Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional? Ini 10 Penyebabnya


Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional – Bisa dikatakan bahwa Sengketa Internasional adalah bagian dari apa yang ada dalam hubungan internasional. Demikian ini, didasarkan pada pemikiran hubungan internasional yang diadakan antara negara, negara dengan individu atau negara dengan organisasi internasional.

Dalam hubungan internasional itu, sering terjadi konflik baik dari saat terjalinnya hubungan atau pada saat setelah terjalinnya hubungan yang konflik dari itu disbeut dengan sengketa internasional. Apabila berasal dari hubungan internasional, maka dalam sengketa Internasional bisa dalam beberapa bidang seperti politik, social, ekonomi.

Berdasarkan pendapat dari Oscar Schachter bahwa hubungan masyarakat internasional di bidang ekonomi adalah ” … Economic relation among states including, inter alia trade, finance, investment, concesion, and developmentagreement, transfer of technology, economic cooperationand economic aid.” Apabila demikian lantas apasih yang disebut dengan Sengketa Internasional itu?

Secara umum, pengertian sengketa internasional atau disebut International Disputes adalah perselisihan/pertentangan dalam hukum-hukum internasional berupa fakta yang mengenai objek atau kepentingan tertentu, hukum maupun politik yang dimana ada tuntutan adapun pernyataan salah satu pihak ditolak.



Perlu diketahui bersama bahwa sengketa Internasional pada umumnya dapat dibagi dalam 2 jenis yaitu sengketa hukum dan sengketa politik. Yang dimaksud dengan sengketa hukum adalah sengketa yang ada dalam suatu Negara yang mendasari sengketa ataupun tuntutan yang terdapat suatu perjanjian maupun yang diakui oleh hukum internasional. Sedangkan yang dimaksud dengan sengketa politik adalah sengketa suatu Negara berdasarkan tuntutannya, yang bukan atas pertimbangan yudisdiksi melainkan atas dasar politik maupun kepeningan lainnya.



Sebagaimana penjelasan diawal, sehingga Sengketa Internasional bisa saja terjadi antar negara, negara dengan individu, dan badan negara dengan bukan badan negara di pihak lain. Sengketa Internasional ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal, dari berbagai hal inilah yang terkandang menjadi penyebab terjadinya sengketa internasional.



Terkadang penyebab sengketa internasional adalah adanya kesengajaan pihak melanggar karna terdapat kepentingan yang harus dipenuhi. Selain itu terkadang penyebab sengketa Internasional karena kedua pihak negara saling berselisih pendirian yang masing-masing ingin menang sendiri atau terdapat hal yang tidak disetujui namun beberapa pihak ingin memasukkannya.

Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional? Ini 10 Penyebabnya (Foto: Artikelsiana.com)
Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional? Ini 10 Penyebabnya (Foto: Artikelsiana.com)

Penyebab Sengketa Internasional Adalah

Namun yang sering terjadi penyebab sengketa internasional adalah pelanggaran hukum perjanjian internasional. Secara terperinci tentang penyebab terjadinya sengketa internasional tersebut dapat dilihat dibawah ini:

  1. Penghina terhadap harga diri bangsa
  2. Perebutan sumber-sumber ekonomi dan pengaruh ekonomi
  3. Intervensi terhadap kedaulatan Negara lain
  4. Perbedaan penafsiran mengenai isi perjanjian Internasional.
  5. Terdapat perbedaan kepentingan
  6. Meningkatkan aksi terorisme lintas negara dan gerakan separatis yang dapat mengundang kesalahpahaman antar negara bertetangga.
  7. Perluasan pengaruh politik& ideologi terhadap negara lain
  8. Ketidakcocokan tentang garis perbatasan antar negara yang tak terselesaikan melalui mekanisme perundingan (bilateral dan multilateral).
  9. Peningkatan persenjataan dan eskalasi kekuatan militer baik dinegara kawasan dan diluar kawasan.
  10. Terdapat pihak yang tidak memenuhi kewajiban dalam perjanjian Internasional.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Penyebab Terjadinya Sengketa Internasional? Ini 10 Penyebabnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *