Perilaku Mulia Cerminan Beriman Kepada Alquran Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Beriman Kepada Alquran – Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berpegang teguh kepada ajaran Islam, dengan berpegang teguh pada kitabnya yakni Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Sebab dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasul yang diriwatkan disebut dengan Hadits merupakan pedoman hidup bagi seluruh masyarakat muslim yang harus ditaati dalam kehidupan sehari-hari.

Berbicara soal Al-Qur’an, sebagai wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT yang dibawa oleh Jibril untuk Nabi Muhammad SAW yang berisi petunjuk bagi umat Manusia di muka bumi ini, Al-Qur’an walau secara bahasa diartikan sebagai bacaan atau dibaca, akan tetapi, didalamnya ada banyak mukjizat yang bahkan apa yang belum pernah terjadi telah tertuliskan dalam lembaran ayat dan surat dalam Al-Qur’an.

Demikian ini sebagaimana dengan istilah yang disampaikan oleh Dr. Subhi Al Salih ialah kalam Allah Swt yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah.

Apalagi dalam Al-Qur’an terdapat nilai-nilai yang mempunyai kehidupan agar setiap manusia dapat lebih baik lagi baik itu didunia maupun di akhirat. Sehingga dengan menerapkan perilaku yang merupakan cerminan dari Al-Qur’an, maka setiap orang dapat mencapai kebahagiaan hidup sebagaimana dalam anjurannya. Sebab dengan mengikuti Al-Qur’an, maka sudah barang tentu mengikuti Allah SWT.

Tidak sedikit, banyak kalangan pria dan wanita yang menganggap enteng persoalan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan bahkan lebih berpedoman kepada hal-hal yang lainnya. Padahal bacaan yang ada diluar sana sekalipun benar dan tepat, pada dasarnya menjelaskan apa yang terdapat dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Walaupun, dalam Al-Qur’an terdapat ayat yang memang membutuhkan tafsiran lebih jauh yang sesuai dengan kondisi zaman yang ada. Itulah mengapa terdapat beberapa ayat Al-Qur’an yang belum tersingkap dan beberapa diantara itu dimaknai oleh kalangan orang-orang musyrik sebagai tidaklah benar.

Padahal, Rasulullah SAW yang pada saat itu diturunkan Al-Qur’an belumlah berbentuk seperti yang digunakan oleh manusia saat ini, melainkan langsung dituntun oleh Allah SWT sebagai petunjuk baginya agar tak tersesat dalam menyebarkan kebaikan dan kebenaran. Dengan petunjuk itu, Muhammad SAW dapat mampu menyebarkan Islam ke penjuru dunia seperti yang diraskaan saat ini.

Itulah mengapa Rasulullah SAW dikatakan mempunyai berakhlak Al-Qur’an karena yang dijelaskan dalam hadits yang berbunyi “Ketika Aisyah RA ditanya tentang akhlak nabi Muhammad SAW, maka beliau menjawab akhlaknya adalah Al-qur’an.” Walaupun tidak dipungkiri, dalam membangun perilaku mulai yang mencerminkan beriman kepada Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak hambatan, seperi minimnya perhatian orang tua terhadap anaknya yang banyak meniru gaya barat dari pada mempertahankan marwah Islam.

Selain itu, hambatan dalam menciptakan orang-orang yang berperilaku mulai yang mencerminkan beriman kepada Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari juga karena minimnya minat anak-anak atau kalangan pemuda untuk belajar dan bersekolah di lembaga pendidikan Islam.

Namun yang paling penting saat ini dan dapat disaksikan secara bersama-sama dimana kepedulian masyarakat melihat anak-anak remaja yang nakal di lingkungan mereka sudah berkurang, dalam artian masyarakat membiarkan saja hal itu terjadi dan bahkan menghindarinya.

Perilaku Mulia Cerminan Beriman Kepada Alquran Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Foto: Artikelsiana.com)
Perilaku Mulia Cerminan Beriman Kepada Alquran Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Foto: Artikelsiana.com)

Perilaku Mulia Cerminan Beriman Kepada Alquran Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Rajin membaca Al-Quran setiap hari
  2. Selalu berusaha, tak kenal lelah dan putus asa untuk memperbaiki bacaannya (Al – Quran) dengan mempelajari ilmu tajwid hingga benar dan fasih.
  3. Selalu membaca atau melafalkan ayat yang ada di kitab – kitabNya.
  4. Selalu menjadikan kitab – kitabNya sebagai pedoman atau dasar dalam menjalani hidup didunia ini.
  5. Selalu mengamalkan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari seperti berbuat baik, membantu sesama, berzakat, berinfak, bersedakah, berpakaian, beribadah dan bersosial.
  6. Menjaga kesucian Al-Qur’an dan selalu membela Al-Qur’an jika ada yang berani menistakannya.
  7. Meyakni semua perintah yang ada dalam Al-Quran dan menjadikannya petunjuk dan pedoman hidup
  8. Menjauhi semua larangan yang ada di dalam Al-Quran seperti tidak menghina orang lain, tidak membicarakan keburukan orang lain, tidak berzinah, tidak meninggalkan shalat, tidak memfitnah dll.

Demikianlah informasi mengenai Perilaku Mulia Cerminan Beriman Kepada Alquran Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *