Peranan Virus Yang Menguntungkan Pada Manusia


Istilah virus merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang artinya racun. Dalam sejarahnya, Virus pertama kali ditemukan oleh Adolf Mayer yang merupakan seorang ahli yang berasal dari ilmuwan Jerman.

Temuan terjadi pada tahun 1883 saat meneliti mengenai penyebab penyakit mosaik pada tanaman tembakau yang menghambat pertumbuhan tanaman. Hingga penelitian mengenai virus terus berlanjut, dari Adolf Mayer ke Dmitri Ivanovsky, Martinus Beijerinck, Wendell Stanley dan seterusnya.

Saat ini Virus semakin kompleks, tetapi tetap saja terdapat ciri utama yang melekat pada virus yang bisa dibagi dalam 3 kategori yaitu ukuran tubuh virus, bentuk virus, dan struktur tubuh virus.

Membahas mengenai ukuran tubuh virus terbagi beberapa cara dalam mengetahuinya, bisa dengan observasi langsung melalui mikroskop elektron, melalui filtrasi selaput kolodion, melalui sedimentasi dalam ultrasentrifugasi.

Ataukah mengetahui ukuran virus lewat pengukuran perbandingan yang bisa menjadi teknik acuan. Selain itu berbicara soal bentuk Virus bervariasi, dimana ada yang bentuknya batang, bulat, oval, filamen, persegi banyak dan mirip huruf T.

Untuk struktur tubuh virus ini mempunyai perbedaan dengna sel organisme hidup. Tubuh virus bukan merupakan suatu sel sebab tidak mempunyai ciri-ciri sel dan ukurannya yang begitu kecil. Virus mempunyai sifat benda mati karena bisa dikristalkan yang disebut virion. Adapun secara umum mengenai struktur tubuh virus terdiri atas 3 bagian yaitu kapsid, selubung ekor, serta asam nukelat.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa virus dikenal sebagai racun yang terbilang buruk dan berbahaya bagi manusia. Anggapan itu karena melihat korban yang terinfeksi virus dan akhirnya meninggal dunia.

Argumen itu tidak bisa disalahkan tetapi tidak dapat juga dibenarkan 100% sebab ternyata terdapat beberapa virus yang mempunyai peran dan fungsi yang menguntungkan bagi manusia. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahasnya dibawah ini:

Peranan Virus Yang Menguntungkan Pada Manusia

Sebagian besar virus merugikan karena cara hidupnya bersifat parasit intraseluler obligat pada sel hidup. Namun demikian, beberapa jenis virus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Beberapa manfaat virus bagi manusia adalah sebagai berikut.

1. Digunakan Dalam Teknologi Rekayasa Genetika

Digunakan dalam reknologi rekayasa genetika (manipulasi informasi genetik), misalnya untuk terapi gen. Terapi gen merupakan upaya perbaikan informasi genetik dengan memperbaiki susunan basa nitrogen pada untaian DNA di dalam gen.

Salah satu keberhasilan teknik ini adalah memperbaiki kelainan genetik ADD (adenosine deaminase deficiency) yang menyebabkan seseorang tidak memiliki daya tahan tubuh karena tidak terdapatnya enzim AD (adenosine deaminase). Dalam teknik terapi gen, Retrovirus digunakan sebagai vektor untuk memasukkan gen pengkode enzim AD ke dalam sel limfosit T yang abnormal.

2. Pembuatan Vaksin Protein

Selubung virus dapat digunakan sebagai protein khusus yang akan memacu terbentuknya respons kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit.

3. Untuk Pengobatan Secara Biologis

Dengan melemahkan atau membunuh bakteri, jamur, atau protozoa yang bersifat patogen. Misalnya bakteriofag, dapat digunakan untuk membunuh bakteri patogen.

4. Pemberantasan Serangga Hama

Beberapa virus hidup parasit pada serangga. Virus tersebut dibiakkan dan digunakan untuk menyemprot serangga atau tanaman, misalnya Baculovirus. Sejak tahun 1950, Baculovirus digunakan sebagai bioinsektisida yang tidak mencemari lingkungan.

5. Untuk Membuat Perangkat Elektronik

Tim ilmuwan dari John Innes Center (pusat riset mikrobiologi di Inggris) berhasil menginokulasi partikel virus, kemudian mencampurnya dengan senyawa besi (Fe) untruk membuat kapasitor (alat penyimpan energi listrik).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Peranan Virus Yang Menguntungkan Pada Manusia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *