Rumah Adat Betang Berasal Dari Daerah Provinsi? Ini Jawaban & Maknanya


Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai hal baik itu dari sumber daya alam, manusia dan juga dari budayanya. Bisa dikatakan bahwa keindahan yang dimiliki Indonesia nyaris tidak tertandingi, apalagi melihat dari jumlah suku yang terdapat di Indonesia yang berbeda-beda. Hal itu jugalah mengapa Indonesia banyak menarik para turis dan melihat pemandangan menarik termasuk bangunan budaya di Indonesia seperti yang terdapat di kalimantan selatan.

Rumah adat betang adalah sekian banyak dari rumah adat yang dimiliki oleh pulau Kalimantan. Rumah adat betang ini diketahui berasal dari daerah provinsi Kalimantan Tengah. Rumah adat betang ini tidak jauh beda dengan rumah adat panjang atau radakng di daerah pontianak kalimantan barat, sebab rumah tradisional ini juga adalah kediaman bagi masyarakat adat

Dalam pembangunan rumah adat betang ini juga terbilang unik sebab memilih membangun rumah dimana banyak terdapat di daerah hulu sungai yang menjadi pusat pemukiman suku dayak. Sedangkan dari segi ukuran rumah tradisional ini, ternyata bervariasi. Hal itu karena terdapat rumah yang bahkan bisa mencapai panjang 150 meter dengan lebar bisa mencapai 30 meter.

Bukan hanya itu, rumah adat betang ini dibangun dengan bentuk panggung dengan tinggi dengan permukaan tanah sekitar 3-5 meter. Tujuan mengapa rumah betang ini membangun panggung dengan ketinggian tersebut adalah untuk menghindari datangnya banjir yang bisa menjadi ancaman bagi daerah hulu sungai di Kalimantan.



Diketahui ada banyak jenis rumah ada betang mempunyai banyak jenis seperti rumah betang muara mea, rumah betang damang batu, rumah betang pasir panjang dan rumah betang toyoi. Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai rumah adat betang, jawaban mengenai topik pada kali ini yang berjudul rumah adat betang berasal dari daerah provinsi?



Rumah Adat Betang Berasal Dari Daerah Provinsi?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari topik yang berjudul diatas dalam hal ini rumah adat betang berasal dari daerah provinsi?



Rumah adat betang berasal dari daerah provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi tempat bagi suku dayak yang banyak terdapat di daerah hulu sungai.

Keunikan Rumah Betang Adalah?

Rumah adat betang sangatlah kuat, betapa tidak dikatakan demikian melihat dari jenis kayu yang digunakan merupakan kayu yang tergolong kuat dan tahan lama serta tidak mudah rapuh. Kayu yang dipakai adalah kayu ulin, yang mana jenis kayu ini mampu bertahan dalam perubahan iklim musim hujan dan musim panas. Selain itu, rumah adat betang ini telah didesain dengan arsitektur agar tujuannya dapat menghindari kerugian akibat banjir, terhindar dari risiko banjir, dan terhindar dari binatang buas.

Makna Rumah Betang Adalah?

Budaya rumah betang ini tergambarkan dari kehidupan orang dayak dimana setiap individu dan masyarakat diatur secara sistematis oleh kesepakatan bersama melalui hukum adat. Setiap penghuni rumah ini memegang nilai kebersamaan dan melepaskan perbedaan yang dimiliki. Sehingga makna yang dapat diambil adalah suku Dayak ingin selalu menciptakan kehidupan yang harmonis terhadap lingkungannya.

Selain itu, anak tangga rumah adat betang harus berjumlah ganjil alasannya di maknai bahwa rezeki mudah datang ke semua penghuni Rumah Betang dan dijauhkan dari kesulitan hidup. Tangga rumah betang pun pada malam hari diangkat agar terhindar dari gangguan hantu dan serangan mistis. Bahkan pada saat dibangun harus menghadap matahari terbit sebagai penanda seorang pekerja keras sehingga dapat bertahan hidup.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Rumah Adat Betang Berasal Dari Daerah Provinsi? Ini Jawaban & Sejarah Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *