Peran IPTEK dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi? Ini Jawabannya


Dewasa ini kehidupan manusia semakin dinamis dan maju. Kemajuan itu bisa dilihat dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang setiap tahun selalu terjadi perkembangan yang begitu pesat.

Sehingga setiap orang harus beradaptasi dan mengupgrade wawasannya agar sesuai dengan zaman dan tergilas oleh zaman saat ini. Pada dasarnya, IPTEK adalah sumber seseorang mampu untuk mengelola dan memakai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupannya.

Tujuanya tiada lain untuk mempermudah kehidupan manusia. Dengan IPTEK, kehidupan yang begitu berat dan bahkan membutuhkan kekuatan fisik yang begitu besar, itu kemudian dengan hadirnya IPTEK, maka segala sesuatu menjadi lebih mudah dan modern yang dibantu dengan temuan dan teknologi yang canggih.

Tidak heran jika Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini telah menyentuh berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya bahkan dalam aspek keagamaan.



Berbagai peran dan dampak yang diberikan dan dihasilkan dari adanya IPTEK ada yang bersifat positif dan negatif atau menguntungkan dan merugikan.



Apalagi saat ini, IPTEK telah melaju begitu pesat dengan mengarah kepada kehidupan yang serba digital. Peran-peran IPTEK pun semakin nampak, apalagi peran tersebut semakin terlihat ketika akses dalam hal ini adalah internet semakin banyak.



Sejalan dengan hal itu, Indonesia juga merasakan peran yang begitu signifikan dalam IPTEK sebab Indonesia masuk dalam 15 negara top pengguna internet terbanyak. Peran yang dijalankan IPTEK pun akan semakin besar dan dampak yang dihasilkan pun semakin banyak.

Menurut Real Colegio Complutense Universitas Harvard, IPTEK adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu daerah sebab dalam kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi dan konsumsi, IPTEK mempunyai peran didalamnya.

1. Produksi

Dahulu memproduksi sesuatu tidaklah bisa begitu banyak dan besar, namun dengan adanya peran IPTEK, maka manusia saat ini bisa memproduksi secara massal baik itu makanan, produk, fashion, dan bahkan berbagai teknologi canggih sekalipun yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tentu ini mengurangi biaya, tenaga dan juga waktu dalam menghasilkan sebuah barang yang berkualitas namun juga punya kuantitas.

2. Distribusi

Dalam penyaluran barang dahulu kala harus menunggu beberapa hari, minggu, bulan dan bahkan tahunan. Namun berkat adanya IPTEK, jarak tersebut semakin singkat dan membuat arus ekonomi semakin cepat dan tanpa hambatan.

Contohnya adalah membeli barang di market place atau online shop yang kemudian dikirimkan lewat transportasi yang sudah terkoneksi dengan market place tersebut. Sehingga tidak butuh waktu lama, pengiriman akan cepat dan perputaran uang semakin lancar.

3. Konsumsi

Dengan adanya peran IPTEK, maka konsumen semakin di mudahkan dalam mengkonsumsi sesuatu, yang dimana saat ini hanya bermodalkan ponsel pintar dalam satu tangan kita maka hal yang kita inginkan dapat mudah terpenuhi.

Peran IPTEK Dalam Kegiatan Ekonomi Adalah?

Berdasarkan dari seluruh penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adapun Peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi secara sederhana terdapat 6 point yaitu:

    1. Menunjang kegiatan produksi terutama kebutuhan akan mesin-mesin produksi, bahan baku untuk produksi, serta bahan penolong untuk produksi.
    2. Dapat memberikan kemudahan dalam distribusi barang.
    3. Dapat memperlancar distribusi barang serta mempercepat suatu barang produksi sampai ke tangan konsumen.
    4. Dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam pemenuhan kebutuhan.
    5. Dapat meningkatkan produktivitas dunia industri, baik dari segi teknologi, produksi, investasi maupun reinvestasi.
    6. Mendorong pelaku maupun pekerja ekonomi untuk menambah wawasan pengetahuan maupun skill yang dimiliki.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Peran IPTEK dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *