Jelaskan Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi? Ini Perbedaannya


Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi – Untuk mengetahui seperti apa perbedaan antara non fiksi dan fiksi, sangatlah sederhana dalam mengetahui pembahasan pada kali ini. Dalam menjawabnya, penulis akan menjelaskan mengenai apa itu fiksi?.

Secara umum, fiksi artinya adalah fiktif. Maksud dari hal ini adalah sesuatu yang tidak nyata atau khayalan. Sehingga apabila dicontohkan dalam bentuk karya fiksi semisal buku, tentu saja buku tersebut adalah hasil khayalan penulisnya.

Selain itu, fiksi bisa juga didefinisikan sebagai karya yang mudah dibuat dan sifatnya tidak terlalu terikat dengan berbagai aturan yang mirip dengan karya ilmiah.

Fiksi juga diidentikan dengan sastra lantaran karya sastra biasanya berjenis fiksi, atau sifatnya khayalan belaka atau hasil imajinasi atau tidak nyata.



Apabila demikian, maka fiksi tidak membutuhkan pengamatan dan pertanggungjawaban terhadap ide atau cerita yang berasal dalam buku tersebut. Itulah mengapa dalam fiksi menggunakan bahasa kiasan atau disebut dengan konotatif.



Sedangkan non fiksi adalah klasifikasi untuk setiap karya bersifat informasi. Selain itu dalam non fiksi, penulisnya memiliki itikad baik untuk mempertanggung jawabkan tentang kebenaran, akurasi, dan informasi yang disajikan.



Dalam non fiksi, tidak boleh asal dalam membuat suatu karya, sebab dalam karya non fiksi merupakan bersifat faktual yang dialamnya adalah nyata yang sesuai dengan kehidupan manusia atau disekitar kita.

Karya sastra yang termasuk non-fiksi antara lain adalah jenis karangan eksposisi, argumentasi, fungsional, dan opini; esai mengenai seni atau sastra; biografi; memoar; jurnalisme; serta tulisan-tulisan sejarah, ilmiah, teknis (termasuk elektronika), atau ekonomi.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan pengertian fiksi dan non-fiksi?.

Jelaskan Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi? Ini Perbedaannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi? Ini Perbedaannya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Fiksi Adalah?

Secara umum, apa yang dimaksud dengan fiksi adalah karya yang berisi cerita dan bersifat imajinatif yang tidak membutuhkan pengamatan dan tidak membutuhkan pertanggungjawaban akan ide dan berasal dari khayalan dengan bahasa kiasan atau konotatif.

Pengertian Non-Fiksi Adalah?

Secara umum, definisi non fiksi adalah karya yang berisi kejadian yang sebenarnya dan bersifat informatif dengan pengamatan dan penggunaan data dalam pembuatannya sehingga bisa dipertanggungjawabkan isinya dengan bahasa denotatif atau sebenarnya, sehingga pembaca bisa memahami maksud dari karya tersebut secara langsung.

Perbedaan Non Fiksi dan Fiksi Adalah?

Perbedaan antara non fiksi dan fiksi sangatlah sederhana, ada beberapa 5 unsur yang dapat menjadi perbedaan antara fiksi dan nonfiksi adalah penggunaan bahasa, sumber, sifat karangan, dan bentuk karangan. Adapun penjelasan tentang perbedaan antara non fiksi dan fiksi adalah:

  1. Dalam penggunaan bahasa, non fiksi menggunakan bahasa denotatif. Sedangkan fiksi adalah bahasa kiasan.
  2. Untuk sumbernya, terdapat perbedaan yang jelas dimana non fiksi berdasarkan data, sedangkan fiksi tidak berdasarkan data,
  3. Dari sifatnya non fiksi berdasarkan kajian jelas sedangkan fiksi melalui fiktif.
  4. Sedangkan yang terakhir adalah untuk non fiksi karangannya berbentuk informatif dan untuk fiksi berdasarkan cerita buatan.
Jelaskan Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi? Ini Perbedaannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi? Ini Perbedaannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Perbedaan Teks Fiksi & Nonfiksi? Ini Perbedaannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *