Apa Penyebab Runtuhnya Dinasti/Daulah Abbasiyah? Ini 7 Faktornya


Penyebab Kemunduran Dinasti Abbasiyah – Peradaban islam mengalami puncak kejayaan pada masa daulah Abbasiyah. Terlebih kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan. Namun dibalik kemajuannya, ternyata tidak membuat dinasti abbasiyah bertahan. Buktinya, ia mengalami kemunduran dan kejatuhan yang terekam dalam sejarah. Kejatuhan dan kemunduran dinasti Abbasiyah dijelaskan dan dituliskan dalam berbagai literatur Islam sebagai pembelajaran bagi seluruh pemangku kekuasaan.

Kekuasaan dinasti Bani Abbasiyah sebenarnya melanjutkan Dinasti Bani Umayyah. Terkadang disebut dengan Daulah karena pendiri dan penguasa ini keturunan Abbas, tiada lain adalah paman Nabi Muhammad SAW. Dinasti ini didirikan oleh Abdullah al-Saffah ibn Muhammad Ibn Ali Ibn Abdullah Ibn al-Abbas. Latar terbentuknya dinasti Abbasiyah ini diawali pada abad ketujuh terjadi pemberontakan diseluruh negeri.

Peperangan ini mempertemukan antara pasukan Abdul Abbas melawan pasukan Marwan Ibn Muhammad (Dinasti Bani Umayyah). Peperangan itu dimenangkan oleh pasukan Abdul Abbas. Jatuhnya negeri Syiria itu menjadi latar belakang lahirnya kekuasaan Abbasiyah. Dinasti ini mulai berkuasa tahun 132-656 H, bertepatan dengan tahun 750-1258 H. Awalnya, Kuffah adalah pusat ibu kota Istana Hasyimiah. Tapi karena kuffah basis Syiah dan pemberontakan suku Arab pendukung Bani Umayyah maka dipindahkan dan membangun kota Baqhdad sebagai pusat pemerintahan.

Selain itu, Dinasti Abbasiyah pernah menjadikan aliran Muktazilah sebagai aliran resmi negara. Aliran ini didukung oleh Khalifah al-Makmun anak dari Harun al-Rasyid. Hal inimenimbulkan pengkajian Alquran secara rasional, karena Muktazilah sendiri mengkaji Alquran sesuai dengan logika. Hal itulah mengapa dalam Dinasti atau Daulah Abbasiyah lahir berbagai ilmuwan karena dinasti ini mempunyai perkembangan intelektual, politik dan ekonomi yang penting bagi peradaban dunia. Pada masa inilah negara Islam menempatkan dirinya sebagai negara terkuat dan tak tertandingi.



Kemunduran Dinasti/Daulah Abbasiyah

Namun, masa keemasan Islam atau kemajuan Islam dalam Dinasti/Daulah Abbasiyah ini tidak bertahan lama. Berbagai faktor-faktor menjadi pemicu dan penyebab jatuhnya atau runtuhnya kerajaan Abbasiyah. Setelah tentara Mongol menghanguskan Baghdad dibawah pimpinan Hulagu Khan pada tahun 1258 M. Bahkan perpustakaan dihancurkan dam membakar semua buku. Belum pulih penuh dari Mongol, Dinasti Abbasiyah kembali diserang oleh pasukan Timur Lenk pada tahun 1400 M dan pada tahun 1508 M oleh tentara Kerajaan Safawi.



Mengkaji tentang faktor-faktor kemunduran dinasti Abbasiyah, banyak teori-teori para ahli sejarah yang mengungkapkannya Seperti dari pendapat William Montgomery Watt dan Badri Yatim. Dari teori William Montgomery Watt, menyatakan terdapat 3 faktor penyebab kemunduran atau runtuhnya Dinasti Abbasiyah yang pertama dari luas wilayah kekuasaan dinasti abbasiyah, kemerosotan ekonomi serta ketergantungan dengan tentara bayaran.



Sedangkan menurut Badri Yatin bahwa penyebab kemunduran atau runtuhnya Dinasti/Daulah Abbasiyah terdiri atas 2 faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal penyebab jatuhnya kerajaan abbasiyah adalah persaingan antar bangsa, kemunduran ekonomi bersamaan dengan bidang politik, serta yang ketiga adalah konfik keagamaan.

Sedangkan faktor-faktor eksternal membuat Dinasti Abbasiyah lemah dan hancur adalah terjadi perang saib yang menelan banyak korban dan konsentrasi yang terpusat dalam peperangan ini. Serta faktor kedua adalah serangan tentara Mongol ke wilayah kekuasaan Islam menyebabkan kekuatan Islam menjadi lemah.

Dari kedua pendapat para ahli diatas tentang penyebab kemunduran atau hancurnya dinasti/daulah abbasiyah ini bisa disimpulkan dengan seksama bahwa terdapat 5 penyebab jatuhnya kekuasaan Daulah Abbasiyah. Selain dari pada itu, terdapat beberapa point penting yang bisa menjadi rujukan kuat bahwa inilah penyebab kemunduran dinasti atau daulah abbasiyah. Adapun point-point penting tentang faktor-faktor penyebab kemunduran dan jatuhnya kerajaan daulah abbasiyah adalah:

Faktor-Faktor Penyebab Kemunduran Dinasti Abbasiyah

    1. Wilayah kekuasaan dinasti abbasiyah yang begitu luas
    2. Akibat serangan mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan pada tahun 1258 M menghancurkan Bagdad
    3. Serangan dari Pasukan timur lenk pada tahun 1400 M dan serangan tentara kerajaan Safawi tahun 1508 M.
    4. Perang salib yang berkepanjangan selama kurang lebih 200 tahun (1096-1287M) membuat situasi internal terpecah belah dan konsentrasi terpusat dalam peperangan itu, sehingga kelemahan bermunculan.
    5. Perilaku pejabat yang memperkaya diri, berkhianat dan mudahnya percaya terhadap informasi palsu seperti yang dilakukan wazir al-Alqami.
    6. Ketergantungan dengan tentara bayaran.
    7. Berdirinya kerajaan Turki Usmani tahun 1292 M untuk menyelamatkan wilayah Abbasiyah. Namun muncul perang dengan wilayah Abbasiyah yang dekat dengan Turki Usmani.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Penyebab Runtuhnya Dinasti/Daulah Abbasiyah? Ini 7 Faktornya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *