Rangkaian Gerak Teknik Dasar Melambungkan Bola Permainan Softball


Permainan Softball – Cabang olahraga softball bisa disebut sebagai suatu olahraga yang banyak digemari oleh kalangan anak mudah, khususnya bagi pelajar dan juga mahasiswa. Hal itu karena biasanya, pemain memakai seragam olahraga yang menarik yang biasa ditemani oleh teriakan dan juga istilah bahasa asing saat para pemain sedang menunjukkan aksinya di lapangan.

Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu Baseball atau Hardball. Sedangkan apabila berbicara di Indonesia, permainan ini mirip dengan permainan Bola Kasti. Dalam sejarahnya diketahui bahwa permainan softball pertama kali lahir di Amerika Serikat dan diciptakan oleh Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago. Saat itu, permainan softball hanya dikenal sebagai permainan in door atau di dalam ruangan.

Akan tetapi semakin berkembang, permainan softball menjadi permainan terbuka pada tahun 1930 berkat H. Fiscer dan M.J Panley. Sedangkan di Indonesia, awal kemunculan dan pertama kali di perlombakan pada saat agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pada penyelenggaraan PON ke VII di Surabaya. Walaupun permainan ini terkesan mirip dengan permainan lainnya, tapi setiap cabang olahraga mempunyai karakteristik tersendiri salah satunya dari cara bermain softball itu sendiri.

Diketahui softball adalah cabang olahraga beregu yang terdiri atas permainan bola pukul. Sepintas permainan ini serupa dengan permainan bola kasti, akan tetapi dalam permainan Softball benar-benar membutuhkan ketangkasan dan menguras banyak pikiran. Mekanisme permainan yang dimainkan oleh 9 orang pemain ini dan bermain dalam 7 Inning adalah setiap regu mempunyai giliran untuk mencari pemain bertahan dan menyerang sebanyak 7 kali.



Pergantian ini terjadi ketika regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak 3 orang. Cara memainkannya adalah dengan seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pelempar bola yang di istilahkan pitcher. Bola dipukul dengan memakai alat pukul yang dikenal dengan bat.



Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan, dimana anggota regunya bertugas juga di tiga home base, 4 di luar lapangan dan satu di home plate. Seorang pemukul, harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya Pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai. Akan tetapi, lemparan yang ketiga harus dipukul.



Kegemaran banyak orang terdapat permainan softball atau softbol terjadi karena faktor-faktor yang mempengaruhi dalam permainan yang dimiliki olahraga ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi permainan Softball, yaitu sumber daya manusia (atlet, pelatih dan official) dan metode latihan serta yang terakhir adalah sarana dan prasarana. Ini adalah hal yang penting agar bermain softball dengan aman dan lancar. Peralatan yang digunakan untuk bermain adalah Glove (pelindung tangan), Bola Softball, Pemukul, Leght guard, Body protector, Masker dan Lapangan lengkap.

Teknik Dasar Permainan Softball Adalah?

Walaupun permainan ini terkesan mudah, tapi semudah apapun apabila tidak mengetahui tata cara bermain softball maka akan terasa sulit. Sebab dalam permainan Softball terdapat teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar dapat bermain dengan baik.

Menurut para ahli dalam hal ini Del Bethel berkata bahwa teknik yang harus dikuasai terdiri atas teknik melempar bola (throwing), menangkap bola (catching), memukul bola (batting), menghadang tanpa ayunan (bunting), lari dari base ke base dan meluncur (base running and sliding). Dari masing-masing unsur teknik tersebut harus dikuasai dengan baik untuk dapat bermain dengan baik pada saat bertahan maupun menyerang.

Cara Melambungkan Bola Dalam Permainan Softball

Salah satu teknik dasar dalam permainan softball adalah teknik melempar bola (throwing) atau terkadang disebut melambungkan bola. Adapun tata cara dalam melakukan teknik dasar melambungkan bola atau memukul bola dalam permainan softball adalah:

    1. Berdiri posisi melangkah,
    2. Badan membungkuk dan menghadap ke arah pemukul.
    3. Tangan kanan memegang bola.
    4. Ayunkan tangan kanan dari belakang ke depan, saat tangan melintas badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Rangkaian Gerak Teknik Dasar Melambungkan Bola Permainan Softball. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *