Pengertian Sentriol, Fungsi & Komponen Penyusun Sentriol


Pengertian Sentriol, Fungsi & Komponen Penyusun Sentriol – Sentriol merupakan organel pemberi arah ketika pembelahan sel.

Mempunyai struktur seperti lilinder yang memilliki lubang ditengah dan tersusun dari protein mikrotubulus. Hewan mempunyai organel yang khas pada selnya yang disebut dengan Sentriol.

Diketahui sentriol adalah sepasang struktur misalnya silinder yang mempunyai lubang yang terdapat di bagian tengah dan tersusun dari protein mikrotobulus.

Umumnya, anggota pasangan sentriol terletak di bagian sudut ke arah kanan satu sama lain. Struktur sentriol tersusun dari mikrtobulus yang membentuk struktur protein misalnya jala yang terlihat berlekatan dengan kromoson sampai pembelahan sel (mitosis dan meiosis).



Yang dimaksud dengan jala disini disebut juga dengan benang spindel. Untuk ciri dan strukturnya, pada ujung lain, jala ternyata berletakan dengan ujung sentriol.



Fungsi dan peran sentriol untuk mengatur polaritas atau disebut kutup pembelahan sel hewan dan mengatur tentang pemisahan kromoson sampai pembelahan sel.



Pada sel hewan juga terdapat dua sentriol dalam sentrosom. Ciri-ciri organel sentriol diketahui memiliki bentuk silindris atau bulat panjang.

Karakteristik sentriol juga mempunyai diameter 0,15 um-0,7 um. Sentriol tidak mempunyai membran, DNA, dan RNA.

Fungsi sentriol membentuk perlengkapan pembelahan sel. Sentriol adalah struktur yang hampir sama dengan tubuh basal.

Pengertian Sentriol, Fungsi & Komponen Penyusun Sentriol

Pengertian Sentriol, Fungsi & Komponen Penyusun Sentriol

Tubuh basal berada pada bagian dasar dari setiap silia dan flagela. Tubuh basal ini dapat berfungsi untuk membantu pengaturan mikrotobulus yang menyusun silia dan flagela.

Pada sel tumbuhan, ternyata fungsi dan peran sentriol tidaklah banyak sebab tanpa hadirnya sentriol, pada sel tumbuhan perlengkapan pembelahan sel dapat terbentuk.

Pengertian Sentriol: Apa itu?

Secara umum, pengertian sentriol adalah organel yang terdapat pada sel hewan yang berbentuk sepasang silinder untuk mengatur polaritas pembelahan sel hewan dan pemisahan kromoson selama pembelahan sel terjadi.

Fungsi Sentriol

fungsi sentriol

Adapun fungsi sentriol adalah:

  • Sentriol memiliki fungsi untuk membentuk kutub-kutub bagi pembelahan sel.
  • Selain itu, sentriol juga berfungsi dalam mengatur pembentukan dan pemanjangan mikrotubul atau spindel pada saat pembelahan sel.
  • Sentriol berfungsi untuk pemisahan kromosom pada saat pembelahan sel, yakni membentuk kutub yang berlawanan dan spindel yang menghubungkan kutub.
  • sentriol dengan kromosom. Pemendekan spindel (yang terbentuk dari mikrotubul) akan menarik dan memisahkan kromosom pada saat pembelahan sel .

Komponen Penyusun Sentriol

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat diterangkan bahwa komponen penyusun atau struktur sentriol yang menjadi ciri atau karakteristik sentriol adalah:

  • Sepasang struktur misalnya silinder yang mempunyai lubang yang terdapat di bagian tengah dan tersusun dari protein mikrotobulus.
  • Anggota pasangan sentriol terletak di bagian sudut ke arah kanan satu sama lain.
  • Ciri-ciri organel sentriol diketahui memiliki bentuk silindris atau bulat panjang.
  • Sentriol juga mempunyai diameter 0,15 um-0,7 um. Sentriol tidak mempunyai membran, DNA, dan RNA.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sentriol, Fungsi Sentriol dan Komponen Penyusun Sentriol. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *