Jelaskan Pengertian Resensi? Ini Arti & Penjelasannya

Pengertian Resensi Adalah – Ada empat keterampilan berbahasa yang diterima oleh seorang individu atau siswa secara berurutan. Keterampilan tersebut adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Di antara keempat keterampilan berbahasa tersebut, menulis merupakan keterampilan tertinggi karena keterampilan menulis dikuasai setelah seseorang menguasai keterampilan yang lain.

Dalam menulis, terdapat berbagai jenis tulisan yang bisa dilakukan oleh setiap orang, seperti teks ulasan. Istilah teks ulasan ada banyak, mulai dari timbangan buku, tinjauan buku, bedah buku, pembicarana buku, dan resensi.

Namun untuk istilah yang populer diketahui oleh masyarakat umum menyebut teks ulasan dengan resensi. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan resensi itu?

Resensi merupakan bahan pertimbangan yang memberikan gambaran kepada si pembaca tentang karya dan dipakai untuk mempengaruhi tentang karya mereka. Selain itu, resensi dengan membuat resensi seseorang bisa mendapatkan uang atau imbalan dari buku yang diresensikan secara gratis.

Hal itu didapatkan melalui penerbit buku apabila resensi yang dilakukan itu bisa termuat di koran atau majalah. Bahkan dengan merensesi buku bisa menjadi salah satu strategi untuk mempromosikan buku baru yang tanpa dipungut biaya apapun, dan yang paling utama dengan meresensi karya adalah dapat mengembangkan kreativitas dalam menulis.

Namun dalam menghasilkan resensi yang kreatif agar resensi tersebut mempunyai kejelasan dan kualitas yang baik. Maka dari itu, sebagai seorang penulis resensi harus jujur dan paham terhadap isi buku atau tulisan yang diresensinya.

Selain itu dibutuhkan beberapa syarat dalam penyusunannya, karena dalam menyusun resensi tidak boleh asal seperti membutuhkan data buku seperti nama pengarang, penerbit, tahun terbit dan tebal buku.

Selain itu, pendahuluannya berisi tentang perbandingan karya sebelumnya, biografi pengarang, atau hal yang sesuai dengan tema atau isi namun yang paling utama syarat dalam meresensi adalah harus bermanfaat dan kepada siapa manfaat itu ditujukan.

Jelaskan Pengertian Resensi? Ini Arti & Penjelasannya
Jelaskan Pengertian Resensi? Ini Arti & Penjelasannya

Namun syarat utama bagi seorang penulis dalam merensi suatu karya sastra yang paling utama adalah dengan karya sastra yang diresensinya sehingga apa yang disampaikan tentang apakah buku tersebut layak atau tidak untuk dinikmati, itu adalah objektif.

Pengertian Resensi Adalah?

Secara etimologi, istilah resensi berasal dari bahasa Belanda adalah resentie dan dari bahasa latin adalah recensio, recensere atau revidere yang artinya adalah mengulas kembali. Sehingga arti dari resensi adalah suatu penilaian terhadap suatu karya.

Selain itu, yang dimaksud dengan pengertian resensi secara umum adalah tulisan yang isinya menimbang atau menilai tentang kelebihan dan kelemahan sebuah karya yang dikarang atau dicipta orang lain melalui komentar secara objektif sebagai bentuk penghargaan terhadap suatu karya.

Pengertian Resensi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Resensi Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Tidak hanya buku seperti penjelasan diatas, dalam meresensi juga bisa karya seni film dan drama, pameran, novel, cerpen dan berbagai bentuk/tampilan tulisan. Fungsi meresensi adalah terdapat 3 fungsi utama yaitu fungsi informatif, fungsi komersial, dan fungsi akademik.

Maksud dari fungsi informatif sebab menginformasikan keberadaan buku atau film kepada pembaca dengan menampilkan hal-hal yang menarik. Sedangkan fungsi komersil, sebab menjadi ajang untuk mendapatkan materi, dan fungsi akademik adalah interaksi antara penulis buku, penerjemah, editor, dan peresensi dalam membentuk wacana keilmuan serta berbagai pengalaman dan sudut pandang tentang topik tertentu yang dijadikan fokus resensi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Resensi? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *