Pengertian Syariah Secara Etimologi & Terminologi Adalah?


┬áPengertian Syariah Secara Etimologi & Terminologi – Dalam Islam terdapat cara hidup yang dilakukan oleh para kalangan muslim sebagai manusia. Melalui tata cara hidup ini, maka manusia dapat hidup dan segala sesuatu yang dilakukan adalah ibadah kepada Allah SWT.

Sebab pencipta Allah SWT dalam menciptakan manusia juga memberikan pedoman bagi manusia. Salah satu turunan dalam tata cara hidup manusia adalah Syariah.

Syariah sangatlah penting sebagaimana yang dikatakan oleh Ibn Al-Qayyim sebagai hikmah kebijaksanaan dan kemasalahan manusia di dunia dan di akhirat. Syariah juga bisa diartikan juga sebagai keadilan, kemaslahatan dan kebijaksanaan.

Maka dari itu, segala sesuatu yang menyimpang dari keadilan bukanlah syariah. Sekalipun hal tersebut dipaksakan masuk ke dalamnya dengan takwil-takwil.

Peran pentingnya syariah bagi kehidupan manusia, membuat para kaum orientalis mengatakan kalau Anderson menggambarkan bahwa syariah menempati kedudukan yang tinggi dalam peradaban dan struktur dunia Islam dan mendapatkan prestise yang tidak bisa dibandingkan yang ada dalam sejarah.

Sedangkan apa yang dikatakan oleh Joseph Schacht bahwa syariat Islam adalah ikhtisar pemikiran Islam yang terdapat manifestasi paling tipikal dari cara hidup muslim, serta sebagai inti dan juga saripat Islam itu juga.

Perlu diketahui pula bahwa dalam syariah yang bisa dianggap tidak relevan lagi seperti sebatas rajam, cambuk, dan potong tangan, syariah tidak membahas demikian saja, ada banyak persoalan dan tata cara yang dibahas didalamnya.

Padahal syariah sebenarnya jauh dari apa yang menjadi pikiran setiap orang bahwa inilah arti dari syariah atau inikah yang dimaksud dari syariah itu sendiri. Bahkan bagi sebagian orang apabila ditanya tentang definisi syariah menurut etimologi dan terminologi atau secara bahasa dan istilah, bisa saja tidak mengetahui bagaimana pengertian syariah itu sendiri.

Walaupun persoalan definisi dan pengertian syariah adalah hal yang mendasar, namun pada tataran inilah untuk awal pertama kali bagi setiap orang dalam mempelajari syariah dimulai dari definisinya. Melalui hal itu, maka penulis menginformasikan kepada seluruh pembaca tentang pengertian syariah secara terminologi dan etimologi sebagaimana dibawah ini:

Apa Pengertian Syariah Secara Etimologi Adalah?

Secara etimologi atau istilah, pengertian syariah adalah sumber air yang dituju (didatangi) untuk minum. Untuk orang Arab, selanjutnya mengartikan Syariah sebagai “jalan yang lurus”. Padahal arti dari maknanya yang asli adalah “sumber air”. Namun berubah karena karena sumber air adalah sarana untuk hidup manusia, hewan dan tumbuhan dalam menempati dunia yang butuh air.

Penjelasan arti syariah ini secara etimologi yang maknanya seperti diatas, bisa diketahui dalam Q.s. al-Anbiya: 30 yang artinya “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Pengertian Syariah Secara Etimologi & Terminologi Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Syariah Secara Etimologi & Terminologi Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Pengertian Syariah Secara Terminologi Adalah?

Sedangkan pengertian syariah menurut terminologi atau secara bahasa, sebagaimana yang disampaikan oleh Manna Khalil Al-Qaththan adalah segala yang ditetapkan oleh Allah untuk para hamba-Nya, baik mengenai akidah, akhlak, muamalat, dan tatanan kehidupan lainnya, dengan segala cabang yang bermacam-macam, untuk merealisasikan kebahagian mereka baik itu di dunia atau di akhirat.

Sedangkan menurut apa yang disampaikan oleh Muhammad Ali al-Thahanawi, bahwa arti syariah adalah hukum-hukum yang ditetapkan oleh Allah untuk hamba-hambanya yang dibawah oleh Nabi-Nya, baik itu sebagai hukum furu (cabang) dan al-amaliyah (perbuatan) dan untuknya dihimpunlah “ilmu fiqh”, atau yang berhubungan cara menentukan kepercayaan (i’tiqad) atau hukum pokok dan kepercayaan, yang itulah dihimpunlah “ilmu kalam”. Itulah mengapa syariah (syara‘) disebut dengan al-Din dan al-Millah (agama).

Berdasarkan dari penjelasan tentang pengertian syariah secara terminologi, sebenarnya terbagi atas 2 pengertian yaitu pengertian syariah dalam arti luas dan pengertian syariah dalam arti sempit.

Maksud dari arti luas, syariah adalah keseluruhan norma agama Islam baik dari aspek dokrinal maupun praktis. Sedangkan arti sempit, definisi syariah adalah sesuatu yang merujuk pada aspek praktis dari ajaran Islam yang terdiri atas norma yang mengatur tingkah laku manusia. Contohnya ibadah, nikah, berkara di pengadilan, menyelenggarakan negara, dan berjual beli.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Syariah Secara Terminologi dan Etimologi Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *