Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat? Ini Syaratnya


Syarat-Syarat Interaksi Sosial – Manusia adalah makhluk ciptaan yang unik sebab ada syarat dalam aktivitasnya, syarat itu adalah interaksi untuk mengatasi persoalan apapun.

Melalui syarat-syarat inilah sehingga manusia dikatakan dan tidak dapat lepas dari apa yang disebut sebagai makhluk sosial. Melalui hal itu, jelaslah mengapa manusia membutuhkan interaksi antar manusia.

Proses dari pemenuhan syarat-syarat ini maka dasar bagi terjadinya peristiwa sosial yang lebih luas yang dapat terjadi antara individu dengan individu lainnya, atau individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

Melalui proses inilah sehingga terjadi apa yang dikatakan dengan interaksi sosial. Secara definisi, yang dimaksud dengan interaksi sosial adalah kemampuan seorang individu dalam melakukan hubungan sosial dengan individu lainnya yang ditandai dengan adanya kontak sosial dan komunikasi.

Dalam interaksi sosial ini, dimana setiap individu dalam masyarakat memiliki perasaan, pikiran dan keinginan yang mengggerakan individu.

Maka sudah barang tentu dengan kondisi psikologis yang menuntut manusia untuk berinteraksi maka hubungan sosial bersifat operation, cooperation maupun non-cooperation sebagai hasil interaksi individu.

Atau secara sederhana sebagai menurut Ahmadi (dalam Mahmudah 2010) bahwa terdapat 2 bentuk interaksi yang biasa terjadi yaitu, interaksi antara benda bersifat statis dan interaksi yang bersifat dinamis.

Dalam artian dimana ada interaksi yang memberikan respon terhadap tindakan kita, dan ada juga interasi yang saling mempengaruhi.

Interaksi Sosial-Pengertian, Bentuk, Ciri, Contoh, Syarat & Faktor

Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat?

Namun dalam terpenuhi proses interaksi sosial, terdapat syarat-syarat yang dapat disebut terjadinya interaksi sosial dan interaksi sosial ini menghasilkan kedua hal yang dijelaskan diatas. Adapun syarat dari proses interaksi sosial itu adalah:

1. Kontak Sosial

Kontak sosial adalah syarat dalam proses terjadinya interaksi sosial. Sebab melalui kontak sosial ini apabila didefinisikan adalah terjadinya hubungan badaniah. Contohnya berbicara dengan pihak lain.

Sebagai syarat proses interaksi sosial, kontak sosial bisa terjadi dalam tiga bentuk yakni perorangan, perorangan dengan kelompok dan antara kelompok.

2. Komunikasi

Selain dari kontak sosial, menurut Soekanto bahwa komunikasi juga merupakan syarat terjadinya proses interaksi sosial.

Sebab komunikasi sangat penting dalam meberikan tafsiran perilaku orang lain, dan melalui komunikasi, seseorang dapat mengetahui apa yang disampaikan oleh kepada siapa ia berinteraksi.

Sebagai syarat interaksi sosial ini, maka orang bersangkutan dapat memberikan rekasi terhadap perasaan yang disampaikan oleh orang lain. Maka dari itulah, komunikasi bisa diartikan proses penyampaian informasi, gagasan, perasaan, ide dll.

Berdasarkan dari penjelasan diatas , maka proses interaksi sosial akan terjadi apabila pihak pihak yang berinteraksi melakukan tindakan berupa Kontak Sosial dan Komunikasi. 

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Adalah?

Dalam terjadinya proses interaksi sosial dalam memenuhi syarat-syarat interaksi sosial itu, terdapat fakto-faktor yang mempengaruhi agar dapat berjalan baik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah:

  1. Imitasi
  2. Identifikasi
  3. Sugesti
  4. Motivasi
  5. Simpati
  6. Empati

Interaksi Sosial-Pengertian, Bentuk, Ciri, Contoh, Syarat & Faktor

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat? Ini Syaratnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat? Ini Syaratnya
Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat? Ini Syaratnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *