Perbedaan Buaya Dengan Aligator Adalah? Ini Jawabannya


Banyak yang beranggapan bahwa buaya dan juga aligator merupakan suatu hewan yang sama. Alasan itu karena dianggapnya bahwa buaya dan aligator mempunyai fisik yang kelihatan mirip. Hal itu terjadi arena baik buaya dan juga aligator merupakan satu kerabat dekat denna ordo Crocodilla.

Sepintas jika dilihat dengan mata telanjang, perbedaan antara buaya dan aligator tidak mempunyai perbedaan yang beget significant apa lagi keduanya mempunyai persamaan fisik contohnya kulit yang tebal dan moncong yang tajma dan juga mengerikan.

Akan terapi lika diperhatikan lebih seksama, maka yang kita lihat bahwa baik itu buaya dan juga aligator mempunyai perbedaan yang sancta mencolok. Jika demikian, lantas seperti apasih perbedaan antara buaya dengan aligator ?..

Perbedaan Buaya Dengan Aligator Adalah? 

Adapun perbedaan buaya dengan aligator dapat diketahui dengan moncong dan giginya yang tajam, ukuran dan warnanya yang berbeda, dimanakah habitatnya, manakah yang lebih cepat, dan yang terakhir siapakah yang lebih agresif. Adapun penjelasan dari kategori perbedaan buaya dengan aligator adalah:



  1. Moncong dan Giginya yang Tajam 

Dalam hal moncongnya, aligator mempunyai bentuk yang lebih tajam dan lebar seperti huruf U.  Sedangkan untuk buaya mempunyai moncong lebih runjing dengan bentuk seperti huruf V. Saat tertutup, buaya terlihat menyeringai dan kelihatan giginya sebab gigi keempat di bagian rahang bawah selalu menempel di bibir atasnya.



Sedangkan untuk moncong aligator sering tertutup, semua gigi di rahang bawahnya akan tersembunyi. Sebab rahang bagian atas aligator lebih besar dibandingkan dengan rahang pada bagian bawahnya, jadi pada saat moncongnya tertutup, gigi bawahnya tidak terlihat.



2. Ukuran dan Warnanya Yang Berbeda-Beda 

Ukuran tubuh buaya dewasa lebih besar sekitar hingga mencapai 19 kaki sedangkan untuk aligator dewasa cuma 14 kaki. Untuk warna baik aligator dan buaya juga mempunyai perbedaan. Untuk kulit buaya, warnanya biasanya kecoklatan muda atau seperti zaitun. Sedangkan untuk kulit aligator biasanya berwarna abu-abu kehitaman, bergantung dari pada habitatnya.

Tapi, untuk warna aligator bisa dipengaruhi dengan kualitas air tempat hidupnya. Apabila di perairan yang terdapat alga maka akan kehijauan. Sedangkan di tempat banyaknya asam tanat, maka akan berwarna lebih gelap.

3. Habitat Aligator dan Buaya Adalah? 

Dari segi habitat juga mempunyai perbedaan. Jika buaya lebih senang di air asin sebab lidahnya mempunyai fungsi untuk mengeluarkan kelebihan garam di lidah sehingga tahan berhari-hari di perairan asin.

Sedangkan aligator, mempunyai kelenjar khusus tapi tidak berfungsi baik. Itulah mengapa aligator lebih senang di air tawar. Walaupun terkadang ditemui aligator yang di campuran air tawar dan asin atau payau.

4. Manakah Yang Lebih Cepat?

Jika dibandingkan antara keduanya, maka aligator mempunyai kecepatan lebih dibandingkan dengan buaya. Aligator mampu mencapai sesuatu dengan kecepatan 18 kilometer per jam. Sedangkan buaya mencapai 14 kilometer per jam. Saat berenang, aligator juga lebih cepat dengan 32 kilometer per jam. Sedangkan buaya, kecepatan maksimumnya hanyalah 15 kilometer per jam.

5. Siapakah Yang Lebih Agresif

Aligator dan buaya sangatlah berbahaya. Tapi ternyata aligator lebih penakut dan berusaha melarikan diri apabila mendekati manusia. Mereka hanya akan menyerang jika didekati manusia dan anaknya diganggu. Tapi semakin lama jika diberi makan mereka akan berbahaya sebab menganggap manusia adalah makanannya juga.

Sedangkan buaya mempunyai sifat yang mudah marah sehingga suka menyerang manusia tanpa alasan. Buaya tidak memiliki sikap yang ramah kepada manusia, makanya kasus penyerangan manusia oleh buaya cukup sering terjadi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Perbedaan Buaya Dengan Aligator Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi singkat ini dapat membuka wawasan kita semua dan menambah pengetahuan kita bersama. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *