Rumah Panjang Berasal Dari Provinsi? Ini Jawaban dan Makna Didalamnya


Rumah Radakng atau rumah Panjang adalah rumah adat yang berasal dari daerah provinsi Kalimantan Barat atau kalbar. Rumah berukuran panjang 138 meter dan tinggi 7 meter ini adalah rumah khas suku dayak.

Dari ukurannyalah sehingga rumah ini disebut panjang sebab berbentuk memanjang sehingga mencapai 300 meter yang dihuni 60 kepala keluarga (KK). Hal itu bermakna bahwa persatuan dan kesatuan tetap terjaga di antara penghuninya. Sehingga bisa dikatakan bahwa rumah Panjang adalah modal utama agar tetap bersatunya seluruh masyarakat Dayak dalam NKRI.

Selain itu, untuk tetua adat berada pada bagian tengah. Untuk posisinya pun tidak asal dibangun begitu saja, dimana bagian hulu rumah menghadap timur dan bagian hilirnya menghadap barat. Menghadap ke timur dan ke barat merupakan simbol bagi orang Dayak.

Hulu sebagai tempat terbitnya matahari ini punya filosofi kerja keras, dalam hal ini bekerja secepat mungkin. Hilir menghadap ke barat tempat matahari terbenam mempunyai filosofi tidak akan pulang atau berhenti bekerja sebelum matahari tersebut terbenam.



Rumah panjang berasal dari provinsi (foto: artikelsiana.com)
Rumah panjang berasal dari provinsi (foto: artikelsiana.com)

Rumah Panjang Berasal Dari Provinsi? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa rumah adat panjang ini berasal dari provinsi kalimantan barat yang menjadi ciri khas bagi suku dayak.



Bentuk Rumah Adat Panjang Adalah?

Rumah ini juga tergolong tinggi dan berbentuk panggung yang bisa mencapai 3-7 meter. Tujuannya adalah untuk menghindari rumah dari banjir, menghindari penghuni dari binatang buas, dan juga dari musuh. Sedangkan untuk lebar rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan barat ini bisa mencapai 30 meter.



Sedangkan atapnya berbentuk pelana yang memanjang yang bisa tunggal atau bertingkat. Untuk pelataran rumah adat panjang provinsi kalimantan barat ini berfungsi sebagai jalur lalu lintas antara kamar satu dan lainnya dengan nama atau sebutan yang berbeda-beda sesuai dengan sub-subsuku atau bagian-bagian dari rumpun Dayak.

Ciri-ciri rumah panjang itu sendiri adalah berbentuk panggung dan memanjang. Selain itu, rumah ini juga memenuhi beberapa syarat dalam hal ini bagian hulunya searah dengan matahari terbit dan untuk bagian sebelar hilirnya ke arah matahari terbenam.

Hal ini menyimbolkan kerja keras untuk bertahan hidup. Walaupun begitu sederhana, tapi rumah Panjang adalah hunian yang bernilai tinggi dan banyak mengandung makna bagi masyarakat Dayak, maka bisa dikatakan itu penuh naluri untuk selalu hidup bersama dan berdampingan dengan warga masyarakat lainnya.

Rumah Panjang Sebagai Pusat Kebudayaan

Tidak hanya sebagai tempat tinggal, Rumah Panjang juga sebagai pusat kebudayaan dalam hal ini sebagai sarana interaksi dan komunikasi mengingat dan mengenal kembali kebudayaan suku dayak. Rumah ini kerap dipakai rapat, pertemuan atau musyawarah sanksi adat. Sebagai rumah penuh sejarah, maka mempertahankan warisan budaya ini dilakukan secara turun temurun sebab sekian lama telah membentuk persatuan dan perannya dalam pelaksanaan upacara-upacara adat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Rumah Panjang Berasal Dari Provinsi? Ini Jawaban dan Makna Didalamnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *