Pengertian Paragraf deduktif dan Paragraf Induktif


Pengertian Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif| Deduktif dan induktif merupakan dua jenis kalimat utama yang bertujuan untuk mencari kalimat utama, Dalam Pengertian paragraf deduktif dan Pengertian paragraf induktif, Pertama kita akan membahas pengertian paragraf deduktif dan Contohnya setelah itu kita akan membahas Pengertian paragraf induktif dan contohnya agar memudahkan kita mengetahui lebih jelas tentang Paragraf deduktif dan induktif dengan dapat mengetahui Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif. Untuk mengetahui Pengertian Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif serta Contohnya mari kita lihat pembahasannya seperti dibawah ini..

A. Pengertian Paragraf Deduktif

Pengertian Deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada diawal paragraf. Dengan demikian, kedua contoh paragraf di atas merupakan paragraf deduktif karena kalima utama tamanya berada diawal paragaraf. Berikut contoh lainnya.

Contoh mencari paragraf Deduktif 

Adapun contoh mencari paragraf deduktif penulis menyertakan dua contoh sebagai bahan pertimbangan bagi setiap pembaca yakni:

  1. Meningkatnya kesejahteraan suatu keluarga berkaitan erat dengan besarnya jumlah anggota keluarga yang harus ditanggung oleh pencari nafkah. Keluarga dengan anak banyak, sedangkan pencari nafkah hanyalah sah ayah, tentu akan menimbulkan kesulitan di bidang ekonomi. Dapat disarangkan agar dalam keluarga seperti itu, sang ibu pun ikut bekerja, atau anak-anaknya kuliah sambil bekerja. Paragraf Deduktifnya adalah Meningkatnya kesejahteraan suatu keluarga berkaitan erat dengan besarnya jumlah anggota keluar yang harus ditanggung oleh pencari nafkah
  2. Membudayakan gemar membaca bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang melatari pembudayaan gemar membaca tersebut. Misalnya, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya bukut. Buku masih dianggap kebutuhan nomor sekian. Kenyataan ini terlihat ketika membutuhkan pokok sudah terpenuhi, orang jarang menyisihkan uangnya untuk membeli buku. Sulit sekali menjadikan sebuah buku sebagai kebutuhan utama. Akan tetapi, untuk mendengarkan sebuah kaset atau menonton film, banyak orang tak sungkan mengeluarkan uang. Paragraf Deduktifnya adalah Membudayakan kegemaran membaca bukanlah hal yang mudah.

B. Pengertian Paragraf Induktif 

Pengertian Paragraf Induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada pada akhir paragraf. Kalimat itu biasanya merupakan kesimpulan dari gagasan-gagasan penjelas yang diuraikan sebelumnya.



 Contoh mencari Paragraf Induktif 

Begitupun juga untuk  contoh mencari paragraf induktif, penulis penulis menyertakan dua contoh sebagai bahan pertimbangan bagi setiap pembaca dalam mencari paragraf induktif pada suatu paragraf dalam bacaan anda. Adapun contoh paragraf induktif itu adalah:



  1. Tumbuhan memerlukan air untuk hidup, begitu juga manusia. Air digunakan untuk minum, mandi, dan memasak. Tumbuhan memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang biak. Dapat dibayangkan jika tumbuhan dan manusia kekurangan air, perkembangan hidupnya tidak akan sempurna. Dengan demikian, nyatalah betapa pentingnya air bagi manusia dan tumbuhan  Paragraf Induktif adalah dengan demikian, nyatalah betapa pentingnya air bagi manusia dan tumbuhan.
  2. Siswa yang rajin belajar masih dapat ditemukan di mana-man, di dalam kota, di pinggir kota, dan di desa. Siswa yang berprestasi tinggi cukup banyak dan dapat ditemukan di mana-mana juga, Tidak sedikit di antara mereka yang memperhatikan dan peduli dengan keadaan lingkungan. Tampaknya, masa depan generasi penerus masih dapat diharapkan. Paragraf Induktif adalah tampaknya, masa depan generasi penerus masih dapat diharapkan.
Pengertian Paragraf deduktif dan Paragraf Induktif

Sekian artikel tentang Pengertian Paragraf deduktif dan Paragraf Induktif  semoga bermanfaat



(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia 2, Hal : 28-29, Penerbit : Erlangga. 206.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *