Pengertian Neoplasma Adalah? Lihat Jawabannya


Neoplasma – Secara umum, yang dimaksud dengan Neoplasma adalah masa jaringan yang abnormal, tumbuh berlebihan, tidak terkoordinasi dengan jaringan normal dan tumbuh terus-menerus walaupun rangsang yang menimbulkan tersebut telah hilang. Sel neoplasma mengalami transformasi, Sehingga itulah mengapa mereka dapat terus-menerus membelah.

Pada neoplasma, terdapat polifera yang bekerja secara terus menerus walaupun rangsang memulainya telah hilang. Polifera ini disebut dengan prolifera neoplastik. Ciri-ciri dari prolifera neoplastik bisa ditandai dengan beberapa point yaitu memiliki sifat yang progresif, tidak bertujuan, tidak memperdulikan jaringan sekitarnya,

Serta tidak ada hubungan dengan kebutuhan tubuh dan bersifat parasitic. Sel neoplasma bersifat parasitic dan pesaing sel atau jaringan normal atas kebutuhan metabolismenya pada penderita yang berada dalam keadaan lemah.

Neoplasma adalah penyakit pertumbuhan sel yang terjadi karena dalam tubuh timbul dan berkembang biak sel-sel baru yang bentuk, sifat dan kinetikanya berbeda dari sel normal asalnya. Sel neoplasma terjadi karena ada mutasi atau transformasi sel normal akibat adanya kerusakan gen yang mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel.



Ciri mendasar yang dimiliki ole neoplasma adaalah bersifat otonom. Hal itu karena neoplasma mempunyai ukuran yang terus meningkat. Dengan proliferasi neoplastik maka yang terjadi adalah massa neoplasma akan terjadi pembengkakan dan benjolan yang terjadi pada jaringan tubuh untuk membentuk tumor. Secara harfiah, yang dimaksud dengan Neoplasma “pertumbuhan baru”.



Mengapa disebut dengan pertumbuhan baru, hal itu karena Neoplasma merupakan massa abnormal jaringan yang memiliki pertumbuhan lebih dan tidak terkoordinasi dengan pertumbuhan jaringan normal yang secara terus akan merangsang untuk memicu perubahan tanpa henti.



Apabila berkaca pada bidang kedokteran, istilah tentang neoplasma lebih dikenal dengan sebutan tumor. Sebutan ini tentu sangat familiar ditengah kita yang merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya yang disandingkan dengan penyakit jantung.

Selain dikatakan sebagai tumor, neoplasma juga disebut dengan jinak (benigna) ketika gambaran mikros dan makrosnya mengisyaratkan bahwa tumor tersebut tetap terlokalisasi yang dalam artian adalah tidak dapat menyebar ke tempat lain, dan umumnya bisa dikeluarkan dengan tindakan bedah lokal dan pasien umumnya selamat.

Berbeda dengan tumor ganas (maligna) yang biasa disebut dengan kanker ganas ini merupakan neoplasma yang menampilkan bahwa lesi dapat menyerbu dan merusak struktur di dekatnya dan menyebar ke tempat yang jauh (metastasis) serta menyebabkan kematian.

Mekanisme terjadinya neoplasma disebut onkogenesis, yang berkaitan dengan penyebab semua jenis tumor. Baik tumor jinak maupun ganas. Khusus untuk mekanisme terjadinya tumor ganas diberi nama karsinogenesis. Karsinogenesis, yang berhubungan dengan tumor ganas lebih mengkhawatirkan dan lebih berbahaya. Karsinogenesis dapat dibagi dalam tiga fase utama yaitu fase inisiasi, promosi dan progresi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Pengertian Neoplasma Adalah? Lihat Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *