Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah


Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah – Secara etimologi, minyak bumi merupakan istilah yang berasal dari bahasa inggris yaitu ‘petroleum’. Diketahui petroleum terdiri atas dua kata yaitu petrus dan oleum. Petrus berarti karang dan oleum berarti minyak.

Itulah mengapa minyak bumi disebut dengan emas hitam adalah cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area kerak bumi.

Diketahui bahwa minyak bumi adalah berasal dari campuran kompleks yang berasal dari hidrokarbon, yang kebanyakan merupakan deret senyawa alkana, dan beragam dalam komposisi dan kemurniannya.

Minyak bumi erat kaitannya dengan produk-produk petrokimia. Hal ini disebabkan dalam minyak bumi terkandung bahan-bahan selain karbon, yaitu hidrogen sulfur, nitrogen, oksigen, dan lain-lain.



Pada awalnya, minyak bumi banyak dimanfaatkan sebagai minyak tanah, namun seiring dengan perkembangan teknologi maka minyak bumi diolah menjadi bahan lain yang sangat berguna bagi manusia seperti bahan bakar (bensin, solar, kerosin, minyak diesel, dll.) yang lebih dikenal dengan sebutan BBM (bahan bakar minyak).



Minyak bumi bersumber dari cadangan alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga makin hari cadangannya makin menipis sejalan dengan tuntutan kebutuhan energi dunia yang semakin meningkat.



Sebagai sumber energi yang paling dibutuhkan dalam berbagai bidang sesuai kebutuhannya masing-masing, salah satu penggunaannya yaitu terhadap industri, transportasi, serta di berbagai bidang kegiatan rumah tangga.

Minyak bumi merupakan cairan berwarna hitam yang kental, ada juga yang berwarna hijau. mempunyai sifat yang mudah terbakar, minyak bumi sendiri bisa ditemukan pada beberapa lapisan kerak bumi.

Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Hampir semua senyawa dalam minyak bumi disusun dari hidrogen dan karbon. Bahan-bahan ini disebut Hidrokarbon, juga terdapat senyawa-senyawa lain yang mengandung sejumlah kecil belerang, oksigen, dan nitrogen.

Dalam penghilangan, operasi fisik seperti penguapan, fraksionasi, dan pendinginan terutama ditentukan oleh sifat-sifat hidrokarbon dalam minyak mentah. Operasi treating dan penyaringan ditentukan oleh adanya senyawa belerang, oksigen, nitrogen, dan selebihnya sejumlah kecil hidrokarbon reaktif yang mungkin ada.

Pembentukannya sendiri, terdapat beberapa teori dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas tentang beberapa teori pembentukan minyak bumi tersebut.

Dalam proses pembentukan minyak bumi terdapat berbagai macam teori seperti teori biogenetik atau organik yang ditemukan pada tahun 1758 di Prancis yang mengatakan bahwa tumbuhan asal muasal dari minyak bumi.

Semakin berkembang, teori ini pun mengemukakan bahwa minyak dan gas bumi berasal dari jasad hewan, tumbuhan dan makhluk organik yang tertimbun oleh endapan pasir serta lumpur yang hanyut dan mengendap ke sungai atau laut selama jutaan tahun.

Berbeda dengan pendapat Barth Barthelot pada tahun 1866 bahwa minyak bumi terbentuk dari logam alkali yang membentuk astilena setelah bersentuhan dengan oksigen atau co2.

Selain itu, Mandeleyev tahun 1877 menyebutkan terbentuk dari pengaruh kerja uap yang terjadi pada karbia logam. Dari pendapat ini disebut dengan teori anorganik pembentukan minya bumi.

Dan yang terakhir adalah teori duplex. Diketahui teori ini merupakan gabungan dari kedua teori diatas, bahwa minyak bumi tercipta dari macam-macam jasad organisme yang berada di laut baik itu hewan atau tumbuhan yang tertutup oleh lumpur di dasar laut dalam waktu yang lama membuatnya berubah jadi batuan sedimen secara perlahan.

Proses Pembentukan Minyak Bumi Secara Singkat Adalah?

Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa proses terbentuknya pembentukan minyak bumi adalah:

Proses terbentuknya dari jasad yang berasal hewan/tumbuhan yang mati, terbawa air sungai dan tertutup lumpur dan mengendap di dasar laut dalam ribuan dan jutaan tahun dengan temperatur tinggi yang kemudian akan berbentuk batuan sedimen berpori bintik minyak dan gas melalui proses kimiawi hidrokarbon menjadi deposit untuk minyak bumi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Proses Pembentukan Minyak Bumi Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *