Jelaskan Pengertian Zina Menurut Etimologi & Terminologi? Ini Artinya


Pengertian Zina Adalah – Sebenarnya setiap aturan yang dibuat oleh manusia bukan untuk dilanggar, melainkan untuk kebaikan manusia itu sendiri. Begitupula ketika aturan yang dibuat oleh Allah SWT sang pencipta alam semesta termasuk beserta isinya termasuk kita, manusia.

Terkadang beberapa aturan tersebut melarang beberapa hal termasuk berhubungan dengan lawan jenis. Hal ini sangatlah sarat akan menahan hawa nafsu yang merupakan sifat alamiah dari manusia.

Namun hal itu tidak boleh disalurkan apabila tidak melalui mekanisme yang telah ditetapkan baik itu negara dan agama. Dalam islam, berhubungan dengan lawan jenis sangat dilarang, sebab dikatakan bukan mahromnya.

Itu dilakukan agar tidak menimbulkan fitnah kepada Allah. Apabila dilanggar perintah tersebut, maka hal itu akan disebut dengna peraktek zina.



Diketahui bahwa praktek zina adalah seburuk-buruk jalan; karena merupakan jalan kebinasaan, kehancuran dan kehinaan di dunia, siksaan dan azab di akhirat nanti.



Apabila berzina maka akan ditempatkan di neraka. Dengan kata lain, sebagai umat muslim zina adalah perbuatan yang tidak terpuji dan harus dihindari. Menghindari zina memang adalah sesuatu yang melatih keimanan setiap manusia,



Sebab terdapat zina mata, mulut, pikiran dan hati. Zina mata adalah memandang atau melihat sesuatu yang tidak terpuji, begitupula mulut yang mengucapkan sesuatu yang tidak pantas, begitupula pikiran yang berimaji karena apa yang dilihat dari matanya yang pada suatu waktu berpikir tentang hal yang tidak senonoh.

Sedangkan untuk zina hati adalah keinginan untuk menyukai atau mencintai seseorang yang lawan jenisnya. Dari jenis zina tersebut secara keseluruhan memberikan dampak bagi umat islam dan pada umumnya manusia sebab dilaknat oleh Allah SWT, terputusnya rizki, berkurangnya umur dan dicabut keimanan dari hati, menghilangkan rasa malu dan harga diri.

Jelaskan Pengertian Zina Menurut Etimologi & Terminologi? Ini Artinya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Zina Menurut Etimologi & Terminologi? Ini Artinya (Foto: Artikelsiana.com)

Perbuatan zina sangat dicap oleh Allah SWT. Demikian ini sebagaimana dalam firmanya yang artinya “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk,” (QS al-Isra’ [17]: 32).

Ancaman hukumannya pun tidak ringan, baik di dunia maupun di akhirat kelak sebab dalam firman Allah SWT yang artinya “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk menjalankan agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dari hari akhirat, dan hendaklah pelaksanaan hukuman itu disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman,” (QS al-Nûr [24]: 2).

Salah satu cara dalam menghindari zina adalah dengan meningkatkan adalah dengan meningkatkan keimanan. Demikian ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, seperti yang diriwayatkan ‘Abdullah ibn ‘Abbâs, “Wahai para pemuda Quraisy, janganlah kalian berzina. Ingatlah, siapa saja yang menjaga kemaluannya, ia berhak mendapat surga,” (HR al-Hakim).

Namun dalam era sekarang, perlu penanganan yang kuat dalam mencegah zina dan selain itu tentang batasan jelas seperti apakah itu zina sebenarnya yang bisa saja membuat interaksi seseorang bisa terputus.

Berdasarkan akan hal itu, dibawah ini akan dipaparkan mengenai pengertian zina secara etimologi dan terminologi. Adapun pengertiannya adalah?

Pengertian Zina Secara Etimologi Adalah

Secara etimologis zina berasal dari bahasa Arab, artinya persetubuhan di luar pernikahan. Dalam bahasa Inggris disebut fotnication dan adultery.

Arti fotnication adalah persetubuhan diantara orang dewasa yang belum kawin. Sedangkan adultery adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki dengan perempuan yang bukan istrinya dan salah satu atau keduanya sudah terikat dalam perkawinan dengan suami/ istri lain.

Untuk fotnication dalam bahasa Arab digunakan untuk istilah zina ghoiru muhson, sementara untuk adultery dalam bahasa Arab digunakan istilah zina muhshon.

Jelaskan Pengertian Zina Menurut Etimologi & Terminologi? Ini Artinya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Zina Menurut Etimologi

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Pengertian Zina menurut etimologi adalah perbuatan bersetubuh yang tidak sah.

Pengertian Zina Secara Terminologi Adalah

Sedangkan menurut terminologi, pengertian zina adalah sebagai perbuatan seorang laki-laki yang melakukan hubungan seksual dengan seorang perempuan yang menurut naluriah kemanusian perbuatan itu dianggap wajar, namun diharamkan oleh syara.

Pengertian Zina Menurut Teriminologi (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Zina Menurut Teriminologi (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Zina Secara Umum Adalah

Secara umum menurut agama Islam zina adalah melakukan hubungan seksual diluar ikatan perkawinan yang sah, baik dilakukan dengan suka atau paksaan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Zina Menurut Etimologi & Terminologi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *