Peralatan Kantor Adalah: Pengertian, Jenis, & Fungsi Peralatan Kantor


Peralatan Kantor – Organisasi tidak bisa berfungsi baik ketika tidak ada manajemen kantor, yang berfungsi untuk menyediakan berbagai sarana dan prasarana termasuk peralatan kantor.

Karena dalam manajemen kantor terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk seluruh anggota termasuk berbagai hal-hal di dalam perkantoran seperti sarana dan prasarananya. Karena dengan sarana dan prasarana adalah alat dan penunjang untuk mencapai maksud dan tujuan kantor.

Salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan fasilitas kantor dengan berbagai macam atau jenis peralatan kantor yang efektif dan efisien serta modern.

Tujuannya satu yakni mencapai produktifitas pekerjaan kantor yang se-efesien mungkin secara tenaga, biaya maupun waktu.

Maka dari itu, dibutuhkan pemilihan peralatan kantor yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan pekerja atau karyawan di kantor tersebut. Sehingga tidak akan salah beli, dan bisa mengefesienkan anggaran yang terdapat dalam kantor.

Ada banyak jenis peralatan kantor atau contohnya yang biasa dipakai untuk saat ini, sebelum itu tahukah anda apasih yang dimaksud dengan peralatan kantor itu? adapun definisinya adalah:

Pengertian Peralatan Kantor Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Peralatan kantor adalah seluruh alat yang bisa dipakai dalam pekerjaan tata usaha.

Menurut para ahli, salah satunya dari The Liang Gie (2009: 222 ) yang menyampaikan bahwa “Peralatan kantor (office supplies) adalah benda-benda yang dipakai habis dalam pelaksanaanya sehari-hari oleh pegawai tata usaha.”

Sedangkan apabila merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) yang mendefinisikan bahwa “Peralatan kantor berarti sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan”.

Melihat dari definisi dan pengertian peralatan kantor diatas, maka fungsi dari peralatan kantor itu sendiri adalah syarat/upaya untuk mencapai sesuatu. Peralatan kantor terdiri atas mesin-mesin kantor (office supplies) dan alat-alat bukan mesin.

Macam-Macam Peralatan Kantor Adalah?

Dalam menyediakan peralatan barang kantor membutuhkan pikiran yang matang, sebab terdapat macam-macam barang yang perlu untuk diperhatikan penggunaannya. Sebagaimana diketahui bahwa terdapat 2 jenis barang yakni barang habis pakai dan barang yang tidak habis pakai.

Yang dimaksud dengan Barang yang habis pakai adalah barang kantoran yang sekali pakai dan tidak tahan lama contohnya tinta, karbon, klip/penjepit kertas, kertas, amplop, dsb.

Sedangkan yang dimaksud dengan barang yang tidak habis pakai adalah barang yang bisa dipakai berulang lagi dan punya daya tahan yang lama contohnya penggaris, hecter/stepler, gunting, dsb.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disebutkan bahwa peralatan yang biasa terdapat di kantor dan memang harus disediakan untuk menjamin kinerja perkantor adalah:

  1. Kertas
  2. Penjepit Kertas
  3. Pulpen, Pensil, Tipe-X dan Penghapus
  4. Printer dan Tinta Printer
  5. Memory-Card, Flashdisk dan Eksternal Harddisk
  6. Stopmap, Amplop dan Ordner
  7. Stempel
  8. Penggaris, Stapler, Gunting, Perforator
  9. Mesin penghancur kertas
  10. Filling Kabinet
  11. Map Arsip dan Guide
  12. Stapler (penyatu sejumlah kertas)
  13. Komputer dan laptob serta jaringan internet.

Untuk berbagai pilihan dari jenis-jenis peralatan kantor yang penulis paparkan diatas, apabila ingin membeli, penulis sarankan untuk mencari gambar-gambar atau foto dari barang-barang kantor diatas yang biasa dipakai.

Peralatan Kantor Adalah: Pengertian, Jenis, & Fungsi Peralatan Kantor
Peralatan Kantor Adalah: Pengertian, Jenis, & Fungsi Peralatan Kantor

Sebab tidak jarang, banyak yang terjadi dimana peralatan kantor tersebut sudah usang atau tidak modern, sehingga alangkah lebih baiknya untuk menyeleksi berbagai barang-barang kantor dengan melihat gambar dan fotonya dan memperhitungkan dari segi harga serta kegunaannya.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Peralatan Perkantoran, Fungsi dan Jenis-Jenis Peralatan Perkantoran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *