Perbedaan Antara Fabel & Cerpen Terletak Pada? Ini Artinya


Perbedaan Fabel dan Cerpen – Sastra adalah kata yang berasal dari istilah Sansekerta yang terdiri dari akar kata sas artinya mengajar, memberi petunjuk, dan instruksi. Sedangkan untuk akhirannya yakni Tra artinya alat, sarana. Maka secara etimologi, yang dimaksud dengan pengertian sastra adalah kumpulan alat untuk mengajar, buku petunjuk atau buku pengajaran yang baik.

Sedangkan untuk arti sastra secara terminologi, belum terdapat definisi yang baku ditemukan. Hal itu karena istilah ini mempunyai sebutan yang berbeda-beda di setiap negara. Bahkan dalam cakupan untuk membahas ilmu sastra tidak bisa dipisahkan dengan banyaknya karya-karya sastra didunia ini. Dalam kehidupan ini terdapat berbagai macam contoh karya sastra yaitu: Dongeng, legenda, fabel, puisi, drama, cerita pendek, dan novel.

Pada pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai kedua hal contoh karya sastra yaitu Fabel dan Cerpen. Maka dari itu apasih yang dimaksud dengan Fabel dan Cerpen serta perbedaan mendasar fabel dan cerpen terletak pada hal apa saja? Adapun jawaban dari pertanyaan demikian dimana penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

1. Pengertian Fabel Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Fabel adalah cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku layaknya manusia. Fabel adalah karya sastra yang termasuk dalam jenis cerita fiksi. Sehingga bisa dikatakan bahwa Fabel bukanlah cerita tentang kehidupan nyata. Dalam karya sastra ini, didalamnya terkadang terkandung cerita yang berisi pesan moral. Dalam cerita fabel, terkadang karakter-karakter yang dimiliki oleh manusia diceritakan dalam bentuk hewan.



Walaupun demikian, perlu ditekankan bahwa Fabel adalah cerita khayalan dan bukan kisah nyata. Hal itu sebagaimana dari definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahwa Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Cerita jenis ini bersifat khayalan dan tidak mungkin kisah nyata.



Baca Juga: 

Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen 



Dengan kata lain bahwa Fabel adalah menceritakan kehidupan hewan yang menyerupai perilaku manusia. Cerita fabel bersifat khayalan. Teks fabel mempunyai bagian-bagian atau struktur alur dalam penyusunannya yang terdiri dari orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

2. Pengertian Cerpen Adalah

Sedangkan yang dimaksud dengan Pengertian Cerpen adalah suatu bentuk bentuk prosa naratif fiktif. Kepanjangan atau singkatan Cerpen berasal dari Cerita Pendek yang artinya karya sastra ini cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan dengan karya sastra seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel.

Perlu diketahui bersama bahwa Cerita Pendek atau cerpen tidaklah ditentukan dari sedikit banyaknya halaman untuk bisa mewujudkan cerita itu, ataukah dari sedikit tokoh yang ada dalam cerita itu. Melainkan yang dimaksud Cerpen pada dasarnya adalah terletak pada ruang lingkup permasalahan yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam bentuk karya sastra itu.

Maka dari itu, Cerita yang pendek belum bisa disebut atau digolongkan sebagai salah satu contoh cerpen. Kecuali jika ruang lingkup dan permasalahan yang terdapat dalam cerita itu memenuhi persyaratan sebagaimana aturan dan syarat membuat Cerpen.

Baca Juga: 

Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen

Untuk lebih memahami Cerpen bisa dengan menyimak definisi ini bahwa Cerpen adalah wadah yang dipakai oleh pengarang untuk menyuguhkan sebagian kecil kehidupan tokoh yang menarik perhatian pengarang. Jadi cerita senantiasa memusatkan perhatiannya pada tokoh utama dan permasalahannya yang paling menonjol dan menjadi tokoh cerita pengarang, serta punya efek tunggal, karakter, alur, dan latar yang terbatas.

3. Perbedaan Mendasar Antara Fabel Dengan Cerpen Terletak Pada?

Berbicara soal perbedaan mendasar antara Fabel dengan cerpen terletak pada tokoh yang berada di dalamnya. Sebab Fabel tersebut bercerita soal hewan-hewan yang dapat berpikir dan bertindak layaknya manusia.

Sedangkan cerpen adalah cerita pendek yang didalamnya menceritakan tentang kehidupan manusia. Sehingga apabila terdapat contoh soal yang menuliskan “apa perbedaan mendasar antara fabel dengan cerpen terletak pada:

  1. Alur
  2. Tema
  3. Tokoh
  4. Latar

Jawaban: Tokoh

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Perbedaan Antara Fabel & Cerpen Terletak Pada? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *