Permainan Softball Diciptakan Oleh? Ini Sejarah Singkatnya


Pendidikan jasmani merupakan bagian pendidikan secara umum yang mengutamakan aktivitas gerak sebagai media dalam pembelajaran. Permainan Softballl merupakan jenis olahraga yang berada dalam kategori permainan bola kecil.

Permainan ini dimainkan secara beregu yang terdiri atas 2 tim. Sebenarnya permainan softball tidak jauh beda dengan permainan baseball. Walaupun baseball dimainkan dengan bola yang lebih besar.

Sedangkan untuk permainan softball menggunakan bola dengan ukuran keliling hanya 12 inci (30,5 cm). Sedangkan untuk ukuran diameter bola baseball adalah 9 inci sampai 9,25 inci atau sekitar 22 cm hingga 23 cm.

Jika berbicara soal berapa ukuran pitcher plate dalam permainan softball adalah 60 x 15 cm yang sama dengan baseball. Tujuan dari permainan softball adalah agar yang memukul bola tongkat sebelum pemain mencoba berlari sampai ke empat titik.

Di negara Amerika, permainan softball sudah bisa dimainkan seperti di negara-negara Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia dan Eropa. Untuk induk organisasi dunia permainan softball dikenal ISF atau international Softball Federation. Sedangkan di Indonesia sendiri, dikenal dengan PB Berbasasi atau Persatuan Baseball dan Sotball Seluruh Indonesia.

Sejarah Permainan Softball Adalah?

Berdasarkan dari informasi yang dihimpun oleh penulis, diketahui bahwa terbentuknya atau ditemukannya permainan softball ini pertama kali oleh Geogrge Hancock. Asal penemu dari permainan softball ini di Kota Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1887.

Tetapi untuk peraturan permainan softball baru dibuat oleh ahli bernama Lewis Robert. Hingga pada tahun 1916, barulah softball mengalami perkembangan yang begitu pesat dan aturannya disempurnakan oleh Matthew seperti yang dipakai saat ini.

Sejak tahun 1933 “softball” telah menjadi sebuah nama resmi. Cabang olahraga softball pertama kali dipertandingkan dalam kejuaraan dunia pada 1933 di Hills, Chicago, Amerika Serikat.

Permainan Softball Diciptakan Oleh? Ini Sejarah Singkatnya (Foto: Artikelsiana.com)

 

Softball di Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan softball telah dimulai sebelum perang kemerdekaan yang sifatnya masih terbatas pada area tersebut. Pada awalnya, permainan ini hanya dimainkan oleh anak-anak yang golongan wanita saja.

Barulah permainan yang dimainkan oleh regu putra dan putri ini diperlihatkan pada ajang Asian Games di Bangkok, Desember 1966. Berawal dari ajang tersebut, banyak dari kalangan putra dan putri Indonesia mulai tertarik dan berminat dalam permainan ini.

Melihat antusias masyarakat, maka banyak cabang olahraga dibuka agar dapat menghimpun dan menyalurkan kegiatan softball. Tidak hanya itu, dibentuk juga organisasi yang mengatur, membina dan mewadahi kegiatan softball yang dikenal dengan Perbasasi.

Perbasasi dibentuk pada tahun 1967 dan ditandai dengan terbentuknya kompetisi tingkat nasional pertama kali di Kejuarangan Nasional I Baseball/Softball di Jakarta.

Permainan Softball Diciptakan Oleh?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat dituliskan bahwa jawaban mengenai topik utama pada kali ini adalah permainan softball diciptakan oleh George Hancock yang berasal dari Kota Chicago, Amerika Serikat, pada tahun 1887.

Lamanya waktu bermain softball adalah

Sedangkan waktu permainan ditentukan oleh inning sebanyak 7 Inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan sofbol ldurasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam.

Jumlah Pemain Softball Adalah? 

Jumlah pemain softball terdiri dari sembilan pemain dan sisanya adalah cadangan. Setiap pemain memiliki tugas masing-masing yang mencakup 5 posisi penting seperti pitcher, catcher, baseman, shortstop, dan fielder.

Permainan Softball Berasal Dari Negara? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun jawaban dari pertanyaan berupa permainan softball berasal dari negara? jawabannya adalah negara amerika serikat dari kota chicago.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Permainan Softball Diciptakan Oleh? Ini Sejarah Singkatnya. Semoga inforamsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *