Rangkaian Gerak Teknik Dasar Meroda? Ini Cara Melakukannya


Gerak Teknik Dasar Meroda – Saat ini banyak orang yang telah menggeluti berbagai jenis kegiatan jasmani salah satunya adalah cabang olahraga senam. Olahraga ini sangatlah mudah dan murah selain itu olahraga ini lebih menekankan kepada latihan kelentukan dan kelenturan serta keberanian untuk melakukannya. Demikian ini terjadi karena senam mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi serta tingkat cederanya sangat besar. Jadi untuk bisa menjadi seorang pesenam yang terampil tidak mudah.

Walaupun demikian, tapi tetap saja banyak orang yang menyukai olahraga ini baik itu anak-anak, dewasa dan para orang tua sekalipun. Hal itu karena mereka ketahui bahwa dalam olahraga senam bermanfaat apalagi bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat baik. Diketahui bersama bahwa cabang olahraga ini terdiri atas 3 bagian yaitu senam irama, alat dan senam lantai.

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang berbeda dikalangan masyarakat Indonesia. Dari beberapa gerak dasar pada cabang olahraga senam salah satu yang membutuhkan kelincahan dan keseimbangan yaitu gerakan meroda. Apasih yang dimaksud dengan gerakan meroda?

Perlu diketahui bersama bahwa Meroda adalah gerak dasar yang didalamnya terdiri atas berbagai tahapan dan tata cara yang harus di perhatikan agar tidak mengalami kegagalan. Itulah mengapa dalam melakukan gerakan meroda membutuhkan berbagai unsur penunjang yaitu kekuatan, keseimbangan dan koordinasi.



Tidak hanya itu, aspek yang juga penting yang bisa mempengaruhi setiap orang dalam melakukan gerakan meroda adalah berat badan (morfologis). Demikian ini karena berat badan bisa berpengaruh kuat dalam menampilkan gerak meroda. Sehingga untuk mempelajari dan dapat mampu menguasai gerakan meroda, bentuk tubuh yang ideal menjadi salah satu kunci utama.



Karakteristik gerakan meroda secara sepintas adalah suatu gerakan ke samping yang tumpuannya adalah kedua tangan dan kaki yang terbuka secara lebar. Gerakan ini mirip dengan gerakan kangkang. Memang membacanya sepintas boleh dikata sangatlah mudah, tapi faktor fisiologis, teknik dan psikologis memegang peran penting didalamnya. Dengan kata lain bahwa gerak dasar meroda ini adalah gerak kombinasi setiap bagian tubuh agar bisa membentuk rangkaian gerak artistik yang menarik dan indah dilihat.



Jadi dapat disimpulkan bahwa agar gerakan meroda efektif dan terhindar dari cidera maka yang dibutuhkan adalah kekuatan lengan, kekuatan tungkai, keseimbangan, dan koordinasi dan berat badan ideal. Apalagi tumpuan dalam melakukan gerakan meroda adalah kekuatan lengan. Sebab bagian tubuh ini menopang dan menahan berat tubuh.

Jika kekuatan lengan lemah, maka kita tidak akan bisa menopang tubuh saat berputar dan akhirnya terjatuh. Tapi jika kuat, maka kita akan bisa berputar secara sempurna. Selain itu kekuatan lengan juga berfungsi untuk mempertahankan lengan tetap lurus saat posisi badan terbalik.

Dalam melakukan gerakan meroda sebenarnya mirip dengan baling-baling sedang berputar yang jika disaksikan tegak ke samping dan berputar dengan kecepatan yang seimbang. Seperti itu juga yang harus dilakukan dalam gerakan meroda.

Cara Melakukan Teknik Dasar Gerakan Meroda

Adapun tata cara dalam melakukan gerakan meroda adalah

    1. Awalan dilakukan dengan berdiri menyamping dari matras dengan posisi kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan diangkat ke atas dan di buka lebar menyerupai huruf V.
    2. Jatuhkan badan ke samping kanan hingga tangan kanan menyentuh matras dan diikuti dengan gerakan mengangkat kaki kiri.
    3. Lalu menjatuhkan badan ke samping kanan hingga tangan kiri menyentuh matras di samping tangan kanan dan diikuti dengan mengangkat kaki kanan, hingga posisi badan berdiri terbalik dengan kedua tangan sebagai tumpuan.
    4. Sudah itu menjatuhkan badan ke kanan hingga kaki kiri menyentuh matras dan diikuti dengan gerakan mengangkat tangan kanan.
    5. Selanjutnya dengan menjatuhkan badan ke kanan hingga kaki kanan menyentuh matras di samping kaki kiri dan diikuti gerakan mengangkat tangan kiri, hingga posisi badan berdiri menyamping matras seperti sikap awalan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tuliskan Rangkaian Gerak Teknik Dasar Meroda? Ini Cara Melakukannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *