Apa Yang Dimaksud Pengertian Politik Mercusuar? Ini Arti & Tujuannya

Pengertian Politik Mercusuar Adalah – Politik Mercusuar adalah politik yang dijalankan untuk menjadikan Indonesia sebagai mercusuar yang menerangi jalan bagi kekuatan baru yang tumbuh di dunia ini. Politik mersucuar ini pernah dijalankan oleh Presiden Soekarno pada masa demokrasi terpimpin pada tahun 1957 sebagai politik luar negeri.

Pada dasarnya politik mercusuar adalah politik yang memperlihatkan eksistensi Indonesia dengan sejumlah proyek besar dan spektakuler yang diterapkan untuk menempatkan Indonesia di kalangan para NEFO (New Emeging Forces).

Proyek ini membutuhkan biaya yang besar dengan capaian milyaran rupiah dan bahkan angka tersebut sangatlah banyak saat dulu. Adapun hasil dari politik mercusuar ini adalah pembangunan jalan-jalan, hotel mewah, toko serba ada Sarinah, Jembatan Semanggi, Tugu Monas, dan diselenggarakannya Ganefo yang membutuhkan pembangunan Gelanggang Olahraga (Gelora) Senayan serta biaya perjalanan bagi delegasi asing. Walaupun banyaknya pembangunan yang ada yang dapat memperlihatkan kehebatan Indonesia di negara luar, akan tetapi hal itu mendapat banyak kecaman dar berbagai pihak karena politik mercusuar ini menggunakan pemborosan uang negara.

Karena pelaksanaan politik mercusuar membuat dampak yang besar bagi kas negara Indonesia saat itu dimana kondisi ekonomi semakin memburuk karena anggaran belanja negara setiap tahun membengkak tanpa diimbangi dengan pendapatan negara. Sehingga ada yang mengatakan bahwa proyek mercusuar ini lebih kepada politis dari ekonomi, dari sinilah lahir istilah politik mercusuar.

Pengertian Politik Mercusuar Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Politik Mercusuar adalah politik untuk memperlihatkan eksistensi Indonesia dimata Internasional sebagai negara New Emeging Forces berupa pembangunan besar-besaran.

Namun proyek mercusuar tersebut dilakukan oleh Soekarno pada masa demokrasi terpimpin tahun 1959-1960 lebih kepada hal yang simbolik dan psikologis yang untuk memuaskan kebutuhan untuk dihargai, menjadi pemimpin negara-negara NEFO merupakan inti dari kebijakan ini.

Tujuan Pelaksanaan Politik Mercusuar

Pada dasarnya, tujuan pelaksanaan politik mercusuar menurut versi Soekarno sebagai pencetus politik ini adalah:

  • Untuk menjadikan jakarta atau Indonesia sebagai penerangan negara yang sedang berkembang (NEFO).
  • Sebagai eksistensi Soekarno menjadi pemimpin NEFO untuk dapat dihargai, dan dihormati di panggung Internasional.
  • Menunjukkan daya saing Indonesia dengan negara-negara lain dan semakin membuat posisi Indonesia di dunia international dapat diperhitungkan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Yang Dimaksud Pengertian Politik Mercusuar? Ini Arti & Tujuannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *