Apa Pengertian Satelit Alami & Satelit Buatan? Ini Penjelasannya


Pengertian Satelit Alami & Satelit Buatan – Kini komunikasi memegang peran penting bagi kehidupan. Dengan adanya kemajuan komunikasi, maka dalam sektor bisnis, perindustrian dan berbagai layanan masyarakat dapat berjalan secara efektif.

Demikian ini bisa terwujud karena terdapat sistem komunikasi optic, radio, terrestrial dan satelit. Dulu, komunikasi memakai sistem komunikasi yang bersifat terrestrial. Akan tetapi, dalam pelayanan sistem komunikasi jenis ini membutuhkan biaya pembangunan infrastruktur yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu, komunikasi jenis ini tidak bisa melayani komunikasi secara global. Namun dengan adanya perkembangan teknologi bisa semakin maju dan membuat pelayanan telekomunikasi terus mempunyai inovasi terbaru, salah satunya dengan penggunaan satelit.

Apasih itu Satelit?. Yang dimaksud dengan Pengertian Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu.



Ini bisa disebut pula dengan alat elektronik yang berada di orbit bumi yang bisa bertahan sendiri. Selain itu, satelit juga bisa mengelilingi planet. Demikian ini bisa terjadi lantaran satelit mempunyai gaya gravitasi dari planet itu.



Definisi lain dari satelit, sama dengan apa yang dikenal dengan repater. Sebab satelit berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi, ditranslasikan frekwensinya,



Setelah itu diperkuat untuk di pancarkan kembai ke arah bumi sesuai dengan coveragennya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima.

Dengan adanya satelit, maka seseorang dapat mengetahui cuaca yang akan terjadi, hal itulah fungsi satelit yang membuat manusia memantau cuaca dan iklim secara real time.

Bahkan dalam bidang keamanan dan militer, satelit berperan besar didalamnya karena membutuhkan informasi yang sifatnya rahasia demi keamanan nasional dan dunia,

Apa Pengertian Satelit Alami & Satelit Buatan? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Satelit Alami & Satelit Buatan? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Serta satelit berfungsi membantu manusia memotret dan melihat tentang benda yang ada dilangit. Namun perlu diketahui bahwa terdapat satelit yang bisa dibuat oleh manusia dan satelit yang ada sendiri atau alami.

Pengertian Satelit Alami dan Satelit Buatan Adalah? 

Diketahui satelit terdiri atas 2 jenis yaitu satelit alami dan satelit buatan. Berdasarkan dari hal itu, maka apasih yang dimaksud dengan kedua salite dan apa perbedaannya. Berikut informasi mengenai satelit alami dan satelit buatan.

1. Pengertian Satelit Alami Adalah? 

Pengertian Satelit Alami (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Satelit Alami (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Satelit Alami adalah benda-benda yang berada dari luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar dibandingkan dengannya, contohnya bulan adalah satelit alami dari planet yang dihuni manusia yakni bumi. Sehingga bisa dikatakan bahwa Bulan adalah satelit Bumi.

Pada dasarnya arti diatas, atau terminologi diatas juga berlaku bagi setiap planet yang mengelilingi bintang bahkan bintang yang mengelili pusat galaksi, namun jarang dipakai. Bumi sendiri terdiri dari satelit alami Matahari.

2. Pengertian Satelit Buatan Adalah?

Sedangkan yang dimaksud dengan Pengertian Satelit Buatan adalah benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain.

Saat ini ada banyak satelit buatan di langit, dan satelit yang paling terkenal adalah satelit palapa yang mengelilingi bumi yang mengorbit untuk kepentingan telekomunikasi yang diluncurkan pada 9 Juli 1976.

Pengertian Satelit Buatan (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Satelit Buatan (Foto: Artikelsiana.com)

Dalam sejarahnya, satelit buatan pertama kali adalah bernama Sputnik 1 pada tanggal 4 Oktober 1957 yang merupakan milik negara rusia.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Satelit Buatan dan Satelit Alam? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *