Planet Yang Tidak Memiliki Satelit Adalah? Ini Jawabannya


Dunia ini tidaklah sendiri, ada banyak planet yang ada di luar sana yang belum kita lihat secara kasat mata tetapi berbagai buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah lainnya telah menuliskan dengan jelas mereka yang telah berkunjung, melihat melalui teropong dan meneliti dengan dalam.

Betapa menakjubkannya alam ini dengan banyaknya planet yang bahkan lebih banyak yang tak mampu dijangkau oleh manusia. Bumi adalah salah satu planet yang menjadi tempat tinggal manusia dan berada dalam tata surya. Tata surya sendiri adalah kumpulan benda langit termasuk bumi dengan pusatnya adalah matahari.

Setiap planet termasuk bumi mengelilingi matahari termasuk benda langit lainnya, seperti komet dan meteor. Benda langit tersebut mengitari matahari dalam lintasan berbentuk elips atau lonjong. Begitu sistematisnya alam semesta ini sampai lintasan tersebut ternyata berguna agar terjaminnya hukum kekebalan energi berlangsung dengan sempurna.

Melalui lintasan itu sehingga tidak ada energi yang hilang saat benda langit mengitari matahari. Sebagai inti dari tata surya matahari berada dalam galasi bima sakti yang jaraknya dari pusat galaksi sekitar 28.000 tahun cahaya. Sangat jauh untuk bisa kita bayangkan.

Setiap benda-benda langit ini mempunyai proses panjang hingga terbentuk sampai saat ini, diperkirakan terbentuk sejak 4,6 miliar tahun yang lalu. Setiap dari planet yang ada di tata surya mempunyai satelit yang mengelilingnya.

Apa Yang Dimaksud Satelit?

Secara umum yang dimaksud dengan Satelit adalah benda langit yang mengorbit benda langit lainnya yang lebih besar. Misalnya saja bulan, adalah satelit alami Bumi. Satelit terbagi atas 2 yaitu satelit alam dan satelit buatan.

Arti satelit alam adalah satelit yang tercipta secara alami karena adanya gaya grativtasi seperti bulan yang mengitari bumi, pluto yang bahkan bukan planet mempunyai lima bulan. Sedangkan jupiter mempunyai 53 satelit bernama dan 26 masih belum diberi nama, sedangkan saturnus mempunyai 82 bulan atau satelit. Selain itu juga terdapat satelit buatan yang diluncurkan untuk membantu manusia seperti satelit cuaca, navigasi, penelitian dan komunikasi.

Tetapi ada juga beberapa planet yang tidak mempunyai satelit yaitu Merkerius dan Venus. Untuk merkerius karena berada paling dekat dengan matahari sehingga gaya gravitasi matahari lebih besar dibandingkan planet merkurius sehingga tidak ada benda planet yang mengorbit ke merkerius.

Begitupula dengan Venus yang jaraknya dekat dengan matahari dan pengaruh perubahan rotasi dari planet ini sehingga ada teori yang mengatakan terdapat satelit alami namun terjadi benturan satelit dan pecah menjadi beberapa bagian.

Planet Yang Tidak Memiliki Satelit Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa planet yang tidak memiliki satelit adalah:

Planet yang tidak mempunyai satelit adalah Merkurius dan venus.

Mengapa Merkurius dan Venus Tidak Memiliki Satelit?

Alasannya karena jaraknya dekat dengan matahari sehingga mempengaruhi gaya grativitasi dan orbit dari benda-benda langit.

Contoh soal

Planet yang tidak memiliki satelit adalah:

  1. Venus
  2. Mars
  3. Merkurius
  4. Bumi

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Planet Yang Tidak Memiliki Satelit Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *