Persiapan Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Masa Pubertas


Bagi remaja atau yang berusia 10 atau 12 tahun tentu semuanya akan mengalami masa pubertas tanpa terkecuali. Masa yang menjadi peralihan bagi setiap remaja untuk menjadi dewasa.

Saat memasuki fase ini ada yang harus dilakukan oleh setiap remaja karena tentu saja pada saat itu akan menjadi sesuatu yang tidak biasa atau hal yang baru.

Sehingga diperlukan persiapan dalam menghadapi masa purbertas. Sebab pada masa ini terjadi perubahan fisik, emosi, sikap, serta perilaku. Tetapi jangan khawatir karena apa yang dialami pada masa pubertas adalah hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang.

Walaupun demikian tetap saja terdapat berbagai persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas karena apabila menyepelekannya dapat berdampak buruk melalui masa pubertas ini.

Tanda bahwa anda mengalami masa purbertas sebenarnya tidak sulit, bagi perempuan terjadi menstruasi dan payudara yang membesar. Lalu tanda pubertas bagi laki-laki adalah dengan mimpi basah/ejakulasi spontan, suara yang berubah, tumbuhnya rambut-rambut dibagian tertentu dan bagi beberapa orang bentuk jakun yang menonjol.

Persiapan Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Masa Pubertas Adalah?

Salah satu hal yang bisa dilakukan dalam menghadapi masa pubertas adalah dengan percaya diri, tidak murung apalagi takut. Dan terdapat juga hal yang harus dihindari yaitu menjaga emosi setiap saat dan selalu bersikap tenang dalam menghadapi suatu masalah.

Selain dari pada itu, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas. Adapun macam-macam persiapan dalam menghadapi masa pubertas adalah:

1. Menjaga Kebersihan Alat kelamin

Ini sangatlah karena dapat mempengaruhi kesehatan sehingga bagi perempuan harus sering mengganti pembalut.

2. Bertanya kepada Orang Tua

Anda juga menanyakan keluhan pada masa pubertas ke orang tua atau perubahan yang terjadi, hal ini untuk membuat penanganan yang lebih baik dan tidak menimbulkan banyak pikiran.

3. Menjaga Emosi

Pada masa pubertas, terkadang terjadi lonjakan emosi atau perasaan lebih sensitif, jadi ada baiknya untuk menghindari hal-hal yang bisa mendorong tersulut emosi atau lebih bijaksana dan standai menghadapi sesuatu.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ada baiknya untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dibandingkan makanan cepat saji atau yang memiliki banyak pengawet.

5. Memahami Perubahan Fisik

Hal yang paling penting adalah memahami perubahan yang terjadi bagi diri bisa itu dengan mencari informasi akurat di google atau di buku terkait perubahan yang terjadi diri anda selama masa pubertas sehingga beban pikiran, emosi dan penanganan bisa dilakukan lebih cepat.

6. Hindari Begadang

Sama seperti sebelumnya, begadang juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Tidak disarankan untuk tidur larut malam jika tidak diperlukan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Persiapan Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Masa Pubertas. Semoga informas ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *