Piagam Atlantik Ditandatangani Pada Tanggal? Ini Penjelasan Sejarahnya


Pada pertengahan Agustus 1941 terjadi peristiwa penting dimana terdapat dua kapal perang yang disebut negara paman sam yakni Amerika Serikat dan negara Inggris. Kedua negara ini bertemu di lokasi rahasia yang bertempat di Atlantik Utara.

Agenda pertemuan itu setelah Perang Dunia ke II berakhir yang ditandai dengan kutipan pernyataan Winston Churcill pada Mei 1945 yang merupakan perdana menteri Inggris. Pernyataan dari Winston Churchill adalah “This is not victory of a party or of any class. Its a victory of the great British nation as a whole,”

Dari pernyataan itu menjadi tanda bahwa perang telah berakhir. Perdana Menteri Inggris tersebut juga bertemu dengan Franklin D.Roosevelt dari Amerika Serikat yang berada di atas dua kapal perang tersebut. Dua kapal perang itu dikenal dengan Kapal USS Augusta dan HMS Prince of Wales yang berlabuh di Newfoundland, Teluk Placentia.

Ternyata pertemuan antara Winston Churchill dan Franklin D.Roosevelt tersebut membahas mengenai upaya dalam memerangi Nazi. Hasil yang didapatkan dari kedua negara tersebut adalah menyepakati persetujuan kerja sama untuk memerangi Nazi.



Selain itu terdapat pembicaraan lain yang menjadi suatu monumen penting yang menjadi salah satu yang menjadi cikal bakal pembentukan PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pertemuan tersebut dikenal dengan Piagam Atlantik. Pertanyaan kemudian adalah kapan piagam atlantik ditandatangi?



Piagam Atlantik Ditandatangani Pada Tanggal?

Piagam Atlantik ditandatangani pada tanggal 14 Agustus 1941 yang isi dari piagam atlantik terdapat 8 hal yang ditandatangani oleh Churchill dan Roosevelt dalam piagam atlantik. Sebagaimana penjelasan diatas, dimana piagam atlantik digelar berlabuh di Newfoundland, Teluk Placentia.



Ternyata hal lain yang diketahui dari situs Geo Week bahwa piagam atlantik juga menjadi inspirasi dalam terbentuknya aliansi pascaperang serta menjadi ajang dalam mempersiapkan kemerdekaan negara-negara yang sebelumnya menjadi bagian daripada kerajaan Inggris. Kedua negara di anak benua Asia Selatan itu adalah, India dan Pakistan tahun 1947.

Hal penting yang mendapatkan sebuah konklusi atau hasil dari dibentuknya piagam atlantik dapat dilihat dari pada pernyataan Roosevelt dalam kenegaraan tahun 1941 dalam hal ini Kebebasan itu adalah, kebebasan berbicara, kebebasan beragama, terbebas dari semua kebutuhan dan terbebas dari rasa takut.

Isi Piagam Atlantik Adalah?

Adapun isi piagam atlantik yang terdapat 8 point penting yakni:

    1. Tidak ada lagi wilayah yang akan ditaklukkan oleh Amerika Serikat atau Inggris;
    2. Pengaturan sebuah wilayah harus sesuai dengan kehendak masyarakat bersangkutan;
    3. Hak untuk menentukan nasib sendiri;
    4. Pengurangan rintangan perdagangan;
    5. Memajukan kerjasama ekonomi dunia dan peningkatan kesejahteraan sosial;
    6. Kebebasan berkehendak dan bebas dari kekhawatiran;
    7. Menciptakan kebebasan di laut lepas;
    8. Pelucutan senjata di seluruh dunia pasca perang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Piagam Atlantik Ditandatangani Pada Tanggal? Ini Penjelasan Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *