[ Jawaban ] Rumus Keliling Lingkaran dan Contohnya


Rumus Keliling Lingkaran – Mengetahui cara menghitung keliling lingkaran akan bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti untuk dapat membantu pekerjaan pengrajin atau untuk mendapatkan posisi pagar di sekitar bak mandi air panas atau untuk dapat memecahkan permasalahan tugas matematika di sekolaa, artikelsiana.com sudah membahas tentang rumus bangun datar matematika yang cukup seringkali dibahas pada pelajaran matematika baik pada tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas), malahan soal soal tentang lingkaran ini seringkali juga keluar di soal-soal ujian, baik ujian untuk sekolah maupun ujian nasional (UN).

Oleh karena itu, sangatlah baik sekali untuk kalian kepada para pembaca yang masih menjadi pelajar untuk dapat lebih mengetahui dan memahami mengenai rumus lingkaran matematika yang mencakup keliling dan luas lingkaran ini.

Akan tetapi sebelumnya ada baiknya kalau kalian mengetahui secara terlebih dahulu mengenai pengertian lingkaran pada pelajaran matematika, dan secara langsung saja bahwa lingkaran matematika yaitu sebuah bangun datar yang membagi bidang menjadi dua yaitu pada bagian dalam dan bagian luar.

Selain daripada itu, memiliki unsur-unsur seperti jari-jari lingkaran, busur lingkaran, lingkaran lingkaran, tali busur lingkaran dan diameter lingkaran.

[ Jawaban ] Rumus Keliling Lingkaran dan Contohnya

rumus keliling lingkaran
rumus keliling lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran Dengan Diamter : π x d
Rumus Keliling Lingkaran Dengan Jari-Jari : π x 2 x r

Keterangan:

d = diameter
r = jari-jari
π = 22/7 atau 3,14

Setelah kita sudah mengetahui tentang bangun datar lingkaran, maka sekarang tiba saatnya untuk kalian memahami mengenai cara mencari keliling lingkaran matematika, karena dengan kalian para pelajar mengetahui cara menghitung keliling lingkaran matemati maka kalian akan dengan mudahnya menjawab dan mengerjakan soal-soal ujian.

Baik untuk soal ujian akhir sekolah (UAS) dan ujian nasional (UN) tentang keliling lingkaran matematika. Dan langsung saja terdapat rumus dalam rumus menghitung keliling lingkaran matematika yang bisa kita lihat di bawah ini:

Rumus Keliling Lingkaran

cara menghitung keliling lingkaran
cara menghitung keliling lingkaran

Kemudian setelah kita lihat dan memahami kedua rumus keliling lingkaran matematika yang sudah dijelaskan di atas maka di bawah ini dapat kita lihat contoh soal untuk mencari keliling lingkaran matematika yang bisa kita jadikan sebagai metode latihan kita, supaya kalian dapat lebih memahami tentang rumus lingkaran mencari keliling.

Contoh Soal 1

1. Ada satu buah bangun datar lingkaran yang mempunyai nilai diameter dengan berukuran sebesar 6 m. Carilah keliling dari lingkaran tersebut?

Diketahui:

– d = 6 maka
– π = 22/7

Ditanyakan:

Nilai keliling lingkaran?

Jawaban:

K = π x d
K = 22/7 x 6
K = 132/7
K = 18,85 m

Maka keliling lingkarannya yaitu sebesar 18,85 maka

Contoh Soal 2

2. Ada sebuah lingkaran yang memiliki nilai jari-jari berukuran sebesar 14 cm. Hitunglah nilai keliling pada lingkaran tersebut?

Diketahui=

– r = 15
– π = 22/7

Ditanyakan nilai keliling lingkaran?

Jawaban:

K = π x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 15
K = 22/7 x 30
K = 660/7
K = 94,28 cm
Maka, Keliling lingkaran tersebut adalah 94,28 cm

Contoh Soal 3

3. Diketahui keliling lingkaran dengan nilai sebesar 62,8 cm. Hitunglah berapa diameter pada lingkaran tersebut?

Diketahui

– K = 65 cm
– π = 3,14

Ditanyakan : Nilai Diameter Lingkaran ?

Jawaban :
K = π x d
63,5 = 3,14 x d
d = 63,5 / 3,14
d = 20,22 cm
Jadi, Diameter lingkarannya adalah 20,22 cm

Contoh Soal 4

Andi memiliki roda sepeda motor dengan nilai keliling lingkaran adalah 88 m. Maka hitunglah berapakah jari-jari roda sepeda motor andi?

Diketahui:

– K = 90 m
– π = 3,14

Ditanyakan berapakah nilai diameter lingkaran?

Jawaban:

K = π x 2 x r
90 = 3,14 x 2 x r
K = 6,28 x r
r = 90 / 6,28
r = 14,33 cm
Maka, jari – jari lingkaran tersebut adalah 14,33 cm

Contoh Soal 5

Rangga mempunyai mobil yang memiliki roda dengan diameter sebesar 88 cm yang berputar sebanyak 1000 kali. Maka hitunglah berapakah jarak yang ditempuh oleh mobil rangga?

Diketahui:

– d = 88 cm
– π = 3,14

Ditanyakan, berapakah jarak mobil?
Jawaban:

Jarak yang telah ditempuh mobil sama dengan 1000 kali keliling lingkaran (roda) = 1000 / 2 = 500

Jadi jarak yang ditempuh oleh mobil = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 88 cm = 138.160 cm = 1,38 km.

Catatan : Dalam contoh soal dan jawaban mengenai keliling lingkaran yang ada diatas, penulis memakai nilai π terkadang 3,14 atau kadang kadang menggunakan 22/7.

Tips :

Ambillah nilai π yang paling mudah untuk anda hitung, Kalau nilai diameter atau jari-jari tersebut mudah untuk dibagi 7 maka kita gunakan π = 22/7
Gunakan nilai π = 3,14 jika nilai diameter atau jari-jari tersebut susah untuk dibagi 7

Demikianlah pembahasan mengenai rumus keliling lingkaran dan contoh soal yang sudah penulis tuliskan dengan lengkap kepada kalian para pembaca pelajar yang ada di Indonesi dan semoga saja ulasan mengenai keliling lingkaran ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian kepada para pelajar Indonesia yang memerlukan informasi mengenai lingkaran bangun datar.

Kemudian, sebagai tambahan informasi saja kalau kalian ingin mengetahui dan memahami mengenai rumus lingkaran maka dapat kita lihat sendiri pada tautan tersebut karena tidak dapat dipungkiri juga bahwa belah ketupan juga termasuk dalam salah satu bagun datar matematika yang memang banyak dicari ulasannya selain dari bangun datar lingkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *