Apa Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung? Ini Arti & Penjelasannya

Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung – Kata antara mudik dan pulang kampung, artinya hampir memiliki kesamaan dan bahkan bagi sebagian orang, arti mudik dan arti pulang kampung tidak mempunyai perbedaan.

Alasannya mengapa dikatakan bahwa arti mudik dan pulang kampung, adalah terletak pada bahwa seseorang yang keluar dari daerahnya, kemudian dalam suatu waktu kembali lagi.

Berbicara soal arti mudik dan pulang kampung, menjadi pembicaraan yang panas bagi seluruh nitizen yang video pendek itu beredar di facebook, twitter, whatsapp dan instagram.

Ada banyak yang menganggap bahwa mudik dan pulang kampung itu berbeda, dan tidak sedikit pula yang menganggap bahwa mudik dan pulang kampung itu sama saja.

Disini timbul perdebatan yang sengit, tak sedikit juga yang mencari berbagai sumber seperti dari KBBI dan dari para ahli bahasa untuk menyampaikan mengenai pendapat apakah mudik dan pulang kampung itu sama atau berbeda.

Istilah mudik dan pulang kampung ini trending diawali dari pergerakan orang-orang dari Jakarta ke Provinsi menjadi masalah yang bisa jadi membawa Covid-19 yang menyerang Indonesia. Hal itu sehingga negara Indonesia membuat kebijakan untuk melarang mudik.

Apalagi dalam video obrolan Najwa Shihab dengan presiden Indonesia yakni Jokowi. Dimana dalam video itu, Najwa Shihab mengatakan, kalau sudah banyak orang yang pulang kampung. Nah dari sini, presiden Indonesia menyanggah, bahwa itu bukanlah mudik, melainkan pulang kampung.

Dari pernyataan itu, bahwa hal itu bukanlah mudik melainkan pulang kampung. Dari pernyataan presiden Jokowi membuat istilah antara mudik dan pulang kampung menjadi trending. Tidak sedikit pula yang mencari apa pengertian mudik dan apa pengertian pulang kampung serta perbedaannya.

Dari perdebatan antara mudik dan pulang kampung menjadi guyonan dan ada yang sifatnya serius. Beberapa jurnalis, tokoh politik dan aktivis ikut berkomentar melalui sosial media mereka dan saling adu pendapat. Begitu pula di berbagai berita nasional yang ikut menjelaskan mengenai apa perbedaan dari mudik dan pulang kampung.

Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung Adalah? 

Maka dari itulah, pada kali ini penulis akan membahas mengenai apa arti mudik dan apa arti pulang kampung beserta dengan perbedaan mudik dengan pulang kampung yang dapat disaksikan dibawah ini:

A. Menurut Jokowi Arti Mudik dan Pulang Kampung

Menurut Jokowi bahwa yang dimaksud dengan Mudik dan pulang kampung itu berbeda karena mudik terjadi pada jelang lebaran Idul Fitri sedangkan pulang kampung tidak terjadi pada momen lebaran melainkan bisa terjadi kapan saja.

B. Menurut KBBI: Arti Mudik dan Pulang Kampung

Berdasarkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam versi Android yang merupakan hasil terbitan dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Pengertian Mudik punya 2 arti yaitu:(a) adalah (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang — sampai ke Sakayu. (b) pulang ke kampung halaman. Contoh adalah seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang mudik. 
  2. Pengertian Pulang Kampung adalah kembali ke kampung halaman; mudik. Contohnya adalah dia pulang kampung setelah tidak lagi bekerja di kota

Ternyata pengertian ‘mudik’ dan ‘pulang kampung’ hampir sama. Ada contoh yang disertakan dalam KBBI, yakni mudik disertai contoh konteks Lebaran, sedangkan pulang kampung disertakan konteks kondisi pekerjaan di kota.

C. Menurut Para Ahli Bahasa: Hilmi Akmal

Menurut Pakar bahasa dari UIN Syarif Hidayatullah, yang merupakan magister Linguistik mengatakan bahwa presiden Jokowi mengacaukan arti mudik dan pulang kampung. Menurut Hilmi Akmal bahwa yang dimaksud dengan arti mudik dan pulang kampung sebenarnya sama. Tidak ada perbedaan antara mudik dan pulang kampung. Bahkan Hilmi Akmal kalau kegiatan kembali ke kampung halaman baik pada saat Lebaran atau bukan adalah mudik alias pulang kampung.

D. Menurut Para Ahli Bahasa: Sriyanto

Sedangkan pendapat dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kembidkbud dalam hal ini Sriyanto mengatakan bahwa ‘mudik’ tidak terkait pada Lebaran saja, membantah dari pendapat Jokowi. Sedangkan Pulang kampung menurut Sriyanto bisa kapan saja baik itu dalam konteks lebaran atau apapun itu karena pulang kampung pemakainnya lebih umum.

Arti Mudik dan Pulang Kampung Yang Sebenarnya

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa arti mudik dan pulang kampung atau adakah perbedaan antara mudik dan pulang kampung atau sama saja yakni:

Menurut hemat penulis, mudik dan pulang kampung saja sama. Bahkan membenturkan antara mudik dan pulang kampung adalah hal yang keliru. Sebab pulang kampung ini adalah bahasa umum. Sehingga apapun istilah atau bahasa seperti kata mudik dll yang mengatakan dari kota kemudian pulang ke kampung mau itu idul fitri atau hari raya apapun atau tanpa hari raya apapun maka bisa dikatakan itu adalah Pulang Kampung.

Sedangkan Mudik yang diartikan Mudik dilik atau pulang sebentar.  Berarti tetap pulang ke kampung. Namun karena situasi dan kondisi mudik dilekatkan pada Idul Fitri.

Menilai Pendapat Pak Jokowi Tentang Mudik dan Pulang Kampung

Sebenarnya, apa yang dikatakan oleh bak Jokowi membuat rancuh mengenai arti mudik dan arti pulang kampung. Seolah-olah mudik dan pulang kampung bisa dibenturkan atau bisa dibedakan. Padahal, sesuai penjelasan diatas tidaklah benar. 

Namun mungkin Pak Jokowi jika sekiranya pak Jokowi menilai mudik adalah pada saat lebaran saja, itu juga sudah tepat. Tidak perlu untuk menyelah dan membantah bahwa orang yang pulang ke kampung karena Covid-19 itu adalah pulang kampung. 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *