Penyebab Kegagalan Pasar? Ini Berbagai Macam Faktornya


Umumnya, pemerintah mempunyai keberadaan yang berpengaruh terhadap berbagai aspek, mau itu sosial budaya dan bahkan apalagi hal perekonomian. Memang terdapat beberapa teori bahwa tidak perlu campur tangan dari pemerintah dan biarkan hal itu berjalan dengan sendirinya.

Tetapi itu bisa dijalankan apabila semua yang bergerak dalam bidang tersebut mempunyai kesamaan latar belakang, dan tingkat ekonomi yang sama. Jika tidak diintervensi oleh pemerintah, maka yang kaya akan lebih mampu untuk terlibat dan bisa saja memonopoli perekonomian yang ada.

Sehingga pemerintah harus hadir menjadi penengah untuk mendorong persaingan ekonomi atau usaha yang sehat agar kelompok ekonomi yang lemah ini dapat selamat dan tetap dapat bergerak.

Olehnya itu, pemerintah bisa mengatur dan memperbaiki jalannya akvitias ekonomi termasuk aktivitas pasar. Kehadiran pemerintah ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi berbagai problem yang terdapat dalam perekonomi, dalam pasar termasuk kegagalan pasar yang biasa terjadi.

Apasih itu kegagalan pasar? Yang dimaksud dengan kegagalan pasar adalah ketidakmampuan pasar dalam bekerja secara efisien untuk pertumbuhan ekonomi karena tidakdapat memberikan jumlah keuntungan optimal.

Kegagalan pasar bisa saja terjadi apabila dalam sistem harga gagal untuk menghitung keseluruhan biaya dan apa yang akan diterima di dalam pasar dalam hal ini adalah manfaatnya. Selain itu, penyebab terjadinya kegagalan pasar karena tidak tercapainya Pareto Optimal. Apasih yang dimaksud dengan Pareto Optimal itu?.

Istilah dimaksudkan bahwa konsumen tidak bisa lagi menyamakan tarif marginal subtitusi dan produsen yang menawarkan barang untuk kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi dari biaya marjinal produksi.

Dari hal inilah maka dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah dengan pasar untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan pasar. Walaupun sebagaimana kita ketahui bahwa sistem pasar memberikan intensif untuk menyesuaikan biaya dengan manfaat serta efisensi, tetapi kenyataannya terkadang tidak demikian sehingga sangat merugikan baik dari sisi pengusaha dan juga bagi konsumen.

Untuk mengetahui lebih jauh mengapa bisa terjadi kegagalan pasar? Pada kali ini penulis akan menjelaskan penyebab kegagalan pasar dibawah ini:

Faktor Penyebab Kegagalan Pasar Adalah?

Berdasarkan dari pendapat para ahli yakni Amiruddin Idris dalam bukunya Ekonomi Publik (2018), yang menyebutkan bahwa terdapat 4 faktor yang menjadi penyebab kegagalan pasar yaitu adanya barang publik, monopoli alamiah, kegagalan informasi dan eksternalitas. Adapun penjelasan dari keempat faktor penyebab kegagalan pasar tersebut adalah:

1. Adanya Barang Publik

Barang publik memberi manfaat bersama bagi masyarakat tapi bagi perusahaan swasta juga tidak mendapatkan keuntungan apabila memproduksi barang tersebut karena beberapa orang ada yang tidak membayar tapi mendapatkan manfaatnya. Contohnya penerangan jalan, taman umum, sistem saluran pembuangan dll.

2. Monopoli Alamiah

Terdapat produsen yang memonopoli satu jenis barang sehingga lebih mampu dalam menepatkan harga yang lebih tinggi sebab kurangnya persaingan harga. Dari ini pemerintah harus menyeimbangkan pasar dengan turut campur dan menjaga harga tetap stabil dan sesuai.

3. Adanya Kegagalan Informasi

Terdapat kegagalan informasi yang membuat dalam menyimbangkan permintaan dan penawaran tidak dapat terjadi. Sehingga informasi produk tersebut tidak dapat dijangkau oleh masyarakat membuat keuntungan tidak dapat diraih dengan maksimal. Bagi konsumen, akan membayar lebih mahal dan bagi produsen akan merusak harga pasar.

4. Eksternalitas

Eksternalitas adalah biaya atau manfaat yang ditimpakan maupun diberikan pada suatu individual atau kelompok yang berada di luar suatu transaksi. Jika biaya atau manfaat sosial seperti itu diabaikan, keputusan rumah tangga maupun perusahaan cenderung keliru atau inefisien.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Penyebab Kegagalan Pasar? Ini Berbagai Macam Faktornya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *