Pengertian Pondok Pesantren, Fungsi & Tujuannya


Dewasa ini sekolah modern semakin menjamur dimana-mana, tidak sedikit orang yang memilih untuk mengajarkan anaknya ke sekolah modern. Namun walaupun demikian, minat untuk menimbah ilmu disekolah keagamaan juga tidak kalah populer.

Hal itu terlihat dari data yang dirilis oleh Kementerian Agama terdapat belasan juta santri dan sekitar 30 ribu pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jumlah pesantren hingga tahun 2020 ini tercatat sebanyak 28.194 pesantren dengan 5 juta santri mukim.

Dari angka tersebut menempuh sekolah di pondok pesantren dengan nuansa keagamaan yang begitu kental maka melatih mental, ilmu dan juga spritual setiap siswa atau disebut dengan santri. Namun tahukah anda seperti apa sebenarnya pondok pesantren itu dan juga apa fungsi dan tujuan pondok pesantren itu.

Pengertian Pondok Pesantren Adalah?

Istilah pesantren sebenarnya berasal dari bahasa Sangsekerta dari kata Shastri berarti Suci dan awalan pe yang menunjukkan tempat dan akhiran en yang menunjukkan arti sifat. Sedangkan kata pondok, dalam bahasa indonesia adalah rumah kecil berupa gubuk yang terletak di tengah sawah sebagai tempat istirahat bagi para petani.



Jadi yang dimaksud dengan Pondok Pesantren adalah tempat berkumpulnya orang yang cinta ilmu dan kebijaksanaan. Pesantren adalah pusat ilmu pengetahuan dan juga pembelajaran hidup yang tidak hanya sebatas di ruang kelas, tetapi juga ditengah dan bersama masyarakat.



Melihat situasi yang ada, dimana para santri yang tinggal di gubuk-gubuk kecil maka sesuailah jika mereka disebut dengan warga pondok. Walaupun hal itu tidak semua pondok pesantren lakukan, sebab terdapat pondok yang menyebut dirinya sebagai pondok moderen.



Olehnya itu, pada saat ini secara teriminologis pondok pesantren didefinisikan sebagai lembaga pendidikan tradisional Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari.

Sedangkan apabila mengutip dari pendapat Nasir (2005: 80) yang mendefinisikan bahwa pondok pesantren adalah lembaga keagamaan yang memberikan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan dan menyebarkan ilmu agama Islam.

Dasar Hukum Adalah?

UU No. 18 tahun 2019 tentang Pesantren menjadi landasan hukum afirmasi atas jaminan kesetaraan tingkat mutu lulusan, kemudahan akses bagi lulusan, dan independensi penyelenggaraan Pesantren, serta landasan hukum bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memberikan fasilitasi dalam pengembangan Pesantren.

Fungsi Pondok Pesantren Adalah?

Dari setiap perkembangan zaman, fungsi pondok pesantren terus berkembang mengikuti dinamika sosial masyarakat global.

Dari yang dulunya sebagai lembaga sosial dan penyiaran agama. Sedangkan Azyumardi Azra (dalam Nata, 2001 : 112) menawarkan adanya tiga fungsi pesantren adalah:

    1. Transmisi dan adanya transfer ilmu-ilmu Islam,
    2. Pemeliharaan tradisi Islam
    3. Terproduksi ulama

Tujuan Pondok Pesantren

Tujuan utama dari pondok pesantren pada umumnya adalah terbagi atas 3 tujuan mendasar yaitu:

    1. Pesantren didirikan li ajli al-ibadah ila Allah (semata-mata untuk ibadah kepada Allah),
    2. Ingin melahirkan generasi yang berakhlak dan mutafaqih fiddin (memahami agama)
    3. Memberikan peringatan kepada kaumnya tatkala mereka pulang ke kampungnya masing-masing.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Pondok Pesantren, Fungsi & Tujuannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *