PPPK Adalah Singkatan Dari? Ini Arti, Syarat Daftar & Gaji PPPK 2021


Baru-baru ini ada yang dikenal dengan PPPK pada tahun 2021, bahkan PPPK ini juga bisa diberikan untuk guru dengan jumlah lowongan mencapai 1 juta. Pada tahun ini, isu mengenai PPPK begitu tajam dan populer dicari.

Ada yang mencari pengertian PPPK, mencari syarat daftar PPPK 2021, ada yang mencari perbedaan PPPK dengan PNS, dan ada juga yang mencari gaji dan tunjangan PPPK 2021. Hal itu tidaklah salah sebab PPPK 2021 ini untuk guru yang dikelola oleh Kemendikbud.

Sehingga banyak orang yang ingin mengetahui seperti apa sebenarnya guru PPPK 2021 yang notebenya sudah terdapat honorer. Apakah terdapat sesuatu keistimewaan dalam PPPK yang membedakan dengan honorer serta apakah harus memilih PPPK atau memilih CPNS yang tentunya butuh pikiran yang mendalam,

Pikiran-pikiran itulah yang membuat pencarian informasi soal PPPK banyak dipublikasikan. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis juga akan menginformasikan soal PPPK 2021 yang dibawah ini:



Apa itu PPPK?

Guru PPPK adalah singkatan dari istilah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Depodik) serta PPG saat ini yang tidak mengajar yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu untuk tugas mengajar.



Apabila mengacu pada Peraturan Pemerintah No.49 Tahun 2018 menyebutkan bahwa PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk diangkat berdasarkan perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu untuk melaksanakan tugas jabatan pemerintahan sesuai dengan ketentuan pertauran perundang-undangan.



Untuk gaji PPPK 2021 ini mempunyai gaji yang sesuai dengan golongan dan masa kerja golongannya. Selain itu, PPPK juga mendapatkan kenaikan gaji istimewa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara serta PPPK 2021 ini juga mendapatkan tunjangan gaji.

Syarat Daftar PPPK 2021 Adalah?

Adapun syarat atau kriteria untuk mendaftar atau mengikuti seleksi PPPK 2021 ini adalah:

    1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya).
    2. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
    3. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Selain itu, untuk kebijakan seleksi dalam PPPK tahun 2021 ini adalah:

    1. Semua guru honorer dan lulusan PPG dapat mendaftar dan ikut seleksi dan semua yang lulus seleksi menjadi guru PPPK sampai 1 juta guru. Pemerintah pusat mengundang pemda untuk mengajukan formasi sebanyak mungkin.
    2. Setiap pendaftar bisa mengikuti ujian sampai 3 kali.
    3. Kemdikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi.
    4. Pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK.
    5. Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh Kemdikbud.

Gaji dan Tunjangan PPPK 2021 Adalah?

Gaji PPPK 2021 diatur dalam Perpres No. 98 tahun 2020 tentang gaji dan tunjangan PPPK. Adapun besaran gaji PPPK, nilai paling rendah ialah Rp 1.794.900 – Rp 2.686.200 dan paling tinggi Rp Rp 4.132.200 – Rp 6.786.500.

Selain gaji pokok, PPPK juga akan mendapatkan beragam tunjangan kinerja yang membuat nominal gaji PPPK semakin besar. Adapun tunjangan PPPK 2021 ini adalah:

    1. Tunjangan isteri/suami
    2. Tunjangan anak
    3. Tunjangan pangan/beras
    4. Tunjangan umum
    5. Tunjangan jabatan struktural/fungsional
    6. Tunjangan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan
    7. Tunjangan khusus Provinsi Papua
    8. Tunjangan pengabdian di wilayah terpencil
    9. Tunjangan lainnya yang meliputi tunjangan kompensasi kerja/risiko sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pembulatan; dan/atau potongan, berupa iuran jaminan hari tua, iuran jaminan kesehatan dan lainnya.

Selain itu, pada Permendagri Nomor 6 Tahun 2021 tentang teknis pemberian gaji dan tunjangan PPPK yang bekerja di instansi daerah disebutkan, PPPK menerima gaji dan tunjangan, berupa:

    1. Tunjangan keluarga terdiri dari suami/istri dan anak
    2. Tunjangan pangan/beras
    3. Tunjangan jabatan struktural
    4. Tunjangan jabatan fungsional
    5. Tunjangan lainnya (lihat pasal 9 ayat 2).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul PPPK Adalah Singkatan Dari? Ini Arti, Syarat Daftar & Gaji PPPK 2021. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *