Pengertian Sunnah Qauliyah Adalah? Ini Arti, Ciri & Contohnya


Pengertian Sunnah Qauliyah – Pada dasarnya, sunnah merupakan perilaku teladan dari seseorang tertentu. Namun dalam konteks Islam, maka hal itu merujuk pada model perilaku Rasul. Perlu diketahui bersama bahwa konsep Islam tentang sunnah bersumber saat diutusnya Nabi Muhammad SAW, sebagai rasul pada malam hari tanggal 17 Ramadhan/ 6 Agustus 611 M, diriwayatkan Malaikat Jibril datang dan membacakan surah pertama dari Quran yang disampaikan kepada Muhammad, yaitu surah Al-Alaq.

Penjelasan itu bisa ditemukan dalam Al-Qur’an, yang dimana kaum muslimin diperintahkan untuk mencontoh apa yang menjadi tingkah laku dan perbuatan Rasul yang disebut sebagai sesosok manusia yang teladan dan agung.

Itulah mengapa banyak yang mengatakan bahwa perilaku Rasul adalah perilaku “ideal” bagi kaum muslimin dan manusia pada umumnya di seluruh dunia ini. Kitab suci kita memberikan perintah kepada Muhammad SAW untuk menghentikan problematika yang sedang menghujani kaum muslimin.

Hal itu dilakukan oleh Rasul dengan menggunakan wahyu. Rasulullah adalah Al-Qur’an yang berjalan sebab hal itu dinyatakan sendiri dalam Al-Qur’an bahwa Rasulullah adalah penafsir ayat-ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an untuk disampaikan dan diamalkan oleh dirinya dan seluruh umatnya. Selain itu, Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa fungsi Rasul untuk memberikan didikan moral kepada mereka serta mengajarkan Kitab Suci dan kearifan.



Tapi perlu diketahui bersama bahwa bahwa Al-Qur’an tidak menjelaskan lebih terperinci tentang apa yang terkandung didalamnya namun hal itu dijelaskan oleh perkataan dan perbuatan Rasul SAW demikian itu disebut dengan Sunnah. Sunnah merupakan salah satu sumber ajaran yang mengatur banyak hal dan harus dipedomani dalam hidup selain dari pada Al-Qur’an.



Sunnah secara etimologis bermakna “jalan yang biasa dilalui atau suatu cara yang selalu dilakukan, tanpa mempermasalahkan apakah masalah tersebut baik atau buruk”, juga berarti “Perilaku atau cara berperilaku yang dilakukan seorang, baik cara yang terpuji maupun tercela”. Jadi ada sunnah yang baik dan ada pula sunnah yang buruk.



Kehujjahan sunnah dalam mengistimbatkan hukum terdiri atas 3 bagian yaitu Sunnah Qauliyah, Sunnah Fi’liyah dan Sunnah Tagririyah. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu sunnah dari 3 sunnah diatas, yaitu sunnah qauliyah. Apasih yang dimaksud dengan Sunnah Qauliyah itu?

Pengertian Sunnah Qauliyah Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Sunnah Qauliyah adalah perkataan yang pernah Nabi Saw. ucapkan dalam berbagai bidang, seperti bidang hukum, akhlak, ‘aqidah dan lainnya. Sunnah Qauliyah merupakan hadis Rasul yang beliau sampaikan dalam berbagai tujuan yang membuat berbagai maksud syariah baik yang berkaitan dengan Aqidah Akhlak maupun yang.

Contoh Sunnah Qauliyah 

Hukum yang terkandung dalam hadis Nabi tersebut, yaitu kewajiban niat dalam segala amal perbuatan, guna untuk mendapatkan pengakuan sah dari pada syara’. Adapun contoh sunnah Qauliyah yang mengandung hukum yang dalam sabda Rasulullah SAW adalah:

“Sesungguhnya segala amal perbuatan itu hanyalah menurut niatnya, dan sesungguhnya bagi seseorang itu hanyalah apa yang di niatkannya” (H.R. Muttafaqun ‘alaihi).

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa dalam sholat atau salat terdapat Sunnah Qauliyah yang juga banyak dari orang-orang untuk mencari tentang sunnah qauliyah dalam salat. Adapun beberapa contoh sunnah qauliyah dalam shalat adalah:

    1. Berta’udz sebelum membaca al fatiha, yang artinya “aku berlindung kepada allah dari godaan syetan yang terlaknat”.
    2. Mengucapkan basmalah, yang artinya “dengan menyebut nama allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”.

Ciri Sunnah Qauliyah

Sebenarnya ada atau masih banyak lagi sunnah-sunnah qauliyah dalam shalat, tidak hanya dua saja yang bisa ditemukan tapi ada 9. Untuk hal itu, akan dibahas pada pembahasan selanjutnya. Sedangkan apabila berbicara soal ciri-ciri sunnah qauliyah yang paling mendasar yang bisa kita ketahui adalah bahwa karakteristik utamanya adalah perkataan yang pernah Nabi SAW sampaikan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Sunnah Qauliyah Adalah? Ini Arti, Ciri & Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *