Jelaskan Pengertian VoIP (Voice Over IP)? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian VoIP Adalah –¬†Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi beserta peralatannya. Sebab tidak hanya sistem komputer yang saling terhubung saja, tetapi peralatan seperti telepon biasa bisa terhubung ke jaringan VoIP.

Selain itu, jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP membuat bisa terhubung dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasinya tidak hanya suara saja, juga bisa dengan chating dan video conference. Karena hal ini membuat VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

Mulai dari organisasi, institusi, dan perusahaan menggunakan VoIP sebagai komunikasi internal tanpa terbebani oleh tanggungan biaya kepada operator telekomunikasi. VOIP adalah singkatan yang kepanjangan dari istilah ini adalah Voice Over Internet Protocol.

Arti dari VoIP adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video, dan data berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VOIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal berupa PC atau telepon.



Dengan teknologi ini, maka setiap orang bisa berkomunikasi dengan jarak jauh secara langsung yang hanya dengan menggunakan media internet.



Sebab perlu diketahui bersama bahwa VoIP ini bekerja lewat koneksi internet seperti data yang dimana suaranya bisa diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.



Dengan menggunakan VoIP ada banyak keuntungan dan manfaat yang berguna bagi sistem telepon VoIP karena dengan menggunakan VoIP itu mudah diinstal, dan dikonfigurasi bahkan untuk orang biasa, bisa memakai menjalankan VoIP.

Selain itu, VoIP juga berguna membuat rendahnya biaya dalam panggilan sehingga dapat menghemat, apalagi untuk skala perusahaan sangatlah cocok menggunakan VoIP sebab untuk pribadi sendiri bisa menghemat 80-90%.

Tidak hanya itu saja dengan memakai VoIP memiliki kelebihan yang sangat baik karena suara bisa terdengar jerni dan tinggi serta halus dan benar-benar terdengar dan mudah mengelola layanan internet VoIP karena semua catatan panggilan dikelola di komputer.

Jelaskan Pengertian VoIP (Voice Over IP)? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian VoIP (Voice Over IP)? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

VoIP juga mempunyai beragam fasilitas seperti fasilitas speed dial yang memudahkan memanggil di telepon tanpa berlama-lama lagi menekan angka dan Fasilitas Limit Duration yang bermanfaat untuk membatasi lamanya pembicaraan yang dimana bisa diatur sesuai kebutuhan.

Tidak hanya fasilitas itu saja, ada juga fasilitas limit destination yang bermanfaat membatasi nomor tujuan telepon, fasilitas time limit yang berguna membatasi waktu pemakaian telepon dan yang terakhir adalah fasilitas multi password yang bermanfaat untuk mengontrol penguna telepon berdasarkan Password masing-masing.

Berdasarkan penjelasan diatas secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian VoIP dan penjelasan singkatnya adalah?

Pengertian VoIP Adalah?

Jelaskan Pengertian VoIP (Voice Over IP)? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian VoIP (Voice Over IP)? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian VOIP (Voice Over Internet Protocol) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video, dan data berbentuk paket melalui jaringan IP dengan menghubungkan telepon melalui terminal berupa PC atau telepon.

Dengan bertelepon menggunakan Voip, banyak keuntungan yang dapat diambil. Diantaranya adalah dari segi biaya, jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%.

Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena Voip dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian VoIP (Voice Over IP)? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *