Penghubung Antar Tulang Disebut Sendi? Ini Pengertian dan Jenisnya


Pengertian Sendi Adalah – Apasih itu Sendi? Pengertian sendi adalah penghubung antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Selain itu, sendi juga sering didefinisikan sebagai perantara antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya sehingga tulang itu bisa menyatu. Hubungan antar tulang dibiasa disebut dengan artikulasi.

Untuk bisa terjadinya artikulasi maka kehadiran sendi sangatlah penting. Sendi diapit oleh tulang rawan yang merupakan bantalan untuk sendi. Selain itu, sendi diikat oleh ligamen yang merupakan bahan yang kuat dan lentur. Dengan hadirnya penghubung antartulang ini sehingga memungkinkan setiap orang untuk dapat menekuk lutut dan siku, membungkuk, menengok, berjalan, melambaikan tangan ataupun menulis.

Tentunya, berbagai gerakan tersebut sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat peran sendi yang disebut sebagai penghubung antar tulang, maka diperlukan upaya dan usaha untuk menjaga kesehatan sendi agar penghubung antar tulang ini masih bisa berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan sendi apalagi bagi penderita arthritis.

Hal-hal yang bisa kita lakukan adalah menjaga berat badan, hindari duduk terlalu lama, perhatikan postur tubuh, konsumsi makanan bergizi, tidak merokok, olahraga secara teratur, saat olahraga yang paling penting tidak berlebihan serta lakukan pemasan saat mulai dan pendinginan saat selesai.



Apa Yang Dimaksud Dengan Sendi

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian sendi adalah penghubung antar tulang agar tulang yang satu dengan yang lainnya sehingga tulang dapat bergerak.



Macam-macam sendi dikelompokkan dalam 4 macam yakni macam-macam sendi berdasarkan arah gerakannya, berdasarkan struktur, berdasarkan fungsi, berdasarkan anatomi lokasinya.



Penghubung Antar Tulang Disebut Sendi? Ini Pengertian dan Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)
Penghubung Antar Tulang Disebut Sendi? Ini Pengertian dan Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)

Dari berbagai pengelompakan sendi itu, yang paling diketahui banyak orang adalah sendi berdasarkan arah gerakannya. Adapun jenis-jenis penghubung antar tulang ini adalah:

1. Sendi Engsel

Yang dimaksud dengan Sendi Engsel adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan satu arah maju atau mundur. Contoh sendi engsel adalah persendian pada siku, lutut, dan persendian antara ruas jari tangan.

2. Sendi Peluru

Yang dimaksud dengan sendi Peluru adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.

3. Sendi Putar

Yang dimaksud dengan sendi Putar adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang lainnya sebagai poros. Contoh sendi putar adalah persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpul.

4. Sendi Geser

Yang dimaksud dengan Sendi Geser adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antartulang karpal.

5. Sendi Pelana

Yang dimaksud dengan Sendi Pelana adalah antartulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti gerakan orang naik kuda. Contoh sendi pelana adalah persendian tulang tumit dan tulang kering.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Penghubung Antar Tulang Disebut Sendi? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *