Rumus Menghitung Meter ke Cm, ukuran meter x 100 = …. cm


Rumus Menghitung Meter ke cm – Inilah rumus bagaimana cara menghitung meter ke centimeter. Tentu saja mendengar tentang cara mengubah ukuran meter ke cm, pasti sudah banyak yang mengetahui rumusnya. Akan tetapi, ternyata masih ada juga yang belum mengetahui apa rumus meter ke cm. Nah, oleh karena itu, disini artikelsiana.com akan menyajikan informasi terkait hal tersebut agar kita tidak mengalami kesulitan lagi dalam menjawab soal 1 meter berapa cm? dan jenis soal yang lainnya dalam mengubah meter ke cm.

Materi pelajaran mengubah meter ke cm ini banyak kita temukan di materi SD dan SMP. Kemudian mesti dikuasai oleh semua siswa yang akan naik ke SMA, karena pelajaran SMA akan banyak menjawab soal-soal yang rumit terkait meter ke cm.

Supaya kita tidak mengalami kesulitan dalam mengubah meter ke cm maka kita membutuhkan rumus penghitungan yang akurat untuk menyelesaikan jenis soal meter ke cm. Karena tanpa rumus tersebut, maka yakin dan percaya, kita tidak akan bisa menjawab soalnya.



Rumus Menghitung Meter ke Cm

rumus meter ke cmCara Menghitung Meter ke Cm

Sebenarnya sangat mudah menjawab soal-soal meter ke cm, kita hanya membutuhkan pemahaman mengenai tangga satuan panjang.



Apa itu tangga satuan panjang?? Tangga satuan panjang adalah suatu model yang berbentuk tangga dimana disetiap tangga memiliki satuan panjangnya masing-masing berupa kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dm), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm) dan milimiter (mm).



Ukuran panjang yang menunjukkan nilai yang sangat besar ke yang terkecil yakni dari kilometer sampai milimeter. Tapi yang kita cari disini bagaimana cara mengubah meter ke cm, meter ke km, meter ke hm, meter ke desimeter, meter ke centimeter dan meter ke milimiter. Karena yang kita cari rumus meter ke cm maka kita hanya perlu memperhatikan secara seksama letak meter pada tangga satuan panjang tersebut.

tangga satuan panjang

Letak satuan meter pada tangga satuan panjang yakni pada tangga ke 4 di atas mm, tangga ke 3 dari cm, tangga kedua dari dm, diatas meter terdapat 3 tangga lagi, dimana tangga pertama ada dekameter, tangga kedua dari meter ada hektometer dan tangga ketiga dari meter ada kilometer.

Kemudian kita melihat arah turun pada gambar itu menunjukkan bahwa semakin banyak tangga dari meter maka akan dikalikan 10. Semisal letak cm ada di tangga ke 2 di bawah meter maka akan dikalikan 100. AKan tetapi jika ada 2 tangga di atas meter maka akan dibagi 100.

Meter ke Cm

Nah, pada meter ke cm, kita melihat letak cm berada di tangga kedua dari meter maka setiap nilai ukuran panjang yang menunjukkan nilai meter itu dikalikan dengan 100.

Semisal, tinggi mobil sebesar 1 meter maka berapa cm kah tinggi mobil tersebut. Nah, jawaban dari pertanyaan di atas kita menggunakan rumus berupa :
ukuran (meter) x 100 = ….cm

Itu berarti ukuran (meter) = 1

maka 1m x 100 = 100 cm.

Jadi, jawaban 1 meter berapa cm adalah 100 cm.

Nah, demikianlah informasi tentang rumus menghitung meter ke cm. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang lagi membutuhkan informasi terkait dengan penghitungan meter ke cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *