorang yang ikut dalam debat mendapatkan kesempatan berpikir kritis dan analitis dan mampu berbicara di depan umum. Debat bukanlah suatu diskusi karena debat tidak menghasilkan kompromi sebagaimana ditemukan dalam sebuah diskusi. Ketiadaan kompromi tersebut mendorong pembicara untuk benar‐benar mencari argumentasi yang kuat atas pendiriannya.

Debat dapat berlangsung dengan teratur ketika setiap tim mempunyai pemahaman yang sama tentang arti dari mosi. Arti Mosi sendiri adalah permasalahan yang akan diperdebatkan. Masalah yang diperdebatkan bisa apa saja yang penting sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta. Tidak hanya itu, masalah dalam debat juga disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi pada masa kini.

Maka dari itu, dibutuhkan definisi yang jelas sehingga setiap orang bisa mengetahui ruang lingkup perdebatan. Sehingga masalah yang biasa terjadi seperti kedua tim yang mengajukan definisi berbeda tidak lagi terjadi.

Namun jika ini terjadi, maka dari yang membicarakan persoalan argumentasi tentang isu, malah berputar berbicara soal definisi yang benar sebagaimana yang biasa terjadi dalam debat.

Salah Satu Alasan Yang Mendorong Orang Untuk Berdebat Adalah?

Berdasarkan dari informasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban mengenai salah satu alasan yang mendorong orang untuk berdebat adalah?

  1. Alasan yang mendorong orang untuk berdebat adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa opini dia lebih baik
  2. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu
  3. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah dan lain-lain

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Salah Satu Alasan Yang Mendorong Untuk Berdebat Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *