Jelaskan Pengertian Puasa Ramadhan Adalah? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Puasa Ramadhan – Ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan didalamnya. Bulan Ramadhan juga diartikan sebagai bulan penuh kebaikan dan keberkahan. Pada bulan ini, Allah SWT melimpahkan banyak keutaman bagi seluruh manusia.

Ibaratnya pada bulan ini adalah tanah menjadi subur dan siap untuk ditaburi berbagai benih-benih kebajikan menuai hasil yang sesuai dengan apa yang ditanam. Maka dari itu, pada bulan ramadhan ini adalah bagaimana manusia untuk menanam beni yang sesuai dengan sikap dan sifat Allah Swt,

Sehingga apa yang dilakukan tersebut, dapat membuat diri kita menjadi berwarna dan dapat mempengaruhi cara berpikir kita. Keberlimbahan berkah pada bulan Ramadhan ini merupakan sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan Abu Hurairah

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan engkau untuk berpuasa, karena dibuka pintu surga, ditutup pintu neraka dan dibelenggu setan-setan, Serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak berhasil, memeperoleh kebaikan, Sungguh ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya,” (An-Nasai dan Al-Baihaqi)



Melihat dari hadits diatas, maka dapat dipastikan bahwa pada bulan ini bulan terbukanya pintu surga, dan banyaknya amal shalih serta setan dibelenggu sehingga setiap manusia pada bulan ramadhan sesungguhnya hanyalah beribadah kepada manusia.



Pada bulan ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, untuk tidak makan dan minum serta menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.



Apalagi pada bulan ini terdapat malam yang dikenal dengan malam lailatul qadar yang dimana pahala berlipat ganda, serta malaikat akan turun ke langit dengan menurunkan keselamatan dan kebaikannya kepada mereka yang bersungguh-sungguh beribadah pada bulan Ramadhan.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bulan ramadhan ini bulan dimana manusia bersungguh-sungguh untuk beribadah kepada Allah SWT, dan juga yang paling identik dengan bulan ramadhan adalah berpuasa.

Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, jimak (bersetubuh) serta sesuatu yang merusak dan membatalkan ibadah puasa dari pagi hari hingga terbenamnya matahari sesuai dengan cara dan syarat yang telah ditetapkan syara’.

Sehingga, puasa diartikan wajib imsak mulai dari waktu terbit fajar dalam hal ini adalah awal azan subuh, sampai dengan terbenam matahari dalam hal ini awal azan waktu Magrib.

Sebagaimana kita ketahui bahwa terdapat jenis-jenis puasa. Seperti puasa wajib, puasa sunnah atau puasa tathawu, Puasa makruh dan puasa haram.

Berbicara soal puasa wajib itu jatuh pada bulan ramadhan yang bisa disebut juga dengan puasa ramadhan. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan pengertian puasa ramadhan itu? Ini penjelasannya:

Pengertian Puasa Ramadhan?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Puasa Ramadhan adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa serta diikuti dengan niat dan dilakukan sejak terbit fajar hingga matahari terbenam.

Pengertian Puasa Ramadhan (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Puasa Ramadhan (Foto: Artikelsiana.com)

Sedangkan untuk puasa ramadhan merupakan puasa yang hukumnya wajib selain dari pada puasa nadzar, puasa kifarat dan puasa qadla.

Jika demikian, apasih yang dimaksud dengan pengertian puasa Ramadhan secara sederhana suatu amal ibadah puasa yang dilakukan dalam bulan ramadhan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Puasa Ramadhan Adalah? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *