Pola Lantai Tari Jaipong Adalah? Ini Arti, Gambar & Penjelasannya


Pola Lantai Tari Jaipong Adalah –  Tarian Indonesia tidak lepas dari kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Mula dari tari gerak, pola lantai, busana dan kostum serta asal muasal lagu tersebut sarat makna akan kebudayaan yang dimiliki Indonesia apalagi tari tradisional Indonesia. Umumnya, tari tradisional adalah tarian yang diwariskan secara turun temurun dan memiliki nilai historis yang tinggi, pedoman yang luas, dan berpijak pada adaptasi adat istiadat lingkungan sekitar tempat tumbuhnya.

Dulunya, tari tradisional mendapat perhatian lebih bagi masyarakat, namun bermunculan berbagai tari kreasi baru yang pada perkembangannya dikenal tari modern. Tari modern perlu diketahui bersama adalah tari yang mengutamakan keindahan, irama gerak dan focus pada hiburan, dan di pembahasan kali ini akan fokus pada satu tarian tradisional yaitu tari Jaipong.

Arti Tari Jaipong Adalah?

Seni tari jaipong adalah sebuah kejadian yang penting dan menarik dalam perkembangan tari khususnya di Sunda. Demikian ini karena dengan kehadiran Tari Jaipong memberikan antusias masyarakat melihat pementasan tari Jaipong. Terlihat pada akhir tahun 1970-an, Tari Jaipong langsung melejit menjadi tari yang tren di masyarakat kala itu.

Sejarah lahirnya tarian Jaipong ini berkaitan erat dengan sikap Presiden Soekarno kala itu. Dalam sejarah lahirnya tarian Jaipong pada tahun 1961 ini karena pada saat itu Soekarno membatasi budaya asing termasuk barat. Hal ini justru mendorong seniman tradisional untuk berkreasi. Salah satunya dari Gugum Geumbira sebagai seniman pencipta tarian Jaipong.



Tari Jaipong ini lahir dari kreativitas seniman Gugun Gumbira yang berasal dari Bandung. Asal muasal Tari Jaipong ini terinspirasi dari oleh kesenian rakyat yakni Ketuk Tilu. Tari Jaipong merupakan perpaduan gerakan Ketuk Tilu, tari Topeng Banjet dan Pencak Silat (bela diri). Jaipong muncul di tengah masyarakat yang betul-betul lahir sebagai suatu karya ‘produk modern’. Dalam pertunjukan tari Jaipong, perempuan tidak malu-malu lagi untuk meliukkan tubuh, menggoyangkan pinggul, serta melirikkan mata pada penonton.



Gerakan tari jaipong sangat dinamis mulai dari gerakan tangan, bahu, pinggul kaki yang semuanya terlihat lincah bersama iringan pukulan gendang, khusus penari perempuan yang senyuman dan kerlingan mata. Walaupun juga yang berkembang di masyarakat, penari Jaipong juga kebanyakan menampilkan hal yang sensual dengan goyang tubuh yang timbul secara spontan sehingga memberikan sensasi. Namun yang menarik, kemunculan karya Gugum Gumbira yang bersifat merakyat itu tetap mendapat sambutan hangat dari masyarakat Jawa Barat.



Pola Lantai Tari Jaipong Adalah?

Perlu diketahui bersama bahwa pola lantai merupakan unsur yang sangatlah penting untuk diperhatikan oleh penari. Hal itu karena Pola lantai mengatur seluruh gerak penari. Pola lantai adalah denah yang dilakukan oleh penari dengan tiga cara yaitu perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi dalam sebuah tempat atau ruang.

Pola lantai ini berfungsi untuk membuat sebuah ruang gerak apalagi bagi tari kelompok seperti dalam tari jaipong. Dalam pola lantai secara umum yang diketahui terdapat beberapa jenis yaitu pola lantai vertikal, pola lantai horizontal, pola lantai diagonal dan pola lantai melingkar serta pola lantai zig-zag. Berbicara soal pola lantai dari Tari Jaipong adalah menggunakan pola lantai lurus dan pola lantai zig-zag. Apasih yang dimaksud dengan Pola Lantai Lurus dan Pola Lantai Zig-Zag itu?

1. Pola Lantai Lurus

Pola lantai garis lurus yaitu gerak pergeseran penari menganut garis lurus yang bermakna hubungan manusia dengan pencipta. Selain tari jaipong, tari zaman aceh juga menggunakan pola lantai gerak lurus.

2. Pola Lantai Zig-Zag

Pola lantai zig-zag adalah pengembangan dari pola lantai lurus. Bila diperhatikan, pola lantai ini terbentuk dari gabungan pola lantai horizontal dan pola lantai diagonal. Selain tari Jaipong, tari seudati juga menggunakan pola lantai zig-zag sebagai perpindahan penari.

Tari Jaipong Berasal Dari Daerah?

Tari Jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung Jawa Barat yang diciptakan oleh Gugun Gumbira.

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pola Lantai Tari Jaipong Adalah? Ini Arti, Gambar & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *