Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergaulan Bebas? Ini Definisinya

Pengertian Pergaulan Bebas Adalah – Pergaulan bebas adalah melencengnya pergaulan seseorang dari pergaulan yang sebenarnya. Pergaulan bebas juga bisa diidentikkan dengan pergaulan liar sebab berada diluar batas.

Padahal pergaulan bebas bisa memberikan pengaruh positif, bukanlah pengaruh negatif seperti konotasi pergaulan bebas saat ini. Demikian ini, karena dampak pergaulan bebas pada kenyataannya justru adalah dasar dari manusia yaitu berinteraksi dan dasar manusia dapat hidup.

Karena melalui interaksi, kebutuhan manusia dapat terpenuhi. Selain itu, pergaulan bebas juga termasuk Hak Asasi Manusia atau HAM. Sehingga pada dasarnya, pergaulan bebas berarti bahwa setiap orang mempunyai hak untuk bergaul dengan siapapun.

Itu berarti bahwa pergaulan bebas membuat seseorang dapat bergaul sesuka hati. Namun dalam pergaulan bebas tersebut, terdapat aturan dan norma yang dipatuhi.  Tujuan dari hal tersebut adalah agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang buruk yang dapat merugikan diri kira sendiri.

Secara teori dan konsep pergaulan bebas tersebut, berbanding terbalik dengan kenyataannya yang ada. Justru, banyak anak, remaja dan bahkan kalangan dewasa juga melanggar peraturan dan norma yang ada. Banyak dari mereka, justru melakukan pergaulan bebas yang jauh dari konsep pergaulan itu sendiri.

Sehingga dalam aktivitas mereka, semakin berkembang hingga konotasi atau arti dari pergaulan bebas menjadi “buruk” atau diartikan jelek oleh orang-orang.

Padahal dengan adanya pergaulan bebas, mereka dapat bebas berteman, dan menjalin hubungan dengan siapapun tanpa membedakan suku mereka, agama mereka, bangsa mereka, bahasa mereka dan tempat tinggal mereka.

Itulah mengapa, pergaulan bebas lebih dominan didefinisikan sebagai bentuk perilaku menyimpang yang memberikan kerugian atau dampak negatif dibandingkan dampak positif dari pergaulan bebas.

Lihat saja di lingkungan sekitar kita, atau di sosial media tidak sedikit berita-berita seputar pergaulan bebas yang terjadi.

Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergaulan Bebas? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergaulan Bebas? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)

Cerita-cerita tetangga pun terkadang memasukkan pergaulan bebas sebagai isu yang hangat di daerahnya. Berdasarkan dari deskripsi diatas tentang pergaulan bebas, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan pergaulan bebas?

Pengertian Pergaulan Bebas Adalah?

Secara etimologi, pergaulan bebas terdiri atas dua kata yaitu pergaulan dan bebas. Arti pergaulan adalah proses interaksi antar individu atau individu dengan kelompok, sedangkan yang dimaksud dengan kata Bebas berarti terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama, dan pancasila.

Arti pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. yang melewati batas norma-norma. Dalam Islam, pergaulan bebas didefinisikan sebagai tatacara pergaulan antara manusia dengan sesama manusia khususnya lawan jenisnya yang mengarah kepada pelaksanaan hubungan seks di luar nikah yang memberikan dampak buruk dan bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan Islam.

Selain itu, apabila didefinisikan lebih luas, pergaulan bebas, identik dengan perilaku yang bisa merusak tatanan nilai dalam masyarakat. Seperti yang dikemukakan oleh Kartono.

Sebagai salah seorang ilmuwan sosiologi, Kartono mendefinisikan bahwa pergaulan bebas adalah gejala patologis social pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian social, akibatnya mengembangkan perilaku yang menyimpang

Menurut Santrock bahwa definisi pergaulan bebas adalah kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara social hingga terjadi tindakan criminal.

Sedangkan B.Simanjuntak mendefinisikan berbeda. Menurutnya yang dimaksud dengan pergaulan bebas adalah proses interaksi antara seorang dengan orang lain tanpa mengikatkan diri pada aturan-aturan baik undang-undang maupun hukum Agama serta adat kebiasaan.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian pergaulan bebas secara umum adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas kewajiban, tuntutan,aturan, syarat,dan perasaan malu.

Perilaku-perilaku pergaulan bebas yang terjadi di masyarakat saat ini adalah penyalahgunaan narkoba, berpegangan tangan ditempat umum, pasangan muda-mudi yang berpelukan ditempat keramaian, berciuman tanpa melihat keadaan lingkungan sampai melakukan hubungan seks diluar nikah (seks bebas) yang dilakukan oleh mereka, menghisap lem, berhubungan sesama jenis yang diluar batas kewajaran, dan berpakaian seperti perempuan dan sebaliknya, merokok, mengkonsumsi minuman keras, dll.

Perilaku atau tindakan pergaulan bebas itu terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti rendahnya kontrol diri, kesadaran diri terhadap bahayanya disekitarnya, nilai keagamaan yang rendah, gaya hidup yang kurang baik, pendidikan keluarga yang rendah, keadaan lingkungan keluarga yang kurang harmonis, minimnya perhatian orang tua, karena pengaruh teman sebaya, dan dijaman sekarang adalah penyalahgunaan Internet.

Dari pergaulan bebas tersebut, memberikan dampak begitu besar bagi individu, keluarga dan lingkungan apalagi negara Republik Indonesia. Sebab alih-alih bangsa yang berkewajiban untuk mencerdaskan rakyatnya untuk membawa indonesia mampu bersaing dan maju dari bangsa lain.

Namun, hal itu harus terhambat dengan berkurangnya pertumbuhan generasi cerdas rakyat Indonesia. Olehnya itu, dibutuhkan langkah preventif dan penanganan yang bijak melalui sistem pemerintahan yang baik.

Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergaulan Bebas? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergaulan Bebas? Ini Definisinya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai Apa Yang Dimaksud Pengertian Pergaulan Bebas? Ini Definisinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *