Perbedaan Antara Umbra & Penumbra, Ini Penjelasannya


Perbedaan Antara Umbra & Penumbra –  Gerhana ialah fenomena alam yang sungguh luar biasa. Peristiwa ini terjadi apabila bayangan yang dibentuk oleh bulan, bumi, dan matahari berada dalam garis lurus. Apabila demikian terjadi, maka Gerhana akan muncul.

Diketahui gerhana terbagi atas dua yakni ada yang dikenal dengan gerhana matahari dan ada pula yang dikenal dengan gerhana bulan. Pengertian gerhana sendiri secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yang artinya “ekleipsis“. Arti dari istilah ini adalah peninggalan atau pelalain.

Gerhana juga suatu kejadian astronomi yang dapat terjadi ketika ada satu objek astronomi bergerak kedalam baying-bayang objek astronomi yang lain.

Kemungkinan gerhana terjadi, yaitu pada bulan baru (new moon) dan bulan purnama (full moon). Pada bulan baru, bulan terletak diantara matahari dan bumi, sedangkan ketika terjadi pada saat bulan purnama, bumi terletak diantara bulan dan matahari.

Apabila terjadi gerhana, maka yang disebabkan oleh bayangan bumi dan bulan akan besar sekali. Kedua benda langit itu gelap. Maka dari itu, apabila kedua benda diterangi oleh matahari.

Maka yang terjadi adalah bayangan yang menjulur kedalam ruang angkasa jauh dari matahari. Bayangan yang terbentuk oleh bumi atau bulan mempunyai beberapa bagian.

Telah disebutkan diatas, bahwa gerhana terbagi atas 2 jenis yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan. Apasih yang dimaksud dengan kedua jenis gerhana ini? Arti dari gerhana matahari adalah gerhana yang terjadi saat bumi, bulan, dan matahari ketika berada pada garis lurus secara berurutan.

Pada prosesnya dimana bayangan bulan menutupi permukaan bumi pada siang hari. Sinar matahari terhalang oleh bulan sehingga pada siang hari, cahaya matahari tampak redup, bahkan bisa saja menjadi cukup gelap.

Sedangkan yang dimaksud dengan gerhana bulan adalah gerhana yang terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari berada pada garis lurus secara berurutan. Bayangan bumi mengenai bulan. Dengan kata lain, bayangan bulan di bumi pada malam hari dihalangi oleh bumi itu sendiri.

Dalam terjadinya gerhana terdapat 2 istilah yang memberikan pembeda atas bayangan saat gerhana. Istilah itu adalah umbra dan penumbra.

Pada peristiwa gerhana matahari total, suatu daerah di bumi dikenai bayangan umbra bulan. Pada peristiwa gerhana bulan total, bulan memasuki umbra bumi pada malam hari.

Perbedaan Antara Umbra & Penumbra, Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Perbedaan Antara Umbra & Penumbra, Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Perbedaan Umbra dan Penumbra Adalah?

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh penulis, maka adapun informasi yang dapat menjelaskan mengenai penumbra dan umbra untuk mengetahui perbedaan dari keduanya adalah:

Umbra Adalah:

  1. Umbra dalam bahasa latin ialah ayang yang artinya bayangan.
  2. Melalui istilah diatas, maka itulah mengapa umbra dikenal bayangan sempurna.
  3. Demikian ini karena umbra pada bayangan inti berada di tengah sehingga sangat gelap saat gerhana bulan.
  4. Karena bumi begitupula bulan lebih kecil dari matahari, umbra berbentuk kerucut.
  5. Umbra ini berkurang diameternya semakin bayangan ini menjulur lebih jauh kedalam ruang angkasa sampai akhirnya bayangan ini tiba pada suatu titik.
  6. Apabila ada umbra sebuah benda (seperti umbra Bulan), maka sumber cahaya (dalam hal ini Matahari) akan tertutup keseluruhannya oleh benda itu.

Penumbra Adalah:

  1. Penumbra dalam bahasa latin berarti hampir suatu bayangan.
  2. Penumbra bayangan tidak sempurna.
  3. Penumbra bayangan kabur saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) bulan.
  4. Setiap objek dalam penumbra ini menerima cahaya dari suatu bagian sisi matahari.
  5. Jika garis-garis yang membatasi daerah kerucut bayangan sempurna diperpanjang kea rah luar, akan terbentuk suatu kerucut terbalik. Kerucut terbalik ini disebut umbra negative.
  6. Ketika ada dalam penumbra, sebagian sumber cahaya masih akan terlihat.

Demikianlah penjelasan mengenai topik yang berjudul Perbedaan Umbra dan Penumbra. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *