Perbedaan Antara Jaringan, Organ & Sistem Organ? Ini Penjelasannya


Perbedaan Antara Jaringan, Organ & Sistem Organ –¬†Manusia adalah makhluk hidup yang begitu kompleks didalamnya terdapat berbagai struktur yang saling bekerjasama membuat manusia bisa tetap hidup. Itulah mengapa dikatakan bahwa dalam tubuh manusia terdapat sistem yang terorganisir dan mempunyai sistem pengaturan tersendiri. Tujuannya adalah untuk membuat kondisi tubuh menjadi stabil.

Apabila terdapat suatu gangguan, maka tubuh juga akan merespon dan berusaha sebisa mungkin untuk kembali ke keadaan normal. Hal itu mempunyai mekanisme umpan balik yang dapat berbalik negatif atau positif. Seperti itulah mekanisme yang terjadi sehingga penting bagi setiap orang agar terus menjaga struktur tubuhnya tetap pada kondisi normal dan mendapat umpan balik yang positif.

Lihat saja beberapa orang yang mempunyai tubuh yang sakit-sakitan, karena pada masa mudanya melakukan kebiasaan yang tidak baik atau sehat. Sehingga bisa menciderai struktur tubuh yang dimilikinya. Banyak orang yang mengalami kerusakan pada ginjal, lambung, paru-paru dan hati hingga mengakibatkan penyakit yang terkadang mengalami komplikasi. Hal itu tentu akan berakibat fatal bagi aktivitas dalam bersosial karena setiap waktunya hanya dipergunakan untuk beristirahat. Maka dari itulah, penting bagi setiap orang untuk menjaga tubuhnya yang mana diketahui bahwa tubuh manusia tersusun atas sel, jaringan, organ dan sistem organ hingga organisme.

Kelima bagian yakni sel, jaringan, organ dan sistem organ adalah hal yang penting dan saing terikat satu sama lain. Maksudnya, fungsi-fungsinya yang mereka miliki memang berbeda-beda tetapi fungsi itu mempunyai kerja sama yang saling bahu-membahu untuk membentuk organisme. Misalnya saja sel, yang dimaksud dengan sel adalah bagian terkecil dari tubuh yang merupakan unit biologis hidup membentuk zat-zat. Ada banyak sel yang membangun tubuh manusia seperti sel otot, sel saraf, dan sel epitel.



Selain itu semua sistem organ yang dimiliki berasal dari sel karena sebagai unit terkecil, setelah sel selanjutnya adalah jaringan, organ dan sistem organ. Pada kali ini, penulis akan membahas mengenai perbedaan jaringan, organ dan sistem organ. Pada dasarnya membedakan hal ini tidaklah sulit. Olehnya itu, adapun perbedaan jaringan, organ dan sistem organ adalah:



Perbedaan Jaringan, Organ dan Sistem Organ Adalah

Adapun perbedaan dari jaringan, organ dan sistem organ ialah:



1. Jaringan Adalah?

Yang dimaksud dengan Jaringan adalah kumpulan sel yang sama baik bentuk dan fungsinya yang membentuk suatu jaringan. Pada tubuh manusia dan hewan terdapat empat macam jaringan yaitu jaringan otot, jaringan penyokong, jaringan saraf, jaringan lemak dan jaringan epitel.

2. Organ Adalah?

Yang dimaksud dengan Organ adalah kumpulan jaringan yang melaksanakan fungsi tertentu dan saling bekerja sama. Perlu diketahui bersama bahwa memahami organ adalah semakin tinggi tingkatan dari suatu makhluk hidup, maka semakin sempurna dan kompleks pula organ yang ada seperti manusia dan hewan. Sedangkan untuk hewan biasanya terdiri atas 3 organ yaitu akar, batang dan daun.

3. Sistem Organ Adalah?

Sedangkan yang terakhir adalah sistem organ. Yang dimaksud dengan sistem organ adalah sekelompok organ tubuh yang bekerja bersama dengan melakukan fungsi tertentu. Hal itu karena sistem organ ini tidak bisa bekerja sendiri dan saling bergantung melalui pengaruh yang dimilikinya. Contohnya sistem pencernaan, yang diketahui bersama disusun dari berbagai organ seperti mulut, lidah, kerongkongan, lambung, usus dan anus.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari ketiga struktur tubuh manusia adalah pada cakupan kerja dan fungsinya yang dimilikinya. Sedangkan persamaannya adalah ketiga hal ini diawali dari sel dan saling membutuhkan serta hubungannya adalah saling melengkapi satu sama lain agar dapat tercipta bagian yang lain.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Perbedaan Antara Jaringan, Organ & Sistem Organ? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *